Cari Jadwal Dokter Anestesi

Dokter Anestesi

Berapa Biaya Konsultasi dan Tindakan Dokter Anestesi?

Biaya tindakan yang dilakukan dokter spesialis anastesi tergantung pada biaya yang ditetapkan oleh dokter, rumah sakit, maupun klinik tempat dokter melakukan praktiknya, serta tindakan yang dilakukan. Disarankan menyiapkan dana lebih andai saja Anda memerlukan biaya tambahan.

Apa Itu Dokter Anestesi?

Dokter spesialis anestesi adalah dokter yang memiliki fokus pada pembiusan pasien untuk keperluan operasi maupun tindakan medis lainnya.  Selain dalam prosedur operatif, dokter anestesi juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan penanganan untuk kondisi kritis pada pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

Dokter anestesi memulai pendidikannya dengan mendapatkan gelar dokter umum, kemudian melanjutkan studi dengan mengikuti program pendidikan dokter spesialis di bidang anestesiologi.

Apa Spesialisasi yang Ditangani oleh Dokter Anestesi?

Dokter anestesi mengerjakan tindakan anestesi (pembiusan) lokal, regional, dan umum. Dokter anestesi memastikan pasien tidak mengalami pemburukan kondisi dengan mengontrol tanda-tanda vital selama prosedur medis dilakukan. Selain itu, dokter anestesi juga terlatih dalam menangani perawatan intensif, ICU, manajemen nyeri, dan resusitasi jantung paru otak (RJPO).

Dokter anestesi berperan penting dalam membantu dokter bedah dan bekerja sama dengan perawat dalam mengerjakan persiapan preoperasi, memonitor kondisi pasien dan melakukan pembiusan selama operasi, serta mengobservasi kondisi pasien pascaoperasi. Dokter anestesi memastikan kondisi pasien tidak memburuk.

Tindakan Apa Saja yang Bisa Dilakukan oleh Dokter Anestesi?

  • Anestesi lokal.
  • Anestesi regional.
  • Anestesi umum.
  • Mengoperasikan elektrokardiografi (EKG), pulse oximeter, kapnograf, stimulator saraf, dan mesin ventilator untuk memberikan bantuan pernapasan.
  • Persiapan prabedah, pemberian anestesi (induksi), pemeliharaan anestesi, dan perawatan pascabedah.
  • Pengelolaan trauma maupun kondisi darurat yang mengancam nyawa pasien.
  • Resusitasi jantung paru otak (RJPO).
  • Pengelolaan nyeri akut maupun kronis.
  • Pengelolaan jalan napas dan resusitasi.
  • Perawatan ICU.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bertemu dengan Dokter Anestesi?

Umumnya, rumah sakit akan menunjuk dokter spesialis anestesi yang akan menangani. Sebelum dilakukan operasi, Anda akan diberi waktu untuk berkonsultasi dengan dokter anestesi. Dokter anestesi akan memeriksa kondisi Anda mulai dari tanda-tanda vital hingga pemeriksaan fisik.

Tipe dan dosis obat anestesi yang diberikan didasarkan pada faktor-faktor seperti tipe operasi yang akan dilakukan, bagian tubuh yang akan mendapat tindakan medis, kondisi kesehatan saat ini, riwayat kesehatan, durasi tindakan medis, alergi, profil fisik, dan obat-obatan yang selama ini dikonsumsi, hingga riwayat operasi sebelumnya jika ada.

Berkaitan dengan riwayat kesehatan, alergi yang dimiliki, dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi, ceritakan kepada dokter. Bila memungkinkan bawalah catatan mengenai riwayat medis Anda.

Tanyakan jenis anestesi yang Anda dapatkan berikut efek sampingnya bila ada. Hal ini dapat membantu kesiapan mental Anda dalam menjalani operasi.