Cari Jadwal Dokter kandungan - Ahli Fertilitas endokrinologi reproduksi

Dokter Kandungan - Ahli Fertilitas endokrinologi reproduksi

Apa Itu Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Dokter kandungan ahli fertilitas adalah dokter yang secara khusus menangani masalah kesuburan pada pria maupun wanita.

Ada 2 dokter spesialis yang umumnya menangani masalah fertilitas, yaitu androlog atau dokter spesialis andrologi (Sp.And) yang menangani masalah kesuburan pada pria dan dokter spesialis kandungan konsultan fertilitas (Sp.OG-KFER) yang menangani masalah kesuburan pada wanita.

Di Mana Saja Dokter Kandungan Ahli Fertilitas Menjalani Praktik?

Dokter kandungan ahli fertilitas umumnya dapat Anda temui di rumah sakit. Namun, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter subspesialis ini, baik dokter andrologi maupun dokter kandungan di klinik fertilitas, yaitu klinik yang secara khusus menangani gangguan kesuburan (infertilitas).

Apa Saja Peran Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Dokter kandungan konsultan fertilitas bertugas dalam memeriksa dan menangani masalah kesuburan pada wanita yang disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti:

  • Gangguan menstruasi
  • Masalah seksual, misalnya berkurangnya hasrat seksual atau libido, nyeri saat berhubungan seksual, dan vagina kering
  • Kelainan pada organ reproduksi wanita, misalnya PCOS, penyakit menular seksual, radang panggul, dan kista ovarium
  • Kanker pada organ reproduksi wanita, seperti kanker rahim, kanker serviks, dan kanker ovarium
  • Gangguan hormon

Dokter andrologi berperan dalam mendiagnosis dan menangani gangguan pada sistem reproduksi pria, seperti disfungsi seksual dan gangguan kesuburan atau infertilitas pada pria. Gangguan kesuburan pada pria dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Kelainan sperma
  • Gangguan hormon
  • Penyakit tertentu, seperti penyakit menular seksual, pembesaran vena di testis atau varikokel, dan diabetes
  • Gangguan ejakulasi, seperti ejakulasi dini
  • Cedera pada penis, saluran sperma, atau testis
  • Gaya hidup yang kurang sehat, seperti sering merokok dan minum minuman beralkohol
  • Efek samping obat-obatan tertentu

Berapa Biaya Konsultasi dengan Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Biaya konsultasi fertilitas dengan dokter kandungan dan androlog bervariasi, tergantung pada penanganan dan tindakan yang akan dilakukan untuk mengatasi gangguan kesuburan yang Anda alami.

Sebagai acuan, biaya konsultasi dengan dokter kandungan berkisar dari Rp60.000 hingga Rp550.000, sedangkan biaya konsultasi kesuburan dengan dokter andrologi mulai dari Rp125.000 hingga Rp400.000.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Agar pemeriksaan dan penanganan yang dilakukan oleh dokter kandungan subspesialis fertilitas bisa berjalan lebih lancar, Anda dan pasangan disarankan untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Buat catatan berisi riwayat menstruasi, masa subur, aktivitas seksual, serta perencanaan kehamilan Anda dan pasangan.
  • Buat catatan terkait riwayat penyakit Anda dan pasangan serta penanganan medis yang sudah dilakukan, termasuk penggunaan obat-obatan, suplemen, obat herbal, atau tindakan medis tertentu.
  • Buat daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda, seperti pilihan penanganan untuk mengatasi masalah keburan, risiko penanganan tersebut, dan biaya yang diperlukan.

Apa Saja Jenis Pemeriksaan yang Dapat Dilakukan oleh Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Jenis pemeriksaan yang umumnya dilakukan oleh dokter androlog adalah pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan hormon, tes genetik, pemeriksaan sperma, dan biopsi testis.

Untuk mendiagnosis gangguan kesuburan wanita, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaaan panggul, vulva, dan vagina. Selain itu, pemeriksaan penunjang juga mungkin dilakukan, seperti USG rahim dan transvaginal, biopsi rahim dan leher rahim, serta pemeriksaan hormon.

Apa Saja Tindakan Penanganan yang Dapat Dilakukan Dokter Kandungan Ahli Fertilitas?

Untuk mengatasi gangguan kesuburan pada pria maupun wanita, dokter kandungan fertilitas dapat melakukan beberapa tindakan medis, seperti inseminasi buatan dan program bayi tabung.