Estimasi Biaya USG Kepala Bayi

USG Kepala Bayi

Berapa Biaya yang Diperlukan Untuk USG Kepala Bayi?

USG kepala bayi memiliki biaya yang bervariasi, dimulai dari Rp. 500.000 hingga lebih dari Rp. 750.000 tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya.  

Apa Itu USG Kepala Bayi?

Prosedur pencitraan dengan menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambaran isi kepala dengan menggunakan alat sensor (probe) dan ditampilkan melalui monitor.

Apa Kegunaan USG Kepala Bayi?

Untuk mendeteksi kelainan otak bayi yang mungkin terjadi pada kelahiran prematur, cedera dan perdarahan otak, kelainan bawaan lahir (misalnya hidrosefalus), dan peradangan selaput otak (meningitis) atau radang otak.

Apakah USG Kepala Dapat Dilakukan Pada Orang Dewasa?

Pada umumnya, USG kepala tidak dilakukan pada orang dewasa, karena gelombang suara tidak dapat menembus tulang. Namun pada orang dewasa, USG kepala dapat digunakan untuk mendeteksi lokasi tumor secara tepat pada saat operasi daerah kepala, setelah tulang tengkorak dibuka.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan USG Kepala Bayi?

USG kepala tidak dapat dilakukan pada anak-anak yang ubun-ubunnya sudah menutup (usia di atas 18 bulan).

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum USG Kepala Bayi?

Tidak ada persiapan khusus sebelum USG kepala bayi.               

Bagaimana Proses USG Kepala Bayi?

Anda akan diminta untuk memegang bayi Anda atau menidurkannya di tempat tidur. Kepala bayi akan diolesi gel pelumas untuk melancarkan pergerakan probe. Setelah itu, probe akan digerakan di sekitar ubun-ubun untuk menangkap gambar otak dan ruangan yang berisi cairan otak (ventrikel), serta akan terlihat melalui monitor secara langsung. Gel akan dibersihkan setelah prosedur selesai.

Kapan Anda Bisa Menerima Hasil USG Kepala Bayi?

Hasil USG dapat diterima secara langsung. Jika diperlukan analisis lebih lanjut, hasil akan diberikan ke dokter yang merujuk dalam hitungan hari.

Apa Saja Efek Samping dan Komplikasi akibat USG Kepala Bayi?

USG kepala bayi merupakan prosedur yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel yang digunakan, namun jarang terjadi.