Estimasi Biaya Cabut Gigi

Cabut Gigi

Berapa Biaya Cabut Gigi?

Besarnya biaya cabut gigi bervariasi, tergantung berapa gigi yang dicabut, ada tidaknya penyulit saat tindakan, dan di rumah sakit mana Anda menjalani prosedur ini. Biaya cabut gigi di salah satu rumah sakit di Semarang dimulai dari Rp. 150.000 per gigi. Sedangkan di beberapa rumah sakit di Jakarta, biaya cabut gigi dimulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 500.000 per gigi.

Apa itu Cabut Gigi?

Cabut gigi adalah operasi untuk mencabut gigi dari gusi, yang umumnya dilakukan pada gigi yang rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki.

Kondisi Apa yang Mengharuskan Dilakukan Cabut Gigi?

Cabut gigi dilakukan pada kondisi gigi berlubang, gigi goyang disertai kumpulan nanah, gigi tidak rata, infeksi gigi, gigi patah, infeksi gusi, dan gigi rusak karena luka serius.

Kondisi Apa yang Harus Berhati-Hati Melakukan Cabut Gigi?

Hati-hati jika gigi yang akan dicabut dekat dengan jaringan tumor ganas, atau dekat area yang pernah dilakukan radioterapi. Penderita tekanan darah tinggi, diabetes, limfoma, leukemia, dan wanita hamil juga disarankan berhati-hati. Pasien yang sedang demam atau mual muntah sebelum cabut gigi, akan disarankan untuk menunda dan menjadwalkan ulang cabut gigi.

Apa yang Harus Dipersiapkan sebelum Cabut Gigi?

Beri tahu dokter riwayat kesehatan dan pengobatan apa yang sedang dijalani. Anda juga akan diberikan antibiotik sebelumnya, bila terdapat infeksi. Dokter akan melakukan pemeriksaan Rontgen gigi dan meminta Anda untuk tidak merokok sebelum tindakan.

Bagaimana Proses Cabut Gigi?

Sebelum cabut gigi, pasien akan dibius terlebih dulu. Biasanya dilakukan pembiusan lokal. Setelah itu, dokter akan menggoyang gigi hingga gigi terasa cukup kendur, kemudian dicabut. Setelah gigi berhasil dicabut, dokter akan memberikan kasa untuk digigit pada lubang bekas gigi yang dicabut, agar pendarahan terhenti dan bekuan darah terbentuk.

Apa yang Harus Dilakukan setelah Cabut Gigi?

Gigit kapas yang ditempelkan di gusi tempat gigi dicabut selama 3-4 jam, dan jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Konsumsi makanan lembut dan gunakan sisi mulut yang tidak sakit. Hindari minum dengan sedotan, berkumur, dan menyikat gusi tempat gigi yang dicabut, selama 24 jam.

Apa Efek Samping Cabut Gigi?

Meski jarang, cabut gigi bisa menyebabkan dry socket, cedera pada saraf trigeminus, infeksi, dan perdarahan.