Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin

Tindakan Medis

Terdapat 43 tindakan medis dari 12 kategori

Pemeriksaan kesehatan secara lengkap dan menyeluruh.

Metode pemindaian untuk melihat pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke jantung. Metode ini dikerjakan dengan bantuan komputer, sehingga tidak memerlukan kateter.

Metode pemeriksaan jantung dengan menggunakan gelombang suara untuk mendapatkan gambaran jantung dan melihat adanya cairan yang terkumpul di dalam ruang-ruang jantung.

Salah satu bagian dari pemeriksaan jantung yang umumnya terdiri dari latihan treadmill dan EKG. Pemeriksaan ini dilakukan agar dokter bisa mengetahui respons yang ditunjukkan pasien ketika jantung bekerja keras

Prosedur diagnostik yang digunakan untuk memeriksa kondisi jantung. TEE dimasukkan ke dalam esofagus atau tenggorokan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi pasien.

Proses pencucian darah oleh sebuah mesin, untuk menyaring dan membuang kotoran dari darah sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit di dalam darah. Prosedur ini biasanya dilakukan pada penderita gagal ginjal.

Foto Rontgen pada payudara, yang digunakan untuk memeriksa kemungkinan adanya kanker payudara. Metode ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi dini (skrining) kanker payudara.

Dari Rp 200.000


Bagian dari persiapan seseorang yang akan atau sedang mengandung. Dalam hal ini, dokter akan memberikan nasihat dan saran kepada pasien tentang bagaimana menjaga kesehatan ibu dan bayi.

* Harga belum termasuk biaya obat-obatan, laboratorium, dan tindakan medis lainnya.

Konsultasi atau tanya jawab yang dilakukan ibu hamil atau menyusui dengan dokter spesialis kehamilan, tentang segala hal yang berkaitan dengan kegiatan menyusui paska melahirkan.

Dari Rp 7.500.000

Harga tergantung jenis kelas :

Kelas VVIP : >Rp 15.000.000

Kelas VIP : Rp 10.000.000 - Rp 15.000.000

Kelas 1 : Rp 8.000.000 - Rp 13.000.000

Kelas 2 : Rp 7.500.000

Proses melahirkan bayi secara alami melalui vagina. Karena prosesnya alami (bukan dengan operasi caesar), penyembuhannya juga lebih cepat. Pasien hanya butuh istirahat selama 36 sampai 48 jam pasca melahirkan

Dari Rp 20.000.000

Harga tergantung jenis kelas :

Kelas VVIP : >Rp 35.000.000

Kelas VIP : Rp 29.000.000 - Rp 35.000.000

Kelas 1 : Rp 26.000.000 - Rp 29.000.000

Kelas 2 : Rp 20.000.000 - Rp 25.000.000

Prosedur medis yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi melalui celah sayatan pada perut serta rahim ibu, biasanya dibuat melintang persis di bawah garis perut

Tes untuk melihat keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi

Pemeriksaan untuk mendiagnosis terjadinya menopause atau berakhirnya masa menstruasi. Hal ini dilakukan dengan pemeriksaan fisik, tes darah, dan tes estradiol.

Dari Rp 60.000

Senam yang diperuntukkan secara khusus bagi ibu hamil, meliputi latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular. Senam hamil baik dilakukan pada semua usia kehamilan.

* Harga merupakan biaya per pertemuan

Rp 210.000 - Rp 500.000

Harga tergantung jenis dimensi

2D : Rp 210.000

3D : Rp 400.000

4D : Rp 500.000

Pemeriksaan kehamilan dengan bantuan gelombang suara untuk melihat kondisi bayi di dalam rahim

Terapi dengan memberikan arus listrik pada tubuh untuk perawatan medis, seperti mengobati nyeri, lemah otot, dan depresi. Listrik diyakini merupakan salah satu sumber pengobatan paling aman.

Proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, dan tindakan pencegahan. Tujuannya adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah mengalami cedera.


Terapi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bicara serta memahami dan mengekspresikan Bahasa, baik verbal maupun non verbal. Biasanya dilakukan pada penderita penyakit gagap.

Metode pengukuran kepala manusia melalui pemindaian radiografi. Metode ini banyak digunakan di berbagai cabang kedokteran, misalnya untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan gigi, serta operasi oral dan rahang.

Metode khusus dalam dunia kedokteran untuk mendapatkan gambar dari area tertentu di dalam tubuh. Metode ini digunakan untuk melihat fungsi dan anatomi organ tubuh sekaligus mendiagnosis penyakit tertentu.

Pemindaian yang dilakukan untuk mendiagnosis kondisi tertentu yang berhubungan dengan pelvic atau panggul. Pemeriksaan ini juga bisa menampilkan kondisi organ reproduksi jika dilakukan pada wanita.

Tindakan untuk menghilangkan noda kehitaman yang terdapat pada gusi akibat rokok, kopi, teh, atau zat warna lain. Prosedur ini sangat aman, tidak menimbulkan efek samping, dan hasilnya sangat optimal.

Rp 350.000 - Rp 3.500.000

Harga tergantung jenis gigi.

Gigi selain gigi bungsu Rp 350.000 - Rp 900.000

Gigi bungsu Rp 2.100.000 - Rp 3.500.000

Proses pencabutan gigi yang dinilai mengganggu. Sebelum mencabut gigi pasien, dokter akan memberikan suntikan anestesi lokal di sekitar gigi agar pasien tidak merasakan sakit yang berlebihan.

Prosedur medis untuk menambah jumlah tulang dan memperbaiki bentuk tulang agar bisa berfungsi dengan baik dalam menopang implan gigi. Cangkok ini bisa dilakukan dengan bahan sintetis atau bagian dari tubuh pasien.

Metode untuk melindungi dan mencegah gigi dari kerusakan. Flouride merupakan senyawa kimia yang bisa membuat gigi yang rusak atau mulai keropos menjadi lebih kuat.


Prosedur medis yang digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai struktur gigi. Prosedur ini diterapkan dengan bantuan radiasi dari radiografi.

Proses penggantian akar gigi dengan beberapa manfaat, misalnya memudahkan seseorang dalam berbicara, meningkatkan kepercayaan diri, menambah kenyamanan, serta menjaga kesehatan mulut

Dari Rp 7.000.000

Harga tergantung dari dokter yang menangani

Dokter Umum : Rp 7.000.000 - Rp 15.000.000

Dokter Spesialis : > Rp 15.000.000

Harga belum termasuk biaya obat-obatan, laboratorium, dan tindakan medis lainnya

Pemasangan perangkat medis berupa kawat untuk merapikan bentuk dan susunan gigi. Selain karena alasan medis, seseorang memasang kawat gigi untuk mendukung penampilan.

Prosedur medis yang dilakukan untuk mengobati infeksi yang terjadi di akar gigi. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang hidup di mulut kemudian juga menyerang gigi.

Metode pengobatan terhadap masalah yang terjadi pada gusi. Umumnya, pengobatan ini dilakukan dengan laser untuk membuang jaringan gusi yang meradang di sekitar akar gigi.

Dari Rp 300.000

Pembersihan karang dan plak yang biasanya menumpuk di bagian dasar gigi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan gigi, membantu mencegah peradangan, dan penyebaran penyakit yang bisa merusak gusi.

* Harga belum termasuk biaya obat-obatan, laboratorium, dan tindakan medis lainnya.

Rp 300.000 - Rp 700.000

Proses penambalan pada lubang yang terdapat pada gigi. Metode ini dilakukan untuk menutup lubang pada mahkota gigi agar tidak menjadi jalan masuk bagi virus dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi, rasa nyeri dan bau mulut

* Harga belum termasuk biaya obat-obatan, biaya administrasi dan tindakan medis lainnya

Pengobatan dengan menggunakan suhu panas dan energi elektromagnetik yang dihasilkan oleh arus bolak-balik berfrekuensi 2450 MHz dengan panjang gelombang 12,25 cm.

Radiasi elektromagnetik yang dapat digunakan pada berbagai macam kondisi penyakit. Radiasi ini berfungsi meningkatkan metabolisme, mencegah kerusakan sel, serta meringankan peradangan.

Peralatan medis yang menggunakan energi listrik sebagai perangsang sistem saraf melalui permukaan kulit yang telah terbukti efektif untuk menghilangkan nyeri.

Metode pengobatan yang menggunakan teknologi ultrasound atau gelombang suara untuk merangsang jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. terapi ini sering digunakan dalam pengobatan musculoskeletal.

Konsultasi yang dilakukan pasien dengan dokter spesialis mata untuk memeriksa, mencegah, atau memberikan penanganan terbaik ketika terjadi gangguan pada mata.

Pelayanan yang diberikan kepada anak-anak untuk mengembangkan, memelihara, atau mengembalikan kemampuan gerak dan fungsi tubuh anak secara maksimal.

Diskusi yang dilakukan oleh dokter dengan pasien untuk mendapatkan informasi tentang alergi yang terjadi pada anak-anak. Alergi pada anak bisa terjadi di kulit, hidung, alergi makanan, atau binatang.

Diskusi yang dilakukan dengan dokter untuk mendapatkan informasi tentang kondisi kejiwaan anak. Konsultasi bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan maupun pengobatan terhadap gangguan jiwa

Kegiatan dengan melakukan pijatan-pijatan lembut pada beberapa bagian tubuh bayi, seperti tangan, kaki, atau punggung. Pijatan ini bisa memperlancar sirkulasi darah dan pencernaan, serta membuat bayi menjadi rileks.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyimpangan atau keterlambatan perkembangan pada anak. Skrining ini bisa dilakukan setiap 3 – 6 bulan sekali.

Konsultasi atau layanan tanya jawab antara dokter kulit atau klinik kulit dengan pasien yang mengalami masalah kulit. Misalnya, gangguan pada kulit, kulit kepala, rambut, kuku, bibir, dan mulut.