Estimasi Biaya USG Kehamilan

USG Kehamilan

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk USG Kehamilan?

USG kehamilan memiliki biaya yang bervariasi, dimulai dari Rp. 100.000 hingga lebih dari Rp. 850.000 tergantung dari rumah sakit, cara USG, serta teknologi yang digunakan.

Apa Itu USG Kehamilan?

Prosedur pencitraan dengan menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar dalam tubuh saat kehamilan, dengan menggunakan alat sensor (probe) dan ditampilkan melalui monitor.

Apakah USG Aman untuk Kehamilan?

Aman, karena tidak memancarkan radiasi.

Apa Kegunaan USG Kehamilan?

Untuk memastikan kehamilan, memeriksa denyut jantung janin, kondisi perkembangan janin, perkiraan usia kehamilan dan waktu persalinan, perkiraan jenis kelamin, jumlah air ketuban, dan aliran darah pada janin. USG kehamilan juga dapat melihat kelainan yang mungkin terjadi pada rahim, indung telur, serviks, dan plasenta, serta untuk mendiagnosis jika terdapat kehamilan etopik, hamil kembar, kelainan bawaan pada janin (misalnya sindrom Down), tumor, atau keguguran.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan USG Kehamilan?

Memiliki riwayat alergi terhadap gel yang akan dioleskan sebelum pemeriksaan.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum USG Kehamilan?

Anda perlu memenuhkan kandung kemih dengan mengonsumsi setidaknya 6 gelas air putih dan tidak buang air kecil 2 jam sebelum USG dilakukan, untuk melihat gambar yang lebih jelas. Anda tidak perlu menahan untuk buang air kecil bila Anda melakukan USG kehamilan di trimester ketiga atau Anda melakukan USG kehamilan melalui USG transvaginal.

Bagaimana Proses USG Kehamilan?

Anda akan direbahkan di atas tempat tidur dan perut Anda akan diolesi gel pelumas untuk melancarkan pergerakan probe. Dokter akan menggerakkan probe di atas kulit yang sudah dilumasi dan melihat kondisi janin melalui monitor. Anda juga dapat melihat kondisi dan mendengar suara denyut janin secara langsung. Setelah itu, gel akan dibersihkan dan Anda diperbolehkan untuk buang air kecil.

USG kehamilan juga dapat dilakukan melalui USG transvaginal, yaitu dengan memasukkan ujung probe yang sudah dilapisi pelindung steril dan pelumas melalui vagina untuk melihat kondisi kehamilan. USG transvaginal dapat memastikan kehamilan lebih cepat dibandingkan dengan USG kehamilan melalui dinding perut.

Kapan Anda Bisa Menerima Hasil USG Kehamilan?

Hasil USG dapat diterima secara langsung.

Apa Saja Efek Samping dan Komplikasi akibat USG Kehamilan?

USG saat kehamilan merupakan prosedur yang aman dan tidak menimbulkan efek samping, terutama USG kehamilan melalui dinding perut. Efek samping yang mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel yang digunakan, namun jarang terjadi. Untuk USG transvaginal, pasien dapat mengalami sedikit rasa tidak nyaman saat alat dimasukkan. 

Bagaimana dengan USG 3D dan USG 4D?

Teknologi USG 3D dapat melihat janin lebih detail, seperti bentuk wajah. Sedangkan USG 4D dapat melihat pergerakan janin. USG 3D dan 4D tidak terlalu penting secara medis, walaupun terkadang lebih teliti dalam melihat kelainan janin dibanding dengan USG biasa.