Estimasi Biaya Sedot Lemak

Sedot Lemak

Berapa Biaya Sedot Lemak?

Biaya sedot lemak sangat bervariasi, bergantung kepada beberapa hal, seperti dokter bedah plastik yang melakukan, klinik atau rumah sakit yang menyelenggarakan, dan metode sedot lemak yang digunakan. Di Indonesia, biaya sedot lemak dapat dimulai dari Rp. 40.000.000 hingga lebih dari Rp. 70.000.000. Dianjurkan mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan, misalnya untuk kebutuhan rawat inap.

Apa Itu Sedot Lemak?

Prosedur bedah yang dilakukan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

Apa Kegunaan Sedot Lemak?

Untuk memperbaiki bentuk wajah dan tubuh, seperti leher, perut, paha, pinggul, lutut, bokong, atau pergelangan kaki. Selain itu, sedot lemak juga dapat dilakukan untuk menangani kondisi kesehatan tertentu.

Apakah Sedot Lemak Dapat Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan?

Sedot lemak bukanlah prosedur yang bertujuan untuk menurunkan berat badan tanpa mengatur pola makan dan olahraga, dan tidak dianjurkan sebagai penanganan utama untuk obesitas.

Apakah Saya Boleh Melakukan Sedot Lemak?

Anda diperbolehkan untuk melakukan tindakan sedot lemak selama kondisi Anda sehat secara umum dan tidak memiliki penyakit.

Kondisi Seperti Apa yang Membuat Saya Tidak Dapat Melakukan Sedot Lemak?

  • Bila Anda minum pengencer darah dan tidak boleh dihentikan.
  • Baru menjalani pola diet ketat sangat rendah kalori.
  • Memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes atau gangguan sistem imunitas.
  • Mengalami obesitas parah yang sudah mengganggu aktivitas dan kesehatan.

Apa Syarat untuk Melakukan Sedot Lemak?

Anda disarankan untuk memiliki berat badan normal atau setidaknya 30 persen dari berat badan ideal, tidak merokok maupun minum minuman beralkohol, dan memiliki kulit yang masih kenyal.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Sedot Lemak?

Anda disarankan untuk didampingi keluarga atau kerabat saat menjalani sedot lemak, dari awal sampai selesai. Kesehatan Anda akan dievaluasi sebelum tindakan, dan akan dilakukan pemeriksaan darah dan urine satu hari sebelum tindakan. Bagian tubuh yang akan disedot lemaknya juga akan difoto sebagai perbandingan dengan setelah tindakan.

Bagaimana Sedot Lemak Dilakukan?

Prosedur sedot lemak sangat bergantung dari metode yang digunakan. Berikut tahapan sedot lemak secara umum:

  1. Pemberian bius lokal atau umum.
  2. Lemak akan dihancurkan sesuai metode yang digunakan.
  3. Dokter akan membuat sayatan kecil untuk memasukkan canulla (selang penyedot dengan ujung tajam) ke dalam kulit yang berisi kumpulan lemak.
  4. Kumpulan lemak kemudian disedot dengan pompa.
  5. Selang kecil dipasangkan di daerah lemak yang baru disedot untuk mengeluarkan sisa cairan dan darah yang dapat muncul selama beberapa hari setelah prosedur.

Apa Saja Metode Sedot Lemak?

Sedot lemak terbagi berdasarkan metode penghancuran lemak, yaitu tumescent liposuction, ultrasound-assisted liposuction (UAL), laser-assisted liposuction (LAL), power-assisted liposuction (PAL), dan super-wet technique. Tumescent liposuction merupakan teknik yang paling sering digunakan.

Berapa Lama Sedot Lemak Berlangsung?

Umumnya berlangsung 1-3 jam, namun bergantung kepada metode sedot lemak yang digunakan.

Apa Dibutuhkan Rawat Inap?

Kebutuhan akan rawat inap tergantung dari jumlah lemak yang disedot, jenis bius yang diberikan, dan komplikasi yang timbul. Biasanya Anda diperbolehkan pulang. Bila diperbolehkan pulang, Anda tidak diperkenankan menyetir sendiri.

Apa yang Terjadi setelah Sedot Lemak?

Anda akan memakai perban atau korset elastis di daerah operasi selama 2 minggu setelah sedot lemak. Perban boleh dilepas saat mandi.

Apa yang Saya Rasakan setelah Sedot Lemak?

Anda akan merasa nyeri, kesemutan, mati rasa, bengkak, dan memar di area tindakan sedot lemak, selama 5-10 hari. Untuk mengurangi keluhan ini, Anda akan diberikan obat antiradang.

Berapa Lama Saya Dapat Pulih Total?

Dalam beberapa hari Anda sudah diperbolehkan untuk bekerja kembali, namun membutuhkan waktu hingga 2 minggu sampai keadaan pulih total. Walaupun sudah pulih, Anda tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat selama 4 minggu.

Berapa Lama Saya Dapat Melihat Hasil Tindakan?

Hasil dari sedot lemak mungkin baru tampak 6 bulan setelah sedot lemak, setelah bengkak di area tersebut benar-benar hilang

Apa Saja Risiko Sedot Lemak?

Infeksi bakteri Streptococcus atau Staphylococcus, perdarahan, syok, kantong cairan yang terbentuk di bawah kulit, emboli lemak, kulit tidak rata, efek samping dan reaksi alergi obat bius, mati rasa di sekitar kulit, kerusakan saraf, pembuluh darah, otot, paru-paru, dan perut. Namun risiko bisa diperkecil dengan memilih dokter bedah plastik yang kompeten, dan dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas yang baik.