Estimasi Biaya Operasi Turun Berok

Operasi Turun Berok

Berapa Biaya Operasi Turun Berok?

Beberapa rumah sakit swasta di Jakarta dan Tangerang menawarkan biaya operasi turun berok mulai dari Rp 12.000.000 hingga lebih dari Rp 24.000.000.

Apa Itu Operasi Turun Berok?

Operasi turun berok adalah operasi untuk menangani hernia dengan memperkuat dinding perut tempat organ dalam menonjol keluar.

Apakah Setiap Orang yang Menderita Turun Berok Harus Menjalani Operasi?

Tidak semua penderita hernia perlu dioperasi, tetapi perlu diingat bahwa hernia tidak dapat sembuh sendiri tanpa operasi. Namun bila hernia membesar dan menyebabkan nyeri, operasi perlu segera dilakukan. Begitu pula bila hernia tidak bisa dikembalikan dan berisiko terjepit.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Perlu Berhati-hati sebelum Menjalani Operasi Turun Berok?

Bagi Anda yang memiliki infeksi kulit, infeksi saluran pernapasan atas, atau diabetes tipe 2, dianjurkan berhati-hati sebelum menjalani operasi turun berok. Diskusikan dengan dokter sebelum operasi, jika Anda mengalami konstipasi kronis, memiliki alergi terhadap obat bius, atau gangguan pembekuan darah.

Apa yang Perlu Saya Lakukan sebelum Menjalani Operasi Turun Berok?

Anda perlu memberi tahu dokter tentang riwayat kesehatan dan pengobatan apa yang sedang Anda jalani, serta menjalani beberapa pemeriksaan untuk persiapan operasi. Anda juga disarankan mengajak keluarga atau teman untuk mendampingi selama dan setelah operasi. Jika Anda merokok, berhentilah merokok beberapa hari sebelum operasi. Anda juga akan diminta untuk menghentikan obat pengencer darah beberapa hari sebelum tindakan.

Bagaimana Proses Operasi Turun Berok?

Sebelum operasi turun berok dilakukan, Anda akan dibius terlebih dulu. Setelah itu, dokter akan memberi sayatan pada dinding perut di atas area hernia, lalu mendorong hernia masuk ke dalam rongga perut. Setelah itu, dokter akan memperkuat dinding perut bagian dalam tempat hernia menonjol, dengan jahitan. Jika lubang tempat keluar hernia cukup besar, dokter akan menggunakan jaring sintetis (mesh) untuk menutup dan memperkuat lubang tersebut, agar hernia tidak kambuh kembali. Proses diakhiri dengan menutup sayatan operasi.

Berapa Lama Proses Pemulihan dari Operasi Hernia?

Proses pemulihan hernia berlangsung selama 3 hingga 6 minggu

Apa Yang Harus Saya Lakukan selama Masa Pemulihan Tersebut?

Anda disarankan tidak melakukan aktivitas berat dan banyak beristirahat selama masa pemulihan. Hindari berhubungan seksual sampai 3 minggu, dan jangan melakukan aktivitas berat atau mengangkat beban berat hingga 6 minggu pasca operasi. Jika area bekas sayatan membengkak, kompres dengan kantung es. Segera beri tahu dokter jika Anda mengalami demam atau perdarahan.

Apa Saja Komplikasi yang Mungkin Saya Alami setelah Operasi Turun Berok?

Operasi turun berok pada umumnya aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Komplikasi dapat terjadi apabila Anda memiliki alergi terhadap obat bius. Selain itu, nyeri, perdarahan dan infeksi pada area bekas operasi juga mungkin terjadi. Komplikasi lainnya adalah kerusakan pada organ dalam perut, gangguan pada organ reproduksi pria, dan hernia kambuh kembali.

Kondisi Apa Saja yang Dapat Meningkatkan Risiko Hernia Kambuh Kembali?

Bila Anda menderita sirosis, pembesaran prostat, atau pernah menjalani radioterapi di daerah perut.