Cari Jadwal Dokter Bedah Vaskular

Dokter Bedah Vaskular

Apa Itu Dokter Bedah Vaskular?

Dokter bedah vaskular atau dokter spesialis bedah pembuluh darah adalah dokter yang memiliki kompetensi dalam melakukan diagnosis, pencegahan, serta penanganan penyakit atau kelainan pada pembuluh darah.

Spesialis bedah vaskuler melakukan hampir semua operasi pembuluh darah baik arteri, vena, dan sistem limfatik atau sistem getah bening yang ada di berbagai bagian tubuh, kecuali pada otak dan jantung.


Apa Saja Jenis Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Bedah Vaskular?

Penyakit kanker yang umum ditangani dokter bedah vaskular antara lain: 

  • Aneurisma aorta
  • Penyakit arteri perifer
  • Penyakit arteri karotis
  • Varises dan trombosis vena dalam (DVT)
  • Infeksi atau luka di pembuluh darah
  • Tumor pada pembuluh darah


Apa Saja Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan Dokter Bedah Vaskular?

Ada beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan dokter bedah vaskular untuk menangani penyakit atau gangguan pada pembuluh darah, misalnya pemberian obat-obatan, operasi varises, operasi aneurisma aorta, endarterektomi karotis, dan amputasi.


Berapa Biaya Konsultasi Dokter Bedah Vaskular?

Biaya untuk melakukan konsultasi dengan dokter bedah vaskular sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp250.000–Rp450.000 per pertemuan. Bagi Anda yang berniat untuk berkonsultasi, disarankan membawa dana lebih untuk biaya tambahan yang mungkin diperlukan.


Kapan Saya Harus Mengunjungi Dokter Bedah Vaskular?

Dokter bedah vaskular dapat ditemui atas saran atau rujukan dari dokter umum atau doter spesialis lain yang menangani Anda. Anda juga dapat menemui dokter bedah vaskular ketika:

  • Memerlukan konsultasi terkait tindakan bedah pada pembuluh darah
  • Memiliki beberapa faktor risiko untuk terkena penyakit pembuluh darah, seperti menderita hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, atau adanya riwayat penyakit pembuluh darah di dalam keluarga 
  • Memiliki keluhan yang disebabkan oleh penyakit pada pembuluh darah, seperti varises, luka di kaki karena diabetes, atau nyeri perut yang menetap dan tidak kunjung membaik



Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bertemu Dokter Bedah Vaskular?

Untuk memudahkan dokter menentukan perawatan yang tepat untuk penyakit pembuluh darah Anda, persiapkan beberapa hal berikut ini sebelum bertemu dengan dokter bedah vaskular:

  • Riwayat gejala dan keluhan yang Anda alami, termasuk riwayat penyakit pada pembuluh darah 
  • Hasil pemeriksaan medis sebelumnya, seperti pemeriksaan Rontgen, CT scan, pemeriksaan darah, dan angiografi jika ada

Ajaklah anggota keluarga saat melakukan pemeriksaan ke dokter bedah vaskular. Tanyakan dengan jelas kepada dokter mengenai pilihan perawatan yang tersedia, tingkat keberhasilan dan risiko dari masing-masing perawatan, serta biayanya.