Estimasi Biaya Pemutihan Gigi

Pemutihan Gigi

Berapa Biaya Pemutihan Gigi?

Besaran biaya pemutihan gigi berbeda di setiap rumah sakit. Untuk rumah sakit swasta di Indonesia, dapat dimulai dari Rp 250.000 hingga Rp 5.000.000. Jika Anda ingin menjalani pemutihan gigi di luar negeri, Anda bisa mengunjungi salah satu rumah sakit swasta di Kuala Lumpur, yang menawarkan harga mulai dari Rp 5.000.000.

Apa Itu Pemutihan Gigi?

Pemutihan gigi adalah prosedur untuk mencerahkan gigi, dengan menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Siapa Saja yang Bisa Menjalani Pemutihan Gigi?

Pemutihan gigi bisa dijalani oleh siapa saja yang memiliki noda pada gigi, terutama yang memiliki kondisi gigi dan gusi yang sehat, serta tidak berlubang.

Apa yang Menyebabkan Saya Tidak Dapat Menjalani Pemutihan Gigi?

Anda tidak dapat menjalani prosedur pemutihan gigi jika Anda berusia di bawah 16 tahun, sedang hamil atau menyusui, memiliki gigi sensitif, atau memiliki masalah gigi dan gusi. Anda juga tidak disarankan menjalani pemutihan gigi jika Anda alergi terhadap bahan pemutih gigi. Bagi Anda yang pernah menjalani restorasi gigi, seperti veneer gigi, pemutihan gigi tidak dapat merubah warna gigi tiruan, sehingga dapat membuat perbedaan warna gigi.

Apa yang Biasanya Dokter Lakukan sebelum Pemutihan Gigi?

Dokter akan memotret gigi Anda sebelum dilakukan pemutihan gigi, sebagai pembanding sebelum dan setelah dilakukan pemutihan gigi.

Bagaimana Prosedur Pemutihan Gigi?

Dokter akan mengawali prosedur pemutihan gigi dengan memoles permukaan gigi Anda untuk menghilangkan plak, dan memakaikan Anda pelindung area mulut agar tidak terkena bahan pemutih gigi. Kemudian, cairan pemutih akan dioleskan pada permukaan gigi Anda. Prosedur dilanjutkan dengan penyinaran pada gigi menggunakan sinar laser atau ultraviolet selama 30-60 menit. Setelah itu, dokter akan membersihkan gigi dari pemutih dan melepaskan seluruh pelindung. Dokter juga akan mengoleskan fluoride pada gigi Anda untuk mengurangi rasa sensitif.

Hal Apa Saja yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Pemutihan Gigi?

Sikatlah gigi secara teratur, terutama setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat noda di gigi, seperti kopi, teh, saus atau jus tomat, wine, atau permen. Selain itu, gunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan di sela gigi. Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan. Bagi Anda yang masih merokok setelah menjalani pemutihan gigi, pemeriksaan harus dilakukan lebih rutin.

Apa Efek Samping yang Mungkin Saya Alami setelah Menjalani Pemutihan Gigi?

Pemutihan gigi umumnya akan membuat gigi Anda lebih sensitif, serta dapat menyebabkan iritasi ringan pada jaringan lunak di mulut, terutama gusi. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut hanya berlangsung sementara dan akan hilang 1-3 hari kemudian.