Estimasi Biaya Gigi Palsu

Gigi Palsu

Berapa Biaya Gigi Palsu?

Biaya pemasangan gigi palsu bervariasi, tergantung dari jenis penggantian yang akan dilakukan, apakah sebagian atau seluruh gigi. Selain itu, biaya juga tergantung dari tarif dokter dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Sebagai acuan, di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dimulai dari Rp. 200.000 hingga lebih dari Rp. 2.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Gigi Palsu?

Gigi palsu atau denture adalah alat prostetik yang umumnya terbuat dari plastik akrilik, logam, ataupun nilon, untuk menggantikan gigi yang sudah hilang beserta jaringan gusi di sekelilingnya.

Kapan Saya Memerlukan Gigi Palsu?

Ketika Anda kehilangan gigi tetap dan muncul gangguan, seperti mengunyah makanan atau berbicara, akibat hilangnya gigi. Umumnya, tanggalnya gigi tetap terjadi di usia lanjut.

Ada Berapa Jenis Gigi Palsu?

Berdasarkan jumlahnya, gigi palsu dapat dibagi menjadi dua, yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap. Gigi palsu sebagian digunakan untuk mengganti satu atau beberapa gigi yang lepas. Sedangkan gigi palsu lengkap digunakan untuk mengganti seluruh gigi yang hilang, baik gigi atas maupun gigi bawah.

Adakah Risiko Menggunakan Gigi Palsu?

Umumnya jika dirawat dengan baik, gigi palsu cukup aman untuk dipakai. Akan tetapi jika tidak dirawat dengan baik, gigi palsu justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti plak pada lidah dan gigi palsu, radang gusi, infeksi jamur Candida albicans, atau pneumonia.

Bagaimana Persiapan sebelum Memasang Gigi Palsu?

Pasien akan dipasang gigi palsu percobaan terlebih dahulu untuk mengukur dan mendapatkan gambaran bentuk gigi dan mulut. Dokter gigi juga akan mencocokkan warna gusi dan mulut dengan gigi palsu yang akan dipakai. Bila akan dipakai gigi palsu lengkap, dokter gigi akan mencabut gigi Anda terlebih dahulu.

Bagaimana Prosedur Pemasangan Gigi Palsu?

Dokter gigi terlebih dahulu mencetak model lilin atau plastik untuk mendapatkan gambaran gigi yang akurat. Model lilin ini dipakaikan kepada pasien untuk mencocokkan bentuk, agar gigi palsu yang dicetak dapat dipakai dengan pas. Dokter dan teknisi kemudian mencetak model gigi palsu tersebut selama beberapa hari. Setelah jadi, dokter akan memeriksa kembali kondisi gigi dan gusi sebelum pemasangan gigi palsu. Setelah itu, gigi palsu dapat dipasang. Khusus untuk pemasangan gigi palsu lengkap, proses pembuatan gigi palsu dilakukan setelah gusi sembuh sempurna pasca pencabutan gigi.

Jadi Bila Ingin Menggunakan Gigi Palsu Lengkap, Saya Harus Mengalami Periode Tanpa Gigi?

Tidak selalu. Metode yang disebutkan di atas adalah metode konvensional. Ada metode lain yang dinamakan gigi palsu segera, yaitu pembuatan gigi palsu yang dilakukan sebelum gigi asli dicabut.

Adakah Kerugian dari Memasang Gigi Palsu Segera?

Bentuk gigi palsu mungkin perlu disesuaikan, karena gusi akan mengecil selama proses penyembuhan pasca cabut gigi.

Adakah Cara agar Gigi Palsu Tidak Mudah Lepas?

Terdapat lem khusus untuk menempelkan gigi palsu pada rongga mulut. Gigi palsu yang sering lepas ini umumnya terjadi pada penderita stroke atau mulut kering.

Bagaimana Perawatan setelah Pemasangan Gigi Palsu?

Langkah-langkah perawatan gigi palsu adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan gigi palsu tiap malam agar mulut dan gusi dapat beristirahat.
  • Setelah dilepaskan, bersihkan gigi palsu dengan sikat dan pasta gigi khusus, lalu rendam di dalam air bersih. Air tersebut dapat ditambahkan pembersih untuk gigi palsu agar dapat membantu membersihkan gigi palsu.
  • Jika tidak sedang digunakan, simpan gigi palsu di dalam wadah berair untuk mencegah kekeringan. Jangan gunakan air panas untuk merendam gigi palsu.
  • Pada saat membersihkan atau merawat gigi palsu, alasi lantai dengan keset atau handuk untuk mencegah gigi palsu jatuh ke lantai dan rusak.
  • Periksa gigi palsu secara rutin untuk memantau jika terdapat keretakan.