Estimasi Biaya Scaling Gigi

Scaling Gigi

Berapa Biaya Scaling Gigi?

Biaya scaling gigi umumnya bervariasi, tergantung pada rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini dimulai dari Rp 250.000 hingga lebih dari Rp 500.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi.

Apa Tujuan Scaling Gigi?

Selain untuk membersihkan plak dan karang gigi, scaling gigi juga bertujuan untuk mengurangi asam dan enzim berlebih yang diproduksi bakteri dalam mulut, mengurangi risiko perdarahan dan pembengkakan jaringan akibat respons tubuh terhadap bakteri, mencegah penyakit periodontitis, serta memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi.

Siapa Saja yang Dapat Menjalani Scaling Gigi?

Setiap orang berisiko mengalami plak dan karang gigi, termasuk Anda. Namun, ada beberapa golongan orang yang lebih rentan terhadap pembentukan plak dan karang gigi, yaitu perokok aktif, sering mengonsumsi makanan manis dan mengandung tepung, mengonsumsi soda, teh, dan kopi, serta tidak membersihkan gigi secara rutin. Selain itu, scaling gigi juga dapat dilakukan jika Anda mengalami periodontitis kronis.

Apa Saja Gejala Plak dan Karang Gigi?

Kemunculan plak dan karang gigi umumnya tidak disadari, karena penumpukan terjadi secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala.

Kapan Sebaiknya Saya Menjalani Pemeriksaan Plak dan Karang Gigi?

Anda sebaiknya menjalani pemeriksaan plak dan karang gigi dua kali dalam setahun.

Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Menjalani Scaling Gigi?

Sebelum menjalani scaling gigi, sebaiknya memberi tahu dokter jika Anda:

  • Memiliki alergi terhadap kandungan obat bius.
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan, suplemen, atau produk herba (terutama obat pengencer darah).
  • Menggunakan sendi atau katup jantung buatan.
  • Memiliki gangguan pada katup jantung.
  • Pernah menjalani prosedur transplantasi.

Apa Saja yang Perlu Saya Jalani sebelum Menjalani Scaling Gigi?

Sebelum scaling gigi, Anda akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan (alergi atau penyakit yang pernah dimiliki) dan pemeriksaan kondisi gigi dan mulut.

Bagaimana Prosedur Scaling Gigi?

Dokter memberikan obat bius lokal sehingga Anda tidak merasa nyeri ketika proses pembersihan plak dan karang gigi. Dokter akan menggunakan alat pengikis ultrasonik untuk membersihkan dan menghilangkan plak serta karang gigi di sekitar email gigi. Selanjutnya, dokter akan membersihkan plak dan karang gigi yang sebelumnya tidak terjangkau alat ultrasonik dengan menggunakan alat pengikis manual atau scaler. Setelah proses pembersihan plak, dokter akan menginstruksikan Anda berkumur untuk menghilangkan sisa plak di dalam mulut. Langkah terakhir, dokter akan memoles gigi yang telah dibersihkan dengan alat pemoles.

Berapa Lama Proses Scaling Gigi?

Scaling gigi dapat selesai dalam satu kunjungan yang berlangsung 30-120 menit, tergantung kondisi dan jumlah plak dan karang gigi yang terdeteksi oleh dokter.

Apakah Saya Harus Menjalani Rawat Inap setelah Scaling Gigi?

Tidak perlu. Dokter akan memperbolehkan Anda pulang setelah menjalani scaling gigi.

Apa yang Akan Saya Rasakan setelah Menjalani Scaling Gigi?

Anda bisa mengalami rasa tidak nyaman pada mulut yang disebabkan pengaruh obat anestesi yang belum hilang sepenuhnya.

Apa yang Perlu Saya Lakukan setelah Menjalani Scaling Gigi?

Dokter akan meminta Anda untuk tidak makan dan minum selama 30-60 menit setelah menjalani scaling gigi. Anda juga sebaiknya menggunakan obat yang diberikan dokter untuk mencegah infeksi, mengendalikan rasa nyeri, dan membantu proses penyembuhan.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan untuk Mengurangi Risiko Plak Kembali Muncul?

Menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride dan triclosan, mengganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak, menggunakan benang gigi untuk membersihkan plak di antara gigi, mengurangi makanan manis, tidak merokok, serta menjalani pemeriksaan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Apa Saja Risiko Scaling Gigi?

Gigi sensitif, infeksi, rasa nyeri, pembengkakan atau perdarahan pada gusi, bibir kering dan pecah-pecah, serta bakteremia.