Estimasi Biaya Operasi Bypass Jantung

Operasi Bypass Jantung

Berapa Biaya Operasi Bypass Jantung

Biaya untuk melakukan operasi bypass jantung bervariasi, tergantung dari rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini bisa dimulai dari Rp. 150.000.000. Sementara di Malaysia dimulai dari Rp. 140.000.000, Thailand dimulai dari Rp. 270.000.000, dan Singapura dimulai dari Rp. 500.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Operasi Bypass Jantung?

Tindakan membuat jalan pintas untuk mengalirkan darah ke otot jantung, untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner jantung.

Kapan Saya Disarankan Melakukan Operasi Bypass Jantung?

Jika Anda menderita penyakit jantung koroner dengan kondisi:

  • Lebih dari 1 pembuluh darah yang menyempit dan membuat bilik kiri jantung tidak berfungsi normal.
  • Penyumbatan berat pada arteri koroner kiri utama.
  • Tidak dapat ditangani dengan pemasangan ring.
  • Menderita nyeri dada hebat.

Apa yang Harus Diperhatikan sebelum Operasi Bypass Jantung?

Anda tidak perlu melakukan operasi bypass jantung jika Anda tidak memiliki gejala dan berisiko kecil mengalami serangan jantung. Harap berhati-hati bagi Anda yang berusia di atas 85 tahun, baru mengalami serangan jantung atau stroke, memiliki gangguan pembekuan darah, pernah mendapatkan radioterapi di daerah dada atau operasi pada daerah dada sebelumnya, memiliki riwayat PPOK, serta sedang mengalami infeksi atau gangguan elektrolit, karena lebih berisiko mengalami komplikasi pasca operasi.   

Seperti Apa Persiapan sebelum Operasi Bypass Jantung?

Anda akan menjalani rangkaian tes berupa foto Rontgen dada, tes darah, elektrokardiografi, dan kateterisasi jantung. Diskusikan dengan dokter mengenai kegiatan yang perlu atau tidak boleh dilakukan, serta makanan dan obat-obatan yang perlu atau tidak boleh dikonsumsi.

Bagaimana Operasi Bypass Jantung Dilakukan?

Operasi bypass jantung diawali dengan pemberian obat bius total. Dokter akan memeriksa denyut jantung, tekanan darah, kadar oksigen di dalam tubuh, dan fungsi sistem pernapasan. Selang pernapasan akan dipasangkan dan disambungkan ke ventilator atau alat bantu pernapasan. Dokter akan membuat sayatan sepanjang bagian tengah rongga dada dan membelah tulang dada, hingga jantung terlihat. Anda akan diberikan obat-obatan untuk menghentikan kerja jantung, kemudian Anda akan disambungkan ke mesin jantung paru (heart lung machine) untuk menggantikan kerja jantung menjaga pasokan darah ke seluruh tubuh.

Selanjutnya, dokter akan mencangkok pembuluh darah dari bagian tubuh lain untuk ditempelkan pada pembuluh darah jantung, sebagai jalur pintas yang tidak melewati arteri jantung yang tersumbat. Setelah cangkok pembuluh darah dilakukan, dokter akan mengembalikan kerja jantung secara normal, dan menyatukan kembali tulang dada dengan kawat khusus, serta menutup sayatan dengan jahitan.

Berapa Lama Operasi Bypass Jantung Berlangsung?

Operasi bypass jantung berlangsung 3-6 jam.

Apa yang Terjadi setelah Operasi Bypass Jantung?

Anda akan ditempatkan di unit perawatan intensif (ICU) terlebih dahulu, sampai kondisi Anda memungkinkan untuk dipindahkan ke ruang perawatan biasa, biasanya 1 atau 2 hari. Dokter dan perawat akan memantau kondisi Anda secara berkala.

Butuh Berapa Lama hingga Saya Pulih Total?

Satu setengah hingga tiga bulan. Hindari aktivitas berat selama masa pemulihan.

Apa Saja Komplikasi Operasi Bypass Jantung?

Dengan persiapan yang baik serta teknik operasi yang semakin berkembang saat ini, operasi bypass jantung memiliki risiko komplikasi yang rendah. Namun tetap berisiko menimbulkan infeksi atau perdarahan karena sayatan, aritimia, penggumpalan darah, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan reaksi alergi terhadap obat bius.