Estimasi Biaya Biopsi Mulut

Biopsi Mulut

Berapakah Biaya Biopsi Mulut?

Biaya biopsi mulut berbeda-beda untuk masing-masing rumah sakit. Biaya biopsi mulut mencakup biaya tindakan, obat-obatan, dan konsultasi. Kisaran biaya biopsi mulut adalah sekitar Rp 850.000. Meskipun demikian, Anda disarankan untuk mempersiapkan dana lebih sebagai antisipasi keperluan tambahan yang terkait tindakan biopsi mulut.

Apa Itu Biopsi Mulut?

Biopsi mulut adalah prosedur medis untuk mengambil sampel jaringan mulut guna diperiksa di laboratorium. Biopsi mulut dilakukan untuk mendeteksi adanya kelainan jaringan mulut, terutama jika terdapat jaringan kanker.

Kapan Saya Perlu Menjalani Biopsi Mulut?

Anda direkomendasikan menjalani biopsi mulut ketika muncul kelainan jaringan pada rongga mulut. Kelainan ini dapat ditandai dengan munculnya ruam, borok, dan bercak putih atau merah pada mulut. Dokter juga dapat merekomendasikan Anda untuk menjalani biopsi mulut ketika menemukan adanya kelainan pada jaringan mulut pada saat pemeriksaan gigi dan mulut rutin.

Adakah Kondisi yang Membuat Saya Tidak Bisa Menjalani Biopsi Mulut?

Secara umum, biopsi mulut dapat dijalani dengan aman. Namun jika Anda menderita kelainan pembekuan darah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, beri tahukan ke dokter sebelum menjalani biopsi. Informasikan juga kepada dokter jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.

Apa yang Harus Saya Siapkan sebelum Menjalani Biopsi Mulut?

Sebelum biopsi dilaksanakan, dokter akan menjelaskan proses biopsi kepada Anda secara rinci. Anda juga akan diminta berhenti makan dan berhenti mengonsumsi obat-obatan atau suplemen terlebih dahulu, khususnya jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah.

Apa Jenis Bius yang Digunakan dalam Prosedur Biopsi Mulut?

Dokter akan menyuntikkan bius lokal (setempat) sebelum biopsi mulai dilaksanakan. Sehingga, Anda tidak akan merasakan sakit saat prosedur ini dilakukan.

Bagaimana Prosedur Biopsi Mulut Dilaksanakan?

Dokter gigi akan memasangkan retractor pada mulut Anda jika biopsi dilakukan untuk mengambil sampel jaringan mulut bagian dalam. Sampel jaringan mulut Anda dapat diambil melalui 3 teknik, yaitu melalui irisan, menggunakan jarum, atau dengan cara dikeruk/disikat. Jika Anda menjalani biopsi yang menggunakan teknik irisan, Anda akan menerima jahitan pada saat biopsi selesai dilaksanakan. Proses biopsi mulut dapat berlangsung sekitar 15 menit.

Apa yang Saya Rasakan Selama Biopsi Mulut?

Selama proses biopsi Anda dapat merasa tidak nyaman di bagian mulut yang menjalani biopsi. Anda juga dapat merasakan sakit ketika disuntikkan bius lokal. Setelah biopsi mulut selesai, Anda dapat merasa perih dan mati rasa di bagian yang menjalani biopsi.

Apa yang Harus Saya Lakukan Setelah Menjalani Biopsi Mulut?

Setelah menjalani biopsi mulut, Anda dapat langsung pulang pada hari yang sama. Hasil pemeriksaan sampel jaringan akan dijelaskan oleh dokter kepada Anda setelah beberapa hari. Jika Anda mendapatkan jahitan pada saat biopsi dilakukan, Anda akan dijadwalkan untuk pencabutan benang jahit oleh dokter setelah beberapa hari. Anda akan diminta untuk menggosok gigi secara hati-hati serta menghindari mengunyah makanan dengan bagian mulut yang mengalami biopsi.

Adakah Komplikasi yang Dapat Muncul dari Biopsi Mulut?

Biopsi mulut merupakan prosedur medis yang aman untuk Anda jalani. Meskipun demikian, biopsi mulut dapat menimbulkan efek samping, seperti infeksi atau perdarahan. Segera hubungi dokter terkait jika Anda merasakan gejala, seperti demam, perdarahan hebat, perih berkepanjangan, serta pembengkakan di area mulut.