Estimasi Biaya Tummy Tuck

Tummy Tuck

Berapa Biaya Tummy Tuck?

Biaya untuk melakukan tummy tuck atau abdominoplasti bervariasi, tergantung dari jenis operasi yang akan dilakukan dan rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di Thailand, biaya tummy tuck dapat dimulai dari Rp. 110.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Tummy Tuck?

Tummy tuck atau abdominoplasti adalah prosedur operasi untuk memperbaiki bentuk perut dengan menghilangkan kulit dan lemak berlebih, serta mengencangkan otot perut.

Pada Kondisi Apa Tummy Tuck Disarankan untuk Dilakukan?

Tummy tuck dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang pernah mengalami obesitas, namun masih memiliki lemak berlebih serta memiliki area kulit yang kendur di perut dan sekitarnya. Selain itu, operasi ini juga bisa menjadi alternatif bagi wanita dengan kulit dan otot perut yang kendur setelah beberapa kali hamil.

Hal Apa Saja yang Membuat Saya Sebaiknya Tidak Melakukan Tummy Tuck?

Masih berencana untuk hamil.

Apakah Tummy Tuck Bisa untuk Menurunkan Berat Badan?

Bisa. Namun tidak signifikan dan tummy tuck bukan solusi untuk mengurangi berat badan secara instan.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan sebelum Tummy Tuck?

Konsultasi dengan dokter, hentikan kebiasaan merokok sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum tummy tuck, serta terapkan pola makan dengan gizi yang seimbang dan hindari diet terlalu ketat.

Bagaimana Proses Tummy Tuck?

Tummy tuck diawali dengan pemberian bius total, sehingga pasien akan tertidur selama operasi dilakukan. Kemudian kulit dan lemak di perut akan dibuang serta otot perut akan dikencangkan. Selanjutnya menyatukan kembali sisa kulit dan lemak di perut. Banyaknya kulit yang dibuang sesuai dengan jenis tummy tuck yang dilakukan, apakah parsial, lengkap, atau sirkumferensial.

Berapa Lama Tummy Tuck berlangsung?

Biasanya 2-5 jam, tergantung pada kondisi pasien.

Berapa Lama Pemulihan pasca Tummy Tuck?

Butuh setidaknya waktu 6 minggu untuk menyembuhkan luka pasca operasi tummy tuck. Setelah itu, pasien dapat kembali melakukan aktivitasnya secara normal.

Apa yang Saya Rasakan selama Masa Pemulihan?

Umumnya Anda akan merasa nyeri dan bengkak di sekitar perut. Nyeri ini dapat bertahan selama beberapa minggu, sehingga diperlukan pemberian obat pereda nyeri.

Apa yang Perlu Saya Lakukan selama Masa Pemulihan?

Dokter bisa menyarankan Anda untuk mengenakan korset khusus untuk mempercepat kesembuhan dan meredakan bengkak, serta konsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Anda akan diminta untuk membatasi kegiatan selama masa pemulihan.

Apa Saja Risiko atau Komplikasi yang Mungkin Terjadi?

Tummy tuck berisiko menimbulkan komplikasi berupa infeksi, gangguan pernapasan, gumpalan darah, hematoma, dan jaringan parut (bekas luka).