Estimasi Biaya Operasi Ortognatic

Operasi Ortognatic

Berapa Biaya Operasi Rahang?

Biaya operasi rahang berbeda-beda tergantung pada banyaknya tindakan yang dilakukan dan rumah sakit tempat melakukan operasi rahang. Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan, guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga.

Apa Itu Operasi Rahang?

Operasi rahang atau bedah ortognatik adalah tindakan medis untuk memperbaiki kelainan posisi rahang dan gigi. Operasi rahang sering kali dilakukan untuk menyempurnakan penampilan wajah.

Kondisi Apa Saja yang Dapat Diatasi dengan Operasi Rahang?

Operasi rahang dapat dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak serta mulut yang tidak tertutup sempurna. Operasi ini juga dapat dilakukan untuk mengoreksi bentuk wajah yang tidak simetris akibat gigi atas dan gigi bawah yang tidak sejajar.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan Sebelum Operasi Rahang?

Operasi rahang tidak disarankan pada pria di bawah usia 17 tahun dan wanita di bawah 14 tahun karena rahang masih dalam masa pertumbuhan. Pada kondisi ini, kelainan rahang dapat diperbaiki dengan memakai kawat khusus tanpa perlu menjalani bedah ortognatik.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Persiapkan Sebelum Operasi Rahang?

Beri tahu dokter mengenai kondisi medis yang diderita, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dan operasi yang pernah dilakukan sebelumnya. Penting juga untuk memberitahu dokter bila Anda merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau menggunakan NAPZA. Bila dokter menilai Anda memenuhi kriteria untuk menjalani operasi, Anda akan diminta memakai kawat untuk merapikan gigi sebelum operasi. Kemudian, Anda akan menjalani Rontgen pada area gigi dan rahang.

Apa Jenis Bius yang Digunakan dalam Prosedur Operasi Rahang?

Dokter akan menggunakan bius total, sehingga Anda akan tertidur selama operasi rahang berlangsung.

Siapa yang Mengerjakan Operasi Rahang?

Operasi rahang dapat dilakukan oleh dokter bedah plastik maupun dokter bedah mulut.

Bagaimana Prosedur Operasi Rahang Dilakukan?

Operasi rahang dilakukan dengan membuat sayatan di tulang rahang yang akan diperbaiki. Setelah sayatan dibuat, rahang akan digeser agar sejajar dengan rahang yang posisinya normal. Kemudian, dokter akan memasang plat dan baut khusus guna memperkuat posisi tulang rahang. Bila diperlukan, dokter akan mengambil sedikit tulang dari bagian tubuh lain untuk dicangkokkan ke tulang rahang.

Apa yang Perlu Saya Lakukan Setelah Menjalani Operasi Rahang?

Anda dianjurkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta mengonsumsi makanan lunak dan mudah ditelan. Anda juga dilarang merokok dan beraktivitas secara berlebihan, setidaknya sampai 6 bulan setelah operasi. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan, sesuai petunjuk dokter.

Berapa Lama Proses Pemulihan Setelah Operasi Rahang?

Anda akan pulih sempurna dalam waktu 2-3 bulan setelah operasi. Namun, Anda tetap perlu menggunakan kawat gigi dan retainer hingga beberapa tahun. 

Apa Saja Efek Samping dari Operasi Rahang?

Beberapa risiko komplikasi yang mungkin terjadi setelah operasi rahang adalah perdarahan, infeksi, dan cedera saraf. Meski demikian, operasi rahang pada umumnya aman dan jarang menimbulkan komplikasi.