Cari Jadwal Dokter Radiologi

Dokter Radiologi

Apa itu Dokter Spesialis Radiologi?

Dokter radiologi atau radiologis adalah dokter spesialis yang fokus melakukan pemeriksaan radiologi dalam rangka mendeteksi, mendiagnosis, dan mengobati penyakit, menggunakan prosedur pencitraan atau radiasi.

Ilmu radiologi terbagi menjadi tiga bidang utama, yakni radiologi umum (radiologi diagnostik), radiologi intervensi, dan radiologi onkologi. Dokter spesialis radiologi terbagi dalam beberapa subspesialis, yang meliputi:

  • Radiologi kepala dan leher
  • Radiologi dada (toraks)
  • Radiologi anak
  • Radiologi saluran kemih dan organ genital
  • Radiologi payudara
  • Radiologi intervensional dan jantung pembuluh darah (kardiovaskular)
  • Radiologi tulang dan otot (muskuloskeletal)
  • Radiologi saluran cerna
  • Neuroradiologi atau radiologi sistem saraf dan otak
  • Kedokteran nuklir

Apa Penyakit yang Bisa Dideteksi Dokter Spesialis Radiologi?

Penyakit yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan oleh dokter spesialis radiologi adalah pneumonia, bronkopnemonia, tuberkulosis, pneumotoraks, infeksi saluran kemih, pielonefritis tanpa komplikasi, hematoraks, gagal jantung kongestif, usus buntu, meningitis, ensefalitis, infark serebal, perdarahan otak, bronkitis, akalasia, penyakit asam lambung, kolesistitis, peritonitis, gangguan saluran kemih seperti batu atau infeksi saluran kemih, torsio testis, fraktur (patah tulang) tertutup, penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) dan kanker.

Apa Saja Tindakan Medis yang dilakukan Dokter Spesialis Radiologi?

Ada beragam tindakan dokter spesialis radiologi menurut bidangnya, yaitu bidang radiologi dada (toraks), bidang muskuloskeletal, bidang organ kelamin dan saluran kemih, bidang saluran cerna, bidang neuroradiology (saraf dan otak), bidang radiologi intervensional dan kardiovaskular,  bidang pencitraan payudara, bidang pencitraan kepala-leher, dan bidang kedokteran nuklir.

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Spesialis Radiologi?

Biaya konsultasi dengan dokter radiologi bervariasi, tergantung kepada dokter radiologi yang Anda konsultasikan, gelar konsultan yang dimiliki, tindakan yang dilakukan, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya. Disarankan agar Anda mempersiapkan dana lebih untuk biaya tambahan yang mungkin diperlukan.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Spesialis Radiologi?

Umumnya, pasien dirujuk oleh dokter umum atau dokter spesialis yang menangani, baik di dalam rumah sakit (rawat inap), atau ketika berobat jalan di poliklinik atau praktik pribadi dokter.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pemeriksaan Radiologi?

Anda diharapkan hadir setidaknya 20 menit sebelum pemeriksaan. Pastikan untuk membawa riwayat medis dan surat rujukan pemeriksaan. Apabila sedang hamil atau menyusui, informasikan kepada dokter yang menangani Anda. Bawa hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya, jika ada.

Informasikan kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Informasikan juga jika pernah menjalani prosedur medis khusus untuk pemasangan alat bantu seperti alat pacu jantung, ring jantung, implan koklea, kontrasepsi spiral, atau pen pada tulang.

Bagi yang memiliki gangguan ginjal, tanyakan kepada dokter mengenai persiapan khusus yang perlu dilakukan.

Apabila Anda diminta untuk berpuasa atau minum obat tertentu, ikuti petunjuk dokter.

Dalam memilih dokter spesialis radiologi, Anda bisa meminta rujukan dokter yang menangani Anda, dan pastikan dokter yang Anda pilih mampu berkomunikasi dengan baik dalam menjelaskan tentang penyakit dan langkah penanganan yang Anda perlukan.

Jika ingin memanfaatkan BPJS atau asuransi, pastikan rumah sakit tersebut berafiliasi dengan BPJS atau penyedia layanan asuransi Anda. Dan jangan lupa untuk membawa kartu asuransi saat pemeriksaan.