Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center

Tindakan Medis

Terdapat 22 tindakan medis dari 3 kategori

Dari Rp 265.000

Harga belum termasuk biaya konsultasi dokter, obat-obatan, laboratorium dan lain sebagainya.

Alat yang digunakan untuk merekam gambar retina atau syaraf mata. Banyak kelainan dapat terdeteksi dengan alat ini, diantaranya diabetik retinopaty, hypertensi retinopaty, kelainan macula, atau kelainan papil saraf optik.

Umumnya terdiri dari pemberian obat-obatan anti-angiogenic, terapi sinar laser, terapi sinar laser photodynamic, penggunaan vitamin, dan operasi submuscular.

Operasi mata yang dilakukan untuk memperbaiki pembiasan pada mata dan mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Operasi ini bisa mencakup berbagai metode operasi.

Dari Rp 200.000

Harga belum termasuk biaya konsultasi dokter, obat-obatan, laboratorium dan lain sebagainya.

Pemindaian pada mata untuk mengidentifikasi individu berdasarkan pengukuran karakteristik fisiologisnya. Karakteristik fisiologis ini memiliki kemampuan untuk mengontrol dan melindungi data dalam sistem informasi.

Dari Rp 42.000

Keratometer (Dua Mata) Rp84.000

Keratometer (Satu Mata) 42.000

Harga belum termasuk biaya konsultasi dokter, laboratorium, obat-obatan dan lain sebagainya

Perangkat medis yang digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang berhubungan dengan mata, atau mengukur lengkungan permukaan kornea. Alat ini juga berguna untuk mengukur ukuran bola mata.

Dari Rp 24.000.000

Berikut ini detil biaya tindakan LASIK untuk satu mata:


  • Pemeriksaan awal mulai dari Rp 836.000

  • Tindakan LASIK mulai dari Rp 12.000.000

  • Kontrol setelah operasi Rp 336.000

Suatu metode pembedahan pada mata untuk memperbaiki penglihatan bagi penderita rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Metode ini menggunakan sinar laser untuk memperbaiki bentuk kornea mata.

* Harga diatas merupakan tindakan untuk kedua mata. Harga disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing pasien dan dapat berubah sewaktu - waktu.

Dari Rp 960.000

Harga belum termasuk biaya konsultasi dokter, laboratorium, obat-obatan dan lain sebagainya.

Prosedur medis dengan menggunakan laser untuk menghancurkan sel-sel pembawa penyakit dengan cara dipanaskan. Umumnya untuk mengobati beberapa penyakit yang menyerang kulit dan mata

Dari Rp 828.000

Harga tertera merupakan biaya pemasangan protesa mata. Belum termasuk biaya konsultasi dokter, laboratorium, obat-obatan dan lain sebagainya.

Mata tiruan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang hanya memiliki satu mata. Kondisi ini bisa disebabkan karena cacat mata sejak lahir, karena cedera, atau karena penyakit. Mata palsu disesuaikan dengan ukuran mata seseorang.

Dari Rp 14.000.000

Berikut ini detil biaya Operasi Katarak:

- Pemeriksaan awal mulai dari Rp 1.106.000

- Tindakan Operasi mulai dari Rp 12.000.000 - Rp 19.000.000

- Pemberian Obat untuk Perawatan di rumah mulai dari Rp 500.000 - Rp 1.000.000

- Kontrol setelah operasi mulai dari Rp 336.000

Operasi yang diperlukan jika kondisi kekeruhan pada lensa mata terlihat cukup signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring penuaan

Rp 960.000 - Rp 1.320.000

Berikut ini detil biaya Operasi Mata menggunakan laser:

- Laser Glaukoma Rp 960.000

- Laser Retina <200 tb Rp1.080.000

- Laser Retina >200 tb Rp1.200.000

- Laser Retina >800 tb Rp1.320.000

Harga belum termasuk biaya konsultasi dokter, laboratorium, obat-obatan dan lain sebagainya.

Operasi yang dilakukan pada bagian mata atau adneksa (jaringan pendukung mata). Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis mata dan memerlukan perhatian ekstra baik sebelum, selama, maupun sesudah operasi

Operasi mata untuk mengobati gangguan pada retina dan vitreus. Operasi ini bertujuan untuk menempelkan kembali retina yang lepas serta membersihkan vitreus akibat perdarahan atau infeksi di mata.

Dari Rp 690.000

Pemindaian non invasif dengan bantuan gelombang cahaya untuk memeriksa fungsi retina. Dengan metode ini, dokter spesialis mata bisa melihat ukuran lapisan retina dan melakukan diagnosis.


Dilakukan dengan sejumlah metode, diantaranya tes tonometry, tes perimetri, tes gonioscopy, tes ophthalmoscopy, dan tes pachymetry. Tujuan tes ini adalah untuk memastikan keberadaan dan kondisi glaukoma.

Prosedur medis untuk memeriksa ketajaman penglihatan. Pemeriksaan ini terdiri dari beberapa metode, antara lain metode snellen chart dengan menggunakan huruf dan angka, metode e-chart yang hanya berisi huruf e, serta dengan cincin landolt yang berisi huruf c dengan arah yang berbeda-beda.

Dari Rp 336.000

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata.

Dari Rp 240.000

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata pada Anak

Dilakukan dengan beberapa prosedur, antara lain menggunakan laser, menggunakan metode virectomy, scleral buckle, atau dengan metode pneumatic retinopexy.

Bisa dilakukan dengan menggunakan kaca mata prisma, melalui operasi, terapi, atau pemendekan dan penyambungan otot mata. Tindakan ini dilakukan untuk membuat mata kembali sejajar dan terlihat normal.

Bisa dilakukan dengan beberapa jenis prosedur operasi dan pengobatan khusus, antara lain pemberian suntikan anti-VEGF, virektomi, fotokoagulasi, atau dengan fotokogulasi panretinal.

Prosedur bedah yang dilakukan pada kornea mata yang berfungsi menutupi dan melindungi pupil, bilik depan, dan iris. Kornea juga memiliki kontribusi sebesar 2/3 persen dari kemampuan optik total. Tujuan utama dari prosedur ini adalah mengembalikan fungsi korea yang rusak atau terserang infeksi.

Dari Rp 552.000


Prosedur medis untuk melihat kondisi atau kelainan di dalam bola mata. Biasanya, prosedur ini diterapkan ketika seseorang dicurigai mengalami katarak atau adanya gangguan pada lapisan kornea.

Rp 7.800.000 - Rp 14.550.000

Berikut ini detil biaya Operasi Kelopak Mata:

- Blepharoplasty (1 Kelopak) Rp 7.800.000

- Blepharoplasty (2 Kelopak) Rp 14.550.000

Operasi untuk membuat mata terlihat lebih besar dan membuat seseorang terlihat muda, karena dengan bertambahnya usia, jaringan di kelopak mata akan melemah dan kehilangan elastisitasnya.