Estimasi Biaya Konsultasi Gizi dan Pola Makan

Konsultasi Gizi dan Pola Makan

Berapa Biaya Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Biaya untuk melakukan konsultasi gizi dan pola makan bervariasi, tergantung dari rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya konsultasi ini bisa dimulai dari Rp. 50.000 hingga lebih dari Rp. 350.000. Sementara itu di Malaysia dimulai dari Rp. 100.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Kegiatan pelayanan informasi dan bantuan kepada Anda yang ingin memperbaiki atau meningkatkan asupan nutrisi, melalui pengaturan pola makan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apa Manfaat Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Memiliki berat badan ideal, mencegah penyakit, dan memperbaiki kondisi kesehatan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak, pada orang sehat maupun sakit.

Kondisi Apa Saja yang Disarankan Menjalani Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Konsultasi gizi dan pola makan bisa dijalani oleh siapa saja yang ingin mengubah pola makan serta asupan gizi menjadi lebih sehat. Namun, biasanya disarankan bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) ataupun kekurangan gizi (gizi buruk), menderita hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, atau penyakit jantung.  

Apa yang Harus Dipersiapkan sebelum Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Konsultasi gizi dan pola makan tidak membutuhkan persiapan khusus. Anda dapat secara langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk membicarakan tentang masalah gizi, pola makan, atau berat badan yang dialami.

Apa Saja yang Dilakukan pada Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Konsultasi gizi dan pola makan akan diawali dokter dengan mengumpulkan informasi mengenai kondisi Anda dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi asupan gizi dan pola makan. Salah satu model konsultasi gizi yang diterapkan oleh dokter, umumnya mencakup empat bagian:

  • Memberikan pelayanan konsultasi gizi.
  • Merencanakan asupan gizi dan pola makan yang tepat untuk pasien.
  • Menetapkan tujuan, prioritas, dan hasil akhir yang diharapkan.
  • Mengevaluasi kondisi Anda. Jika diperlukan, dokter akan mengubah asupan gizi dan pola makan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Konsultasi Gizi dan Pola Makan?

Anda perlu menerapkan pola makan yang dianjurkan oleh dokter gizi, serta membentuknya menjadi suatu kebiasaan yang baik dan bertahan seumur hidup, agar hasil konsultasi dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatan Anda.