Estimasi Biaya Vaksin HPV

Vaksin HPV

Berapa Biaya Vaksinasi HPV?

Biaya untuk melakukan vaksinasi HPV bervariasi, tergantung rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya vaksinasi HPV dapat dimulai dari Rp.750.000 hingga lebih dari 1.300.000 per kali suntik. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Vaksin HPV?

Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang berfungsi untuk mencegah infeksi virus HPV (human papillomavirus). Virus HPV dapat menyebabkan infeksi pada kulit, menimbulkan kutil pada organ kelamin, serta menyebabkan kanker.

Kanker Apa Saja yang Dapat Disebabkan oleh Virus HPV?

Kanker serviks, vulva, vagina, penis, anus, dan kanker orofaring.

Apakah Vaksin HPV Dapat Mencegah Seluruh Kanker Tersebut?

Hingga saat ini, vaksin HPV baru berperan penting dalam menurunkan jumlah kasus dan penyebaran kanker serviks.

Kapan Vaksin HPV Diberikan?

Idealnya, vaksin HPV diberikan pada anak perempuan dan laki-laki berusia 9-12 tahun. Akan tetapi, vaksinasi HPV juga dapat dilakukan pada remaja dan dewasa yang berusia 13-26 tahun jika belum pernah menjalani vaksinasi HPV atau vaksinasinya belum lengkap. Bagi Anda yang sudah aktif melakukan hubungan seksual, tetap dapat menjalani vaksinasi HPV, terutama jika belum lengkap.

Siapa Saja yang Tidak Boleh Menjalani Vaksinasi HPV?

Anda tidak dibolehkan menjalani vaksinasi HPV jika sedang hamil atau sedang sakit keras. Anda juga tidak diperbolehkan menjalani vaksinasi HPV jika memiliki alergi berat terhadap komponen-komponen vaksin. Jika Anda sedang hamil dan ingin menjalani vaksinasi HPV, Anda harus menunggu hingga setelah persalinan.

Apa Saja Persiapan sebelum Vaksinasi HPV?

Kondisi dan riwayat kesehatan Anda akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Jika Anda pernah menjalani vaksinasi HPV sebelumnya, beritahukan kepada dokter, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap vaksin HPV.

Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Vaksinasi HPV?

Vaksin HPV akan diberikan oleh dokter dalam bentuk suntikan. Dokter akan melakukan penyuntikan ke dalam otot di lengan atas atau paha.

Berapa Kali Saya Menerima Vaksin HPV?

Vaksinasi HPV akan dilakukan sebanyak 2-3 kali. Vaksinasi dilakukan sebanyak 2 kali pada anak usia 9-14 tahun. Rentang waktu antara suntikan pertama dan kedua adalah 6-12 bulan. Vaksinasi dilakukan sebanyak 3 kali pada remaja dan dewasa usia 15-26 tahun. Pada orang yang sistem imunnya terganggu juga akan diberikan vaksinasi sebanyak 3 kali. Rentang waktu antara suntikan pertama dan kedua adalah 1-2 bulan. Sedangkan rentang waktu antara suntikan kedua dan ketiga adalah 6 bulan.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Menjalani Vaksinasi HPV?

Anda akan diminta untuk beristirahat sekitar 15 menit setelah penyuntikan. Dokter dan petugas kesehatan akan memantau kondisi Anda hingga Anda diperbolehkan untuk pulang.

Apakah Saya Tetap Perlu Melakukan Pemeriksaan Pap Smear setelah Menerima Vaksin HPV?

Meksipun sudah menerima vaksinasi HPV, Anda tetap diminta untuk menjalani pemeriksaan pap smear sesuai dengan rekomendasi dokter.

Adakah Efek Samping dari Vaksin HPV?

Vaksin HPV umumnya aman, namun masih ada kemungkinan munculnya efek samping seperti pusing, pingsan, mual, muntah, sakit kepala, dan kelelahan. Jika timbul keluhan, dianjurkan untuk menemui dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.