Cara membersihkan lidah bayi yang benar penting diketahui oleh orang tua karena berhubungan erat dengan kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. Bunda mungkin pernah membersihkan lidah bayi dengan kasa atau bagian belakang sikat gigi, tapi apakah cara-cara yang dilakukan sudah benar?

Seperti yang diketahui, kesehatan gigi dan mulut sangat berkaitan dengan proses tumbuh kembang Si Kecil. Bayangkan saja, saat lidah Si Kecil kotor dan banyak tumpukan sisa susu, bukan hanya mengganggu proses makan dan minumnya, hal ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur lidah.

Bunda, Begini Lho Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar - Alodokter

Cara Membersihkan Lidah Bayi Sesuai Usia

Membersihkan lidah bayi yang benar juga harus disesuaikan dengan usia Si Kecil, Bun. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

Bayi berusia 0–6 bulan

Saat berada di rentang usia ini, bayi memang masih hanya mengonsumsi ASI, susu formula, atau kombinasi keduanya, sehingga terkadang Bunda mungkin belum merasa perlu untuk membersihkan lidah bayi dengan benar. Padahal ada sisa susu yang bisa saja menumpuk, lho.

Oleh karena itu, untuk membersihkan lidah bayi yang baru lahir sampai berusia 6 bulan, lakukan beberapa langkah berikut:

  • Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir
  • Siapkan kain katun yang bersih atau kain kasa steril dan semangkuk air hangat
  • Kemudian, baringkan bayi di pangkuan dengan kepala digendong di tangan Bunda
  • Tutupi salah satu jari Bunda, misalnya telunjuk, dengan kain atau kasa yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Kemudian, celupkan jari tersebut ke dalam air hangat yang sudah disediakan
  • Buka mulut bayi perlahan dan gosok lidahnya dengan gerakan memutar menggunakan kain katun atau kasa yang ada di jari Bunda
  • Selain lidah, gosok pula dengan lembut bagian dalam pipi dan gusinya
  • Bunda pun bisa menggunakan sikat jari berbahan silikon yang dijual khusus untuk bayi, tetapi lakukan secara perlahan, ya

Bayi berusia di atas 6 bulan

Bayi yang berusia di atas 6 bulan umumnya sudah mengalami fase tumbuh gigi dan sudah masuk dalam fase MPASI. Oleh sebab itu, beberapa tahapan membersihkan lidah bayi yang benar di usia ini adalah sebagai berikut:

  • Cuci tangan Bunda menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dahulu
  • Gunakan sikat gigi yang lembut atau khusus untuk bayi sesuai usianya
  • Penggunaan pasta gigi untuk bayi usia ini belum dianjurkan. Jadi, Bunda bisa menggosok perlahan bagian lidah, gusi, dan gigi bayi dengan menggunakan sikat gigi lembut dan air saja

Penggunaan sikat jari berbahan silikon, serta kain katun atau kain kasa basah masih diperbolehkan kok untuk membersihkan lidah, gusi, dan gigi bayi. Pilih saja mana yang mudah di dapatkan dan terasa nyaman, ya.

Bayi berusia 1 tahun ke atas

Setelah di atas 1 tahun, penggunaan pasta gigi sudah diperbolehkan. Bahkan pada usia 18 bulan ke atas, bayi boleh menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Namun, penggunaan pasta gigi di usia ini hanya sebutir beras saja, ya. Jika usianya sudah 3 tahun, pasta gigi yang digunakan bisa sebesar kacang polong.

Membersihkan lidah Si Kecil di momen ini akan dilakukan sembari ia menyikat giginya. Si Kecil juga sudah bisa berperan aktif dan belajar untuk sikat gigi dan membersihkan lidahnya. Beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan adalah:

  • Contohkan terlebih dahulu bagaimana cara menyikat gigi yang benar, termasuk menyikat lidahnya
  • Kemudian, mintalah Si Kecil untuk melakukannya
  • Awasi saat ia menyikat giginya sendiri supaya pasta gigi tidak tertelan
  • Selanjutnya, ajarkan ia untuk berkumur dengan air bersih

Walau ada sedikit perbedaan, cara membersihkan lidah bayi di segala usia sama-sama harus dilakukan setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah menyusu atau makan (usia 6 bulan lebih) dan sebelum tidur.

Jika setelah rutin membersihkan lidah bayi dan menerapkannya dengan benar, tetap ada bercak putih yang sulit dihilangkan atau muncul sariawan, bawa ia ke dokter supaya bisa diperiksa secara langsung dan mendapatkan penanganan yang tepat.