Ada kalanya kita tidak ingin orang lain mengetahui bahwa kita habis menangis. Sayangnya, menangis sering kali meninggalkan tanda yang jelas, yaitu mata bengkak. Yuk, cari tahu di sini cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis sebenarnya mudah. Namun pertama-tama, mari ketahui terlebih dahulu penyebab mata bengkak setelah menangis.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis - Alodokter

Air mata yang keluar saat menangis karena luapan emosi dikatakan memiliki kadar air yang lebih tinggi. Jaringan sekitar mata yang mengandung cukup banyak garam dan sedikit air akan menyerap kelebihan air ini saat Anda menangis. Itulah mengapa mata mudah bengkak setelah menangis.

Cara Menghilangkan Mata Bengakak Setelah Menangis

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang cukup mudah untuk dilakukan:

1. Kompres dingin

Mengompres mata dengan air dingin bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Pejamkan mata Anda, lalu letakkan handuk atau kain yang sudah direndam air dingin ke area mata selama kurang lebih 10 menit. Cara ini dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran cairan ke jaringan lunak di sekitar mata.

2. Tidur dengan meninggikan kepala

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang satu ini bisa Anda lakukan jika memiliki waktu luang. Caranya adalah dengan tidur, tapi dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Selain mengurangi mata bengkak, cara ini juga mungkin Anda butuhkan untuk menenangkan hati.

3. Kompres dengan irisan timun dingin

Irisan timun dingin juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Untuk menerapkan cara ini, cuci terlebih dahulu timun yang sudah didinginkan, lalu potong timun menjadi 2 irisan. Setelah itu, letakkan irisan timun tersebut ke mata Anda hingga timun tidak lagi dingin.

4. Kompres dengan kantung teh dingin

Mengompres mata dengan kantung teh dingin juga bisa jadi cara Anda untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Anda hanya perlu membasahi 2 kantung teh, lalu menyimpannya di kulkas selama 20 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh di mata Anda selama 15–30 menit.

5. Gunakan make up

Jika sedang buru-buru, Anda bisa mengoleskan concealer favorit Anda di area mata yang bengkak. Meski sebenarnya mata Anda masih bengkak, cara ini setidaknya bisa menyamarkan mata bengkak setelah menangis untuk sementara.

Cara Mencegah Mata Bengkak setelah Menangis

Mencegah mata bengkak setelah menangis bisa dikatakan cukup sulit karena cara paling efektif tentunya adalah dengan tidak menangis. Namun, semakin sedikit air mata yang keluar saat menangis, semakin ringan pula bengkak yang terjadi.

Nah, ada cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan tangisan Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Hadapkan pandangan dan dagu Anda ke atas.
  • Alihkan pikiran Anda dari emosi dan hal-hal yang membuat Anda sedih.
  • Cubit kulit yang ada di antara jempol dan jari telunjuk Anda.
  • Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan dengan perlahan.

Menangis adalah respons alami tubuh terhadap stres atau emosi tertentu, sehingga luapan perasaan tersebut bisa keluar dan Anda bisa kembali tenang. Jadi, mata bengkak karena menangis sebenarnya bukanlah suatu masalah.

Meski begitu, cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis di atas bisa Anda terapkan jika memang Anda tidak ingin terlihat habis menangis. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait mata bengkak, Anda bisa langsung mengonsultasikannya dengan dokter.