Estimasi Biaya Rontgen Gigi

Rontgen Gigi

Berapa Biaya Rontgen Gigi?

Biaya untuk melakukan Rontgen gigi bervariasi, tergantung dari teknik yang dilakukan dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dapat dimulai dari Rp. 65.000 hingga lebih dari Rp. 200.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Rontgen Gigi?

Rontgen gigi adalah metode pemeriksaan gigi menggunakan sinar Rontgen untuk melihat gambaran bagian dalam gigi dan gusi.

Apa Tujuan Menjalani Rontgen Gigi?

Rontgen gigi dapat dilakukan untuk:

  • Melihat permasalahan pada gigi, seperti pembusukan gigi, kerusakan tulang gigi, dan kerusakan akar gigi.
  • Memeriksa kelainan pertumbuhan gigi bungsu, misalnya tumbuh tidak dalam posisi yang benar dan menekan gigi di sebelahnya (impaksi gigi).
  • Memastikan gigi susu dapat tanggal sesuai waktunya, sehingga gigi tetap yang akan tumbuh menggantikan gigi susu tumbuh dengan benar.
  • Mencari adanya kista, abses, atau tumor pada mulut dan gusi.
  • Sebagai panduan dalam beberapa tindakan gigi, seperti pemasangan implan gigi atau kawat gigi.

Saya Ibu Hamil, Bolehkah Saya Melakukan Foto Rontgen Gigi

Walaupun sangat kecil risikonya terhadap kehamilan, namun foto Rontgen biasanya tidak direkomendasikan untuk ibu hamil kecuali untuk tindakan darurat atau apabila dirasa manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan risikonya. Bila dilakukan Rontgen gigi, harus menggunakan pelindung untuk menangkal radiasi sinar Rontgen pada kelenjar tiroid dan perut.

Adakah Risiko Menjalani Rontgen Gigi?

Radiasi yang dipancarkan sinar Rontgen dianggap aman bagi orang dewasa dan umumnya tidak mengakibatkan efek samping tertentu.

Bagaimana Persiapan sebelum Menjalani Pemeriksaan Rontgen Gigi?

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum menjalani pemeriksaan Rontgen gigi. Hanya saja Anda dianjurkan menggosok gigi sebelum menjalani pemeriksaan Rontgen gigi.

Bagaimana Rontgen Gigi Dilakukan?

Anda akan dipakaikan apron khusus untuk melindungi tubuh dari leher hingga ke bawah. Kemudian petugas akan memberikan Anda bahan film khusus untuk digigit dan untuk menangkap gambar sinar Rontgen. Sinar Rontgen akan ditembakkan ke sekitar mulut.

Apa yang Terjadi setelah Rontgen Gigi?

Pemeriksaan foto Rontgen bisa langsung mencetak hasil foto untuk ditinjau oleh dokter gigi. Jika terdapat penyakit atau permasalahan gigi, dokter akan mendiskusikan permasalahan tersebut dengan Anda dan merencanakan pengobatan yang perlu dilakukan.