Estimasi Biaya Penggantian Katup Jantung

Penggantian Katup Jantung

Berapa Kisaran Biaya Penggantian Katup Jantung?

Biaya penggantian katup jantung bervariasi di tiap rumah sakit, dengan juga mempertimbangkan kondisi kesehatan pasien. Biaya penggantian katup mencakup biaya tindakan operasi, biaya katup prostetik jika Anda menjalani penggantian, obat-obatan, rawat intensif, rawat inap, dan konsultasi dengan dokter. Operasi penggantian katup jantung merupakan tindakan medis yang cukup rumit sehingga kemungkinan akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena itu, tanyakan dulu secara rinci kepada pihak rumah sakit. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Penggantian Katup Jantung?

Penggantian katup jantung adalah salah satu bagian dari prosedur operasi katup jantung. Operasi ini merupakan tindakan bedah yang dilakukan dengan tujuan mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan.

Kapan Saya Harus Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Anda akan direkomendasikan oleh dokter untuk menjalani operasi katup jantung yang menimbulkan gejala berupa nyeri dada, pusing, edema atau penumpukan cairan pada tungkai atau perut, sesak napas, serta jantung berdebar. Namun sebelum Anda direkomendasikan untuk menjalani operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan secara rinci, terkait kondisi jantung. 

Adakah Kondisi yang Membuat Saya Tidak Bisa Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Beberapa kondisi dapat membuat Anda perlu berhati-hati sebelum menjalani penggantian katup jantung tidak bisa menjalani operasi katup jantung, antara lain:

  • Anda baru mengalami serangan jantung.
  • Anda menderita kardiomiopati hipertrofik.
  • Anda mengalami kelemahan otot jantung ventrikel kiri, yang menyebabkan volume darah yang terpompa berkurang.
  • Anda menderita gagal ginjal stadium akhir.

Bagaimana Persiapan sebelum Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Anda terlebih dahulu akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara umum, termasuk tes darah untuk mengetahui kemampuan pembekuan darah. Anda akan diminta berpuasa sekitar 8 jam sebelum menjalani operasi. Jika memiliki alergi terhadap obat-obatan atau bahan-bahan dari alat operasi, Anda harus memberitahukan kepada dokter. Anda juga akan diminta berhenti merokok dan mengonsumsi obat-obatan pengencer darah.

Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Penggantian Katup Jantung?

Setelah Anda dibius total dan dipasang alat bantu napas, dokter akan membuat irisan kulit pada dada Anda, dan membuka tulang dada Anda untuk mendapatkan akses ke jantung. Selama operasi penggantian katup jantung, jantung Anda akan dihentikan, dan kerjanya digantikan oleh mesin. Katup jantung yang mengalami kerusakan akan digantikan dengan katup prosetik baru, baik katup prostetik dari plastik, atau organik dari manusia ataupun hewan. Untuk mengganti katup yang rusak, dokter akan membuat irisan pada pembuluh aorta Anda kemudian memasang katup jantung prostetik pada jantung anda.  

Pada saat perbaikan katup selesai dilakukan, doker akan mengaktifkan kembali denyut jantung dan memantau kinerja katup jantung. Selama pemulihan, Anda dapat dipasangi alat pacu jantung, bila diperlukan. Tulang dada dan kulit yang sudah dibuka akan ditutup kembali, dan Anda akan dibawa ke ruang perawatan intensif untuk menjalani pemulihan.

Apa yang Saya Rasakan setelah Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Anda dapat merasakan nyeri dan tidak nyaman pada kulit dan tulang di daerah operasi. Untuk meredakan nyeri, dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk Anda konsumsi selama masa perawatan. Anda juga dapat merasa tidak nyaman pada saat bernapas akibat pencabutan alat bantu pernapasan. Perawat akan membantu Anda berlatih bernapas selama masa pemulihan.

Apa yang terjadi setelah Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Anda akan menjalani perawatan di ruang rawat intensif dan ruang rawat inap selama 5-7 hari, namun durasi rawat inap dapat bertambah jika diperlukan. Selama masa perawatan intensif, Anda akan dipantau secara berkala oleh dokter dan perawat untuk memastikan bahwa Anda menjalani pemulihan dengan baik.

Jika kondisi semakin baik, dokter akan mengizinkan Anda untuk pulang dengan dijemput oleh keluarga. Selama awal masa rawat jalan, Anda tidak boleh mengemudikan kendaraan dan harus membatasi aktivitas fisik. Dokter akan mengatur jadwal kontrol Anda agar masa pemulihan dapat dipantau dengan baik. Luka daerah operasi harus Anda jaga tetap kering dan bersih. Jika muncul gejala-gejala infeksi di daerah operasi, seperti demam, menggigil, serta nyeri dan kemerahan di daerah operasi, segera hubungi dokter. Jika katup prostetik yang digunakan adalah katup prostetik dari plastik, Anda akan disarankan untuk meminum obat pengencer darah seumur hidup. Obat pengencer darah ini akan berperan mencegah penggumpalan darah pada katup prostetik yang Anda miliki sehingga menghindari terjadinya serangan jantung atau stroke.

Adakah Risiko Menjalani Penggantian Katup Jantung?

Penggantian katup jantung adalah tindakan operasi yang aman untuk dijalani. Tingkat keberhasilannya pun cukup tinggi, yaitu sekitar 98%. Meski demikian, penggantian katup jantung juga memiliki beberapa efek samping. Di antaranya adalah perdarahan, infeksi, stroke, pembentukan gumpalan darah, dan aritmia.