Estimasi Biaya USG Transvaginal

USG Transvaginal

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk USG Transvaginal?

USG transvaginal memiliki biaya yang bervariasi, dimulai dari Rp. 250.000 hingga lebih dari Rp. 750.000 tergantung dari rumah sakit.

Apa Itu USG Transvaginal?

Prosedur pencitraan dengan menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar organ reproduksi wanita dengan menggunakan alat sensor (probe) yang dimasukkan melalui vagina dan ditampilkan melalui monitor.

Apa Kegunaan USG Transvaginal?

Untuk melihat adanya kelainan pada organ reproduksi wanita, yaitu rahim, indung telur, saluran indung telur, serviks, dan vagina yang dapat menyebabkan perdarahan vagina, nyeri panggul, dan kemandulan. USG transvaginal juga dapat melihat pertumbuhan kista dan jaringan abnormal lainnya pada rahim, seperti miom. Selain itu, USG transvaginal juga dapat dilakukan saat kehamilan untuk memonitor denyut jantung janin, serta melihat kelainan pada serviks yang dapat mengakibatkan kelahiran prematur atau keguguran.

Apa Beda USG Transvaginal dengan USG Panggul dalam Melihat Organ Reproduktif Wanita?

USG transvaginal dianggap menghasilkan gambar yang lebih jelas dibandingkan USG panggul yang dilakukan melalui dinding perut bawah, karena probe lebih dekat dengan organ reproduktif wanita bila dimasukkan melalui vagina. USG transvaginal juga lebih dipilih dibandingkan USG panggul pada orang yang gemuk, sedang melakukan pemeriksaan kesuburan, sulit menahan buang air kecil, dan mengalami perut kembung. Bagi wanita hamil, USG transvaginal dapat mendeteksi kehamilan lebih cepat dibandingkan dengan USG panggul yang dilakukan melalui dinding perut bawah.

Apakah USG Transvaginal Bisa Dilakukan saat Menstruasi?

Bisa, namun jangan lupa untuk melepas tampon (apabila menggunakannya), sebelum melakukan USG transvaginal.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan USG Transvaginal?

Memiliki riwayat alergi terhadap lateks dan gel yang akan digunakan untuk menutupi probe.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum USG Transvaginal?

Anda akan diminta untuk mengosongkan kandung kemih sebelum USG transvaginal dilakukan. Pihak rumah sakit juga dapat memberikan pakaian khusus sebelum memasuki ruangan pemeriksaan.   

Bagaimana Proses USG Transvaginal?

Anda akan diminta untuk berbaring lurus dengan panggul yang sedikit diangkat. Dokter akan memasukkan ujung probe yang sudah dilapisi pelindung steril dan gel pelumas melalui vagina agar dapat memantau kondisi organ di sekitar panggul. Pemantauan dapat dilakukan melalui monitor secara langsung. Probe akan dikeluarkan secara perlahan setelah proses selesai.

Kapan Anda Bisa Menerima Hasil USG Transvaginal?

Hasil USG dapat diterima secara langsung. Jika diperlukan analisa lebih lanjut, hasil akan diberikan ke dokter yang merujuk dalam hitungan hari.

Apa Saja Efek Samping dan Komplikasi akibat USG Transvaginal?

USG merupakan prosedur yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel atau bahan pelindung probe yang digunakan, namun jarang terjadi. Rasa tidak nyaman bisa muncul saat probe dimasukkan ke dalam vagina.