Estimasi Biaya Melahirkan Normal

Melahirkan Normal

Berapa Biaya Melahirkan Normal?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk prosedur melahirkan normal bervariasi tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya, kelas perawatan, obat-obatan yang digunakan, dan tindakan lain yang dilakukan saat proses persalinan. Di Indonesia, biaya melahirkan normal dimulai dari Rp.2.000.000 hingga lebih dari Rp.15.000.000. Sedangkan di Malaysia dimulai dari Rp. 6.500.000, Singapura Rp 48.000.000, dan di Thailand Rp. 35.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Melahirkan Normal?

Proses alami ketika ibu melahirkan bayi melalui vagina.

Kapan Saat yang Tepat untuk Melahirkan?

Saat usia kehamilan 37 hingga 42 minggu, dan sudah muncul tanda-tanda persalinan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Melahirkan Normal?

Pemilihan dokter kandungan (dan dokter anak), mempelajari proses melahirkan normal dengan ikut kelas persalinan atau berdiskusi dengan ibu yang sudah melahirkan normal, berolahraga, beli kebutuhan bayi, dan mempersiapkan kebutuhan untuk persalinan 4 minggu sebelum tanggal taksiran kelahiran.

Apakah Tanggal Taksiran Melahirkan Pasti Tepat?

Tanggal taksiran kelahiran dapat maju atau mundur sekitar 2 minggu.

Apa saja Tanda-tanda Seorang Wanita akan Melahirkan Normal?

Napas menjadi lebih ringan, semakin sering buang air kecil, keluar lendir yang mengandung darah dari vagina, nyeri punggung bawah, kontraksi yang timbul secara berkala setiap 10 menit, dan pecah ketuban. Keluarnya lendir darah merupakan tanda dari bukaan serviks

Apa yang Saya Alami sebelum Pembukaan Serviks Lengkap?

Terdapat 3 fase sebelum bukaan serviks lengkap:

  • Fase laten yang dapat berlangsung lama (5-18 jam). Ibu akan merasakan kontraksi ringan hingga sedang secara berkala selama 30-45 detik, dan memiliki jarak 5-20 menit.
  • Fase aktif dimulai ketika bukaan serviks sekitar 3-4 cm. Pada fase ini kontraksi menjadi semakin sering dan semakin lama dengan intensitas yang lebih berat.
  • Fase transisi, yaitu ketika kepala bayi mulai menurun. Fase ini menandakan kelahiran bayi sudah tidak lama lagi.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Saya ke Rumah Sakit?

Ketika fase aktif dimulai.

Apa yang Terjadi saat Melahirkan Normal?

Proses melahirkan normal terjadi ketika serviks sudah membuka sempurna. Pada tahap ini, kontraksi muncul setiap 2-5 menit dengan lama sekitar 60-90 detik. Kepala bayi akan turun seiring dengan bantuan mengejan dari ibu. Ketika kepala bayi mulai terlihat dari vagina, ibu diminta untuk tidak mengejan untuk menghindari robekan perineum. Saat ini, ibu akan merasakan nyeri seperti terbakar pada vagina. Bila diperlukan, dokter akan melakukan tindakan episiotomi.

Setelah kepala bayi keluar sempurna, ibu akan diminta untuk mengejan untuk membantu mengeluarkan seluruh badan bayi.

Apa Itu Episiotomi?

Tindakan memotong sebagian kecil perineum untuk mencegah robekan perineum yang tidak beraturan, kemudian dijahit kembali. Tindakan ini didahului dengan memberikan suntikan bius lokal.

Apa yang Terjadi setelah Bayi Keluar?

Bayi seharusnya menangis kuat dan segera diberikan kepada ibu untuk dilakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Kemudian tali pusat akan dipotong.

Apakah Proses Melahirkan Normal Sudah Selesai setelah Melahirkan Bayi?

Belum. Anda perlu melahirkan plasenta (ari-ari). Dokter akan memastikan seluruh jaringan plasenta sudah keluar dan memberikan obat oxytocin untuk meminimalkan perdarahan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melahirkan Normal Secara Keseluruhan?

Tergantung dari pernah atau tidaknya Anda melahirkan. Biasanya waktu yang dibutuhkan dari bukaan serviks pertama hingga plasenta dilahirkan adalah 12 -14 jam, namun proses ini akan lebih singkat pada ibu yang sudah pernah melahirkan.

Apa saja Potensi Masalah yang Mungkin Timbul sebelum, saat, atau setelah Proses Melahirkan Normal?

Kelahiran prematur atau kehamilan postmatur, ketuban pecah dini, persalinan yang tak maju, perdarahan post partum, atau emboli air ketuban.

Apa yang Saya Rasakan setelah Melahirkan Normal?

Mudah mengompol, timbul wasir, keluar lochia, perut menggelambir, dan keluar kolostrum yang diikuti oleh ASI dari payudara.

Tanda Apa Saja yang Perlu Dikhawatirkan setelah Melahirkan?

Perdarahan hebat dari vagina, demam, pusing, berdebar-debar, dan gangguan penglihatan.

Kapan Saya Diperbolehkan Pulang dari Rumah Sakit?

24 hingga 48 jam setelah melahirkan.

Kapan Saya Diperbolehkan Melakukan Hubungan Seksual?

Tidak ada yang dapat memastikan kapan waktu yang tepat untuk memulai hubungan seksual, namun sebaiknya dilakukan sekitar 6 minggu pasca persalinan, yaitu ketika lochia (perdarahan normal dari vagina setelah persalinan) sudah tidak keluar.

Apakah Saya Diperbolehkan Melahirkan Normal Setelah Persalinan Sebelumnya Dilakukan dengan Operasi Caesar?

Konsultasikan dengan dengan dokter Anda mengenai hal ini. 40% wanita mencoba hal ini dan hasilnya baik. Namun, 1 dari 200 wanita berisiko mengalami robeknya rahim. Diskusikan syarat, risiko, dan manfaatnya dengan dokter kandungan Anda.