Estimasi Biaya Perawatan Akar Gigi

Perawatan Akar Gigi

Berapa Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi?

Biaya konsultasi kehamilan bervariasi, tergantung dokter gigi yang Anda pilih, jenis perawatan saluran akar gigi yang dilakukan, dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dimulai dari Rp 50.000 hingga lebih dari Rp 1.500.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar gigi adalah prosedur yang bertujuan untuk mengatasi kerusakan pada bagian tengah gigi atau disebut saluran akar gigi, serta mengobati infeksi dan pembusukan di daerah tersebut.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Perlu Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi?

Anda sebaiknya menjalani perawatan saluran akar gigi jika mengalami nyeri ketika mengonsumsi makanan atau minuman panas atau dingin, gigi terasa longgar, serta nyeri ketika menggigit atau mengunyah. Ditambah hasil foto Rontgen gigi menyatakan adanya infeksi pada daerah tersebut.

Apa yang Terjadi jika Infeksi Tersebut Dibiarkan?

Infeksi akan semakin parah, namun gejala infeksi yang sebelumnya Anda rasakan akan menghilang akibat matinya saraf pada gigi. Kondisi ini sebenarnya menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar ke daerah sekitar akar gigi.

Keluhan Apa yang akan Saya Rasakan jika Infeksi Telah Menyebar ke Akar Gigi?

Nyeri yang sebelumnya hilang juga bisa dirasakan, pembengkakan pada gusi dan wajah, gigi berubah menjadi gelap, serta keluar nanah pada gigi yang terinfeksi.

Bagaimana Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi yang Akan Saya Jalani?

Dokter gigi akan menyuntikkan obat bius lokal dan memasang alat dari karet, pada mulut dan sekitar gigi Anda. Dengan mengggunakan bor khusus, dokter akan membuka jalur menuju saluran akar dan membersihkannya dengan alat kikir. Setelah dibersihkan, dokter akan memberi Anda larutan berisi natrium hipoklorit untuk berkumur. Langkah selanjutnya, dokter akan menambal gigi yang telah dilubangi, bisa di hari yang sama atau beberapa hari berikutnya. Jika tidak langsung ditambal, dokter akan memberikan tambalan sementara untuk mencegah kontaminasi.

Apa yang Akan Saya Rasakan selama dan setelah Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi?

Anda akan merasa tidak nyaman selama prosedur berlangsung. Setelah itu, gigi Anda akan menjadi lebih sensitif karena peradangan jaringan gigi. Dokter akan memberikan obat-obatan antiradang untuk mengurangi gejala gigi sensitif.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi?

Sebaiknya hindari mengunyah di daerah gigi yang ditambal untuk mengurangi risiko kontaminasi pada gigi, serta jagalah kebersihan gigi dengan menyikat gigi secara teratur dan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin ke dokter gigi.

Komplikasi Apa yang Bisa Saya Alami setelah Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi?

Komplikasi yang bisa Anda alami adalah kambuhnya infeksi di dalam gigi. Kondisi ini lebih sering terjadi jika terdapat retakan pada akar gigi yang tidak terdeteksi, terdapat lebih dari satu saluran akar gigi yang terinfeksi, kerusakan bahan perekat, dan penambalan gigi yang tidak dilakukan dengan sempurna.