Cari Jadwal Dokter Ginjal

Dokter Ginjal

Apa Itu Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi?

Dokter spesialis ginjal dan hipertensi adalah dokter yang mempelajari ilmu tentang penyakit ginjal secara mendalam. Spesialisasi ilmu nefrologi dibedakan menjadi dua berdasarkan usia pasien yang ditangani, yaitu anak dan dewasa. Dokter ginjal dan hipertensi memiliki pengetahuan mengenai pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai penyakit ginjal.

Penyakit Apa yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi

Penyakit yang umumnya ditangani oleh dokter spesialis ginjal dan hipertensi adalah penyakit ginjal bawaan lahir, kanker atau tumor pada ginjal, sindrom nefrotik, ginjal polikistik, gagal ginjal akut dan kronis, nekrosis tubular akut (penyebab gagal ginjal), penyakit ginjal terkait diabetes (nefropati diabetik), penyakit ginjal akibat hipertensi, gangguan elektrolit dan asam basa darah terkait penyakit ginjal, glomerulonefritis akut dan kronis, kolik renal, sindrom nefritik, batu saluran kemih, lupus nefritis, infeksi saluran kemih, dan infeksi ginjal (pielonefritis).

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi?

Anda disarankan berkonsultasi ke dokter spesialis ginjal dan hipertensi jika mengalami kesulitan buang air kecil, urine bercampur berdarah, pembengkakan di bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh, kelelahan tanpa penyebab yang jelas, gangguan tidur atau insomnia, muncul sensasi rasa logam di mulut, nyeri punggung atau pinggang yang dicurigai akibat masalah pada ginjal, dan jika menderita tekanan darah tinggi.

Tindakan Apa yang Dilakukan Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi?

Dokter spesialis ginjal dan hipertensi akan menentukan penyebab penyakit ginjal berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan riwayat medis yang disertakan. Jika diperlukan, dokter ginjal dan hipertensi dapat melakukan pemeriksaan tambahan, seperti tes urine, tes darah, pemeriksaan fungsi ginjal melalui tes ureum dan kreatinin, tes GFR, tes pencitraan ginjal (CT scan, MRI, USG, urografi dan Rontgen).

Dokter ginjal dan hipertensi akan memberikan rekomendasi obat-obatan, penanganan medis, menganalisa hasil pengobatan, dan mengevaluasi kondisi pasien selama dan setelah pengobatan berlangsung. Dokter spesialis ginjal dapat berkoordinasi dengan rekan dokter spesialis lain untuk membantu proses penyembuhan dan pemulihan pasien.

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Ginjal dan Hipertensi?

Biaya konsultasi dokter spesialis ginjal dan hipertensi dapat berbeda-beda sesuai dengan biaya yang ditetapkan dokter maupun rumah sakit tempat praktik. Rata-rata biaya konsultasi dokter spesialis ginjal dan hipertensi adalah antara Rp. 200.000,- – Rp. 800.000,-. Disarankan mempersiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga apabila diperlukan biaya tambahan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ke Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi?

Disarankan mengajak anggota keluarga saat menemui dokter ginjal dan hipertensi untuk membantu dalam membuat keputusan dan memberikan dukungan secara mental. Usahakan untuk mencatat dan menyampaikan gejala atau keluhan yang Anda alami dengan lengkap. Anda juga dianjurkan membawa kartu asuransi atau BPJS jika ingin menggunakannya, riwayat obat-obatan yang dikonsumsi, riwayat tindakan medis yang pernah dijalani, dan hasil tes laboratorium dan pemeriksaan medis lain jika tersedia. Informasi lengkap dan jelas dapat membantu dokter dalam menentukan diagnosis serta tindakan yang akan dilakukan.