Cari Jadwal Dokter Gizi

Dokter Gizi

Apa itu Dokter Spesialis Gizi?

Dokter spesialis gizi adalah dokter spesialis yang fokus menangani masalah kesehatan pasien terkait gizi, serta memberikan terapi medis gizi sesuai riwayat penyakit dan kondisi umum pasien.

Apa yang Bisa Ditangani Dokter Spesialis Gizi?

Beberapa penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis gizi adalah malnutrisi termasuk obesitas, penyakit kwashiorkor dan marasmus, gangguan nutrisi pada lansia, gangguan nutrisi yang terkait penyakit metabolisme seperti diabetes, gangguan organ termasuk gangguan fungsi hati, ginjal, dan jantung.

Dokter spesialis gizi juga menangani kebutuhan gizi pada penderita penyakit lain yang terkait sistem imun dan penyakit ganas seperti pada kasus alergi makanan, nutrisi pasien HIV/AIDS dan kanker, nutrisi pada orang dengan luka berat termasuk luka bakar luas, hingga gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Tindakan Medis Apa yang Dapat Dilakukan Dokter Spesialis Gizi?

  • Melakukan pemeriksaan fisik dan anamnesis (wawancara medis).
  • Memberikan promosi kesehatan terkait gizi dan kesehatan pada masyarakat dan pasien sebagai upaya pencegahan penyakit.
  • Meninjau status gizi, metabolisme, dan saluran cerna. Memberikan pemenuhan kebutuhan gizi, serta cairan pada pasien.
  • Memberi terapi nutrisi serta pola makan tertentu. Seperti meresepkan jumlah kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan.
  • Menentukan cara pemberian nutrisi, baik secara oral (makan seperti biasa), pemberian makanan melalui selang lambung (pipa nasogastrik/NGT), atau melalui infus.
  • Mengevaluasi status gizi, serta kesehatan pasien secara menyeluruh pasca perawatan gizi.

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Spesialis Gizi?

Biaya konsultasi dokter spesialis gizi tergantung kepada dokter yang dipilih, gelar konsultan yang dimiliki, serta rumah sakit yang menyediakan layanannya. Biayanya bervariasi mulai dari Rp. 170.000,- per pertemuan. Bagi Anda yang berniat untuk berkonsultasi, disarankan membawa dana lebih untuk biaya tambahan yang mungkin diperlukan.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Spesialis Gizi?

Anda dapat menemui dokter spesialis gizi ketika membutuhkan konsultasi terkait gizi dan pola makan, baik karena kondisi medis tertentu ataupun untuk perbaikan gizi dan program kesehatan yang sedang dijalankan.

Seseorang bisa berkonsultasi ke dokter spesialis gizi baik dengan rujukan dari dokter yang menangani penyakit pasien atau atas inisiatif pasien sendiri.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bertemu Dokter Spesialis Gizi?

Sebelum menemui dokter spesialis gizi, hendaknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Menyiapkan pertanyaan yang ingin diajukan.
  • Membawa dokumen pendukung terkait pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya, misalnya hasil pemeriksaan darah, rontgen, atau CT scan.
  • Menginformasikan obat dan suplemen yang sedang dikonsumsi.
  • Menanyakan opsi perawatan yang tersedia dan tingkat keberhasilan, serta risiko dari masing-masing perawatan.
  • Memilih dokter spesialis gizi yang berkompetensi.
  • Memilih fasilitas dan pelayanan yang bercitra baik, lengkap, dan ramah.
  • Memilih rumah sakit yang berafiliasi dengan BPJS atau provider asuransi jika ingin menggunakan BPJS atau asuransi pribadi.

Apa Hasil dari Konsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi?

Setelah menjalani konsultasi dan pemeriksaan, dokter spesialis gizi akan meninjau riwayat kondisi pasien, hasil pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Dari tinjauan tersebut, dokter spesialis gizi akan menetapkan status gizi, memberikan kemungkinan diagnosis dan juga rencana terapi yang sesuai kondisi Anda.