Cari Jadwal Dokter Psikiater

Dokter Psikiater

Apa Itu Psikiater?

Psikiater adalah seorang dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku (psikiatri). Psikiatri sendiri adalah cabang keilmuan medis yang fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku. Psikiater memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan menangani gangguan mental pada pasien.

Beberapa psikiater mengambil pelatihan spesialisasi tambahan setelah menyelesaikan pelatihan sebagai psikiater. Sehingga, seorang psikiater dapat menangani suatu masalah psikologis berdasarkan sertifikasi tambahan seperti psikiatri forensik, psikiatri kecanduan (adiksi), psikiatri anak dan remaja, psikiatri geriatri, dan psikiatri psikosomatis.

Apa Saja Penyakit yang Ditangani oleh Psikiater?

Berbagai kondisi dan penyakit yang ditangani oleh psikiater adalah gangguan kecemasan, gangguan mental dan perilaku akibat penyalahgunaan obat, alkohol dan narkoba, gangguan tidur, kelainan seksual dan disfungsi seksual, gangguan makan, gangguan emosional dan perilaku pada anak-anak atau remaja, gangguan kepribadian, fobia, gangguan obsesif kompulsif (OCD), psikosis, gangguan suasana hati.

Apa Saja Tindakan yang Dilakukan Psikiater?

Tindakan yang dapat dilakukan oleh psikiater adalah melakukan pemeriksaan medis kejiwaan, tes psikologis (psikotes), tes penunjang seperti tes laboratorium, psikoterapi, meresepkan obat-obatan, melakukan intervensi psikososial dan perawatan hipnoterapi, terapi stimulasi otak, dan mengevaluasi kondisi pasien setelah mendapat perawatan.

Berapa Biaya Konsultasi Psikiater?

Biaya untuk melakukan konsultasi dengan psikiater umumnya bervariasi, tergantung dengan rumah sakit tempat praktik. Biaya konsultasi dengan psikiater sekitar Rp. 150.000,- hingga Rp. 450.000,-. Akan tetapi, Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih karena mungkin ada biaya tambahan yang diperlukan.

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Psikiater?

Saat Anda mengalami gangguan fisik, psikis, atau menderita penyakit yang disebabkan oleh masalah psikologis. Anda perlu memeriksakan diri ke psikiater apabila mengalami gangguan kecemasan, sulit tidur, serangan panik, tidak dapat berdiam diri, merasa sedih atau hampa yang berkepanjangan tanpa alasan, kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, merasa tidak berdaya, memiliki keinginan bunuh diri, mengalami halusinasi, dan sedang atau pernah menyalahgunakan obat-obatan terlarang.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ke Psikiater?

Catatlah penyebab yang memicu dan meringankan gejala penyakit mental Anda, serta durasi penyakit itu terjadi. Cari tahu mengenai riwayat penyakit keluarga dan buat catatan tentang masalah atau peristiwa traumatis yang pernah Anda alami. Bila Anda pernah berkonsultasi ke psikolog ataupun psikiater lain dan sudah melakukan tes psikologi, bawalah hasil konsultasi dan tes tersebut.