Estimasi Biaya Bedah Mulut

Bedah Mulut

Berapa Biaya Bedah Mulut?

Bedah mulut merupakan prosedur bedah yang cukup rumit pengerjaannya dan membutuhkan keahlian khusus. Biaya prosedur ini belum mencakup biaya konsultasi, obat-obatan, dan rawat inap jika diperlukan. Di sejumlah rumah sakit swasta di Indonesia, biaya bedah mulut dapat dimulai dari Rp. 3.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Bedah Mulut?

Bedah mulut adalah suatu tindakan bedah untuk mengobati kelainan rongga mulut dan kelainan yang terjadi pada rahang, baik rahang atas maupun rahang bawah.

Apa Saja Contoh TIndakan yang Dilakukan oleh Dokter Bedah Mulut?

Beberapa tindakan yang paling sering dilakukan oleh dokter bedah mulut adalah:

  • Implan gigi. Bertujuan untuk mengganti akar gigi dan gigi yang hilang dengan akar gigi buatan (implan) yang ditanam ke dalam gusi.
  • Operasi gigi bungsu. Bertujuan untuk mencabut gigi bungsu yang terjebak di dalam gusi (impaksi), tumbuh pada arah yang tidak benar, atau tulang rahang anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuhnya gigi bungsu.  
  • Operasi rahang. Bertujuan untuk memperbaiki kelainan pada rahang Anda, baik pada rahang atas (maksila) atau pada rahang bawah (mandibula).

Kapan Saya Perlu Menjalani Bedah Mulut?

Anda akan direkomendasikan oleh doker untuk menjalani operasi rahang jika menderita kelainan bentuk rahang yang menyebabkan sakit kepala berat, gangguan mengunyah (overbite, underbite, crossbite), dan gangguan tidur (sleep apnea). Anda juga dapat direkomendasikan untuk menjalani operasi gigi bungsu jika menderita impaksi gigi bungsu, penyakit gusi, timbulnya abses, kista, dan selulitis akibat gigi bungsu.

Jika Anda mengalami kehilangan gigi satu buah atau lebih, Anda dapat menjalani pemasangan implan gigi untuk mengganti gigi yang hilang.

Adakah Kondisi yang Menyebabkan Saya Tidak Bisa Menjalani Bedah Mulut?

Beberapa kondisi dapat menyebabkan Anda tidak bisa menjalani bedah mulut. Di antaranya adalah:

  • Menderita diabetes atau penyakit jantung.
  • Sedang menjalani radioterapi di daerah leher atau kepala.
  • Merupakan seorang perokok berat.
  • Menderita penyakit liver atau ginjal stadium lanjut.
  • Hipertensi.
  • Limfoma.
  • Menderita gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia.

Bagaimana Persiapan Saya sebelum Menjalani Bedah Mulut?

Sebelum menjalani bedah mulut, Anda akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu, seperti foto Rontgen, CT scan, atau MRI, serta pembuatan model mulut dan gigi pasien berdasarkan hasil pemindaian tersebut. Anda akan diberitahu mengenai obat ius yang akan digunakan, umum atau total.

Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Bedah Mulut?

Anda akan ditempatkan di meja operasi dengan posisi sesuai kebutuhan. Anda kemudian akan diberikan obat bius, baik bius lokal atau total. Bedah mulut akan diawali dengan pembuatan irisan (insisi) dari dalam rongga mulut, misalnya pada gusi atau irisan dari luar. Selanjutnya, tindakan yang dilakukan akan sesuai dengan jenis tindakan, misalnya dokter akan memotong gigi bungsu menjadi beberapa bagian dan mengakat gigi bungsu dari gusi pada operasi gigi bungsu. Kemudian luka irisan akan dijahit kembali, dan bila diperlukan dokter akan memasang perban untuk membantu menghentikan perdarahan. Setelah operasi selesai dilakukan, Anda akan dibawa ke ruang khusus untuk menjalani pemulihan, dan boleh pulang atau tidaknya tergantung jenis tindakan serta keadaan Anda.

Apa yang Saya Rasakan setelah Menjalani Bedah Mulut?

Anda dapat merasakan nyeri, bengkak, dan memar pada daerah yang menjalani operasi.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Bedah Mulut?

Anda sebaiknya beristirahat dan menghindari aktivitas fisik berat selama beberapa hari setelah menjalani operasi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama masa pemulihan adalah makanan lunak, tidak keras, dan tidak pedas atau panas karena dapat menyebabkan luka operasi menjadi sakit. Untuk meredakan pembengkakan dan memar, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan air dingin atau es.

Jika menyikat gigi masih menimbulkan sakit di daerah operasi, Anda dapat membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur yang sudah diberikan dokter. Dokter juga akan mengatur jadwal check up untuk memantau masa pemulihan pasca operasi.

Adakah Risiko Menjalani Bedah Mulut?

Bedah mulut adalah prosedur yang aman untuk Anda jalani. Namun, beberapa komplikasi masih dapat muncul meskipun jarang terjadi. Komplikasi yang umumnya timbul dapat berupa perdarahan, kerusakan jaringan saraf dan pembuluh darah, infeksi, serta patah tulang rahang.