Estimasi Biaya Operasi Bibir Sumbing

Operasi Bibir Sumbing

Berapa Biaya Operasi Bibir Sumbing?

Biaya operasi bibir sumbing berbeda-beda untuk setiap rumah sakit, mencakup biaya tindakan, konsultasi, obat-obatan, dan rawat inap. Di beberapa rumah sakit swasta yang ada di Indonesia, biaya operasi ini bisa dimulai dari Rp. 9.500.000 hingga lebih dari Rp. 35.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Operasi Bibir Sumbing?

Operasi bibir sumbing adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk mengobati bibir dan langit-langit sumbing.

Apa Itu Bibir dan Langit-langit Sumbing?

Bibir dan langit-langit sumbing adalah kelainan bawaan yang terjadi pada bayi yang disebabkan oleh adanya celah pada bibir dan langit-langit mulut. Celah pada bibir dan langit-langit terbentuk akibat penyatuan yang tidak sempurna antara kedua sisi bibir dan langit-langit selama masa perkembangan janin.

Kapan Anak Saya Harus Menjalani Operasi Bibir Sumbing?

Operasi bibir sumbing dilakukan kepada anak Anda jika menderita kondisi yang telah disebutkan di atas. Bibir dan langit-langit sumbing seringkali diketahui oleh dokter setelah lahirnya bayi pada saat pemeriksaan pasca persalinan. Jika menderita kondisi ini, anak Anda harus menjalani operasi bibir sumbing karena dapat mengganggu proses makan, menyusui, dan berbicara. Selain itu, bibir dan langit-langit sumbing dapat menyebabkan anak mengalami infeksi telinga, gangguan pendengaran, dan gangguan pada gigi.

Adakah Kondisi yang Menyebabkan Anak Saya Tidak Bisa Menjalani Operasi Bibir Sumbing?

Sejauh ini tidak ada kondisi khusus yang menyebabkan anak Anda tidak bisa menjalani operasi bibir sumbing sama sekali. Jika dia memiliki alergi terhadap anestesi atau obat-obatan tertentu, anak Anda tetap dapat menjalani operasi dengan perlakuan dan pengawasan khusus.

Apa Saja Persiapan sebelum Anak menjalani Operasi Bibir Sumbing?

Pada saat anak Anda didiagnosis menderita bibir atau langit-langit sumbing, Anda akan diinformasikan oleh dokter terkait persiapan operasi bibir sumbing yang akan dijalani. Operasi bibir sumbing dapat dilaksanakan ketika anak Anda berusia 3-6 bulan. Sedangkan operasi langit-langit sumbing dapat dilaksanakan ketika anak Anda berusia 6-12 bulan. Sebelum anak cukup usia untuk menjalani operasi, Anda akan diberikan instruksi oleh dokter bagaimana memberikan makan dan minum kepada anak. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti, pemeriksaan pendengaran, sebelum anak menjalani operasi bibir sumbing.

Jika anak Anda sudah cukup usia untuk menjalani operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan pra operasi. Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan kesehatan umum, riwayat penyakit, dan tes darah. Dokter akan meminta Anda untuk tidak memberikan anak obat-obatan yang berisiko menimbulkan perdarahan. Selain itu, Anda akan diminta untuk tidak memberikan anak makan dan minum beberapa jam sebelum operasi dilaksanakan.

Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Operasi Bibir Sumbing?

Operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing dilaksanakan dengan kondisi anak tidak sadar akibat diberikan obat bius total. Setelah anak tidak sadar, dokter akan segera melakukan perbaikan bibir sumbing dengan cara menyatukan kedua sisi bibir yang terpisah. Bibir kemudian disatukan dengan menggunakan benang jahit, baik dengan benang jahit yang dapat menyatu dengan bibir maupun yang tidak dapat menyatu. Jika diperlukan, dokter juga akan mengatur bentuk hidung agar sesuai dengan bentuk bibir yang sudah menjalani operasi bibir sumbing. Operasi bibir sumbing umumnya berlangsung sekitar 2 jam.

Sedangkan pada operasi langit-langit sumbing, dokter akan menutup celah sumbing di langit-langit mulut. Selain itu, dokter juga akan mengatur posisi dan bentuk otot-otot yang terdapat pada bagian tersebut. Setelah posisi otot langit-langit mulut diatur dengan baik, dokter akan menyatukan celah dengan menggunakan benang jahit yang menyatu dengan otot langit-langit mulut. Operasi langit-langit sumbing umumnya akan berlangsung sekitar 2 jam.

Setelah operasi dilaksanakan, anak Anda akan dibawa ke ruang perawatan untuk menjalani pemulihan pasca operasi. Umumnya anak akan menjalani rawat inap sekitar 1-3 hari atau sesuai kebutuhan. Selama rawat inap, Anda dapat menemani anak menjalani masa pemulihan pasca operasi.

Apa yang Anak Saya Rasakan setelah Menjalani Operasi Bibir Sumbing?

Jika anak Anda menderita langit-langit sumbing, dia dapat mengeluarkan suara berdengung ketika berbicara. Dengungan ini terkadang masih ada meskipun anak sudah menjalani operasi langit-langit sumbing. Anak juga dapat mengalami gangguan pada saat berbicara akibat perubahan bentuk bibir dan mulut. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat meminta bantuan terapis untuk melatih anak berbicara dengan baik.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Anak Menjalani Operasi Bibir Sumbing?

Anda akan diberikan instruksi oleh dokter untuk menjaga luka operasi tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Selain itu, luka operasi tidak boleh teregang atau tertekan selama masa pemulihan, yaitu sekitar 3-4 minggu. Anda harus menjaga agar tangan anak tidak menyentuh dan mengganggu jahitan operasi, sehingga pemulihan dapat berlangsung dengan maksimal.

Selama masa pemulihan, anak Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan cair. Jika kondisi anak tidak memungkinkan untuk disusui ibu, dokter akan memberikan botol yang didesain khusus bagi anak yang menderita bibir dan langit-langit sumbing. Pemulihan pasca operasi bibir dan langit-langit sumbing umumnya berjalan tanpa adanya masalah atau komplikasi serius. Setelah selesai menjalani operasi, anak Anda diharuskan untuk menjalani pemeriksaan pendengaran kembali.

Adakah Risiko dari Operasi Bibir Sumbing?

Operasi bibir dan langit-langit sumbing aman untuk dijalani. Namun seperti juga prosedur bedah lainnya, operasi bibir dan langit-langit sumbing tetap berisiko menimbulkan komplikasi, seperti perdarahan, infeksi, gangguan pernapasan, dan reaksi alergi terhadap obat-obatan.