Estimasi Biaya Kolonoskopi

Kolonoskopi

Berapa Biaya Kolonoskopi?

Biaya kolonoskopi bervariasi, tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dimulai dari Rp. 3.382.000 hingga lebih dari Rp. 11.000.000. Sementara itu di Singapura, biaya kolonoskopi dapat dimulai dari Rp. 13.749.400. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Kolonoskopi?

Prosedur yang dilakukan untuk memeriksa kondisi usus besar guna mendeteksi adanya ketidaknormalan pada usus besar.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Kolonoskopi Dilakukan?

Wanita hamil, menderita megakolon, menderita kolitis ulseratif atau Crohn’s disease, menderita penyakit jantung atau paru-paru, penderita diabetes, sedang mengonsumsi pengencer darah atau suplemen zat besi, serta riwayat alergi terhadap obat bius.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan sebelum Kolonoskopi?

Anda akan diminta untuk menghindari makanan padat dan hanya mengonsumsi air putih sehari sebelum kolonoskopi, mengonsumsi obat pencahar pada malam sebelum tindakan, dan berpuasa mulai tengah malam sebelum pelaksanaan. Ajak pendamping untuk menemani Anda saat pemeriksaan dan mengantar Anda pulang nanti.

Seperti Apa Bentuk Alat Kolonoskopi?

Selang lentur berdiameter 1,5 cm dan dilengkapi dengan kamera.

Bagaimana Proses Kolonoskopi?

Dokter akan memberikan obat bius pada awal prosedur. Anda diminta berbaring menyamping dengan mengangkat lutut hingga menyentuh dada. Selanjutnya kolonoskop dimasukkan melalui dubur menuju usus besar. Setelah itu, tekanan udara diberikan untuk mengembangkan usus sehingga dinding usus terlihat jelas. Pada tahap ini, Anda akan diminta menarik napas panjang untuk meredakan kram yang biasa terjadi. Bila perlu, sampel jaringan usus akan diambil oleh dokter untuk dianalisis (biopsi).

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan?

30 menit hingga satu jam.

Apakah Saya Membutuhkan Rawat Inap?

Biasanya setelah tindakan kolonoskopi Anda diperbolehkan pulang, kecuali ada penyakit lain atau komplikasi yang menyertai. Anda hanya diminta menunggu 1-2 jam di rumah sakit sampai efek obat bius berkurang.

Apa yang Dirasakan setelah Kolonoskopi?

Anda dapat merasakan sedikit kram dan kembung pada perut, di mana kondisi ini dapat mereda tanpa penanganan khusus. Perdarahan dari dubur selama 1-2 hari setelah tindakan juga dapat terjadi bila pemeriksaan disertai dengan pengangkatan polip.

Apa yang Harus Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan setelah Kolonoskopi?

Anda disarankan untuk beristirahat selama sehari penuh pasca kolonoskopi. Hindari aktivitas berkendara selama 24 jam pascaprosedur. Anda diperbolehkan makan dan minum seperti biasa segera setelah tindakan, dan melakukan kegiatan seperti biasa pada hari berikutnya apabila kondisi sudah benar-benar pulih.

Apa Risiko yang Mungkin Timbul setelah Kolonoskopi?

Kolonoskopi merupakan tindakan yang aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi adalah robeknya dinding usus besar, nyeri perut hebat, dan reaksi alergi serta efek samping dari obat bius.