Cari Jadwal Dokter Rehabilitasi Medis

Dokter Rehabilitasi Medis

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Dokter Rehabilitasi Medis

Biaya konsultasi dokter rehabilitasi medis bervariasi yaitu berkisar antara Rp. 130.000 hingga Rp. 500.000 per pertemuan. Anda disarankan untuk menyiapkan dana lebih, jika mendapatkan rujukan untuk berkonsultasi dengan dokter rehabilitasi medis, karena mungkin ada beberapa biaya tambahan yang diperlukan.

Apa itu Dokter Rehabilitasi Medis?

Dokter rehabilitasi medis adalah dokter spesialis yang berperan membantu mengembalikan fungsi tubuh pasien yang menderita gangguan fungsi tubuh atau kecacatan. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh cedera, kecelakaan, ataupun penyakit. Dengan bantuan dokter rehabilitasi medis, pasien dapat memperbaiki kualitas hidup dan dapat membaur dengan masyarakat dalam lingkungan sosial dengan lebih mandiri dan percaya diri.

Penyakit Apa yang Bisa Ditangani Dokter Rehabilitasi Medis?

Dokter rehabilitasi medis mengatasi berbagai macam kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki keterbatasan fisik, mental, dan kognitif. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan keterbatasan fisik, mental, dan kognitif, antara lain adalah cacat, artritis, stroke, cedera kepala, multiple sclerosis, diabetes, cerebral palsy, cacat lahir, demensia, ADHD, hingga autisme.

Tindakan Apa yang Dapat Dilakukan Dokter Rehabilitasi Medis?

Tindakan yang diberikan akan bergantung kepada riwayat kesehatan dan kebutuhan pasien. Di antaranya:

  • Terapi okupasi untuk pasien dengan keterbatasan fisik, agar lebih mandiri dalam menjalani berbagai macam aktivitas sehari-hari.
  • Terapi fisik pada pasien dengan gangguan fungsi atau kekuatan sendi dan otot.
  • Terapi bicara untuk pasien yang memiliki gangguan bicara dan sulit untuk mengucap atau merangkai kata.
  • Rehabilitasi sosial untuk membantu pasien kembali percaya diri dengan keterbatasan atau perubahan fungsi tubuh yang dialami.

Kapan Harus Menemui Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis?

Anda disarankan untuk mengunjungi dokter rehabilitiasi medis, jika:

  • Menderita suatu penyakit atau cedera yang menyebabkan gangguan fisik, seperti kelumpuhan atau hilangnya fungsi normal pada bagian tubuh tertentu.
  • Menderita cacat fisik yang menyebabkan ruang gerak untuk melakukan aktivitas normal menjadi terbatas atau terhambat.
  • Memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bertemu Dokter Rehabilitasi Medis?

Sebelum berkunjung ke dokter rehabilitasi medis, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu surat rujukan dari dokter, agar dokter rehabilitasi medis tahu tindakan apa yang diperlukan berdasarkan penyakit yang Anda derita.

Dalam surat rujukan tersebut biasanya tercantum secara rinci riwayat kesehatan dan terapi yang dibutuhkan, guna mempertahankan kualitas hidup dan mengupayakan kehidupan yang lebih berkualitas.

Seperti Apa Hasil dari Konsultasi dengan Dokter Rehabilitasi Medis?

Setelah Anda menjalani konsultasi dan pemeriksaan, dokter rehabilitasi medis akan meninjau hasil pemeriksaan fisik dan hasil pemeriksaan penunjang. Dari tinjauan tersebut, dokter rehabilitasi medis akan menentukan rencana pengobatan sesuai dengan kondisi dan diagnosis penyakit.

Beberapa terapi yang mungkin akan disarankan, mencakup pemberian obat dan perubahan gaya hidup, hingga dukungan dari lingkungan sekitar guna mencapai tujuan yang diinginkan.