Estimasi Biaya Layanan Kunjungan Rumah

Layanan Kunjungan Rumah

Berapa Biaya Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Biaya layanan kunjungan dokter ke rumah tergantung pada jenis layanan kesehatan yang dipilih. Biaya pemeriksaan bisa dimulai dari Rp 50.000 sampai Rp 600.000. Namun, dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih sekitar 20–30% dari biaya yang diperkirakan, guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga.

Apa Itu Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Layanan kunjungan dokter ke rumah adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk pasien yang sulit pergi ke rumah sakit. Layanan ini bersifat sederhana sehingga yang dilakukan hanya pemeriksaan fisik dan tes darah sederhana.

Apa Tujuan Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Layanan kunjungan dokter ke rumah pasien bertujuan untuk mengurangi risiko penularan penyakit dan menghindari perburukan penyakit akibat harus berpindah-pindah tempat. Melalui layanan ini, dokter juga bisa memberikan saran mengenai lingkungan yang layak dan sehat bagi pasien.

Kondisi Apa Saja yang Membuat Pasien Harus Menjalani Pemeriksaan di Rumah?

Layanan kunjungan dokter ke rumah diutamakan untuk pasien lanjut usia atau pasien yang sulit berpindah tempat, mengalami kelumpuhan, dan menderita penyakit stadium akhir atau kronis.

Apa yang Harus Dipersiapkan sebelum Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Catat sejumlah keluhan atau gejala penyakit yang dialami untuk disampaikan ke dokter, kemudian buat daftar pertanyaan seputar sakit yang Anda rasakan dan cara perawatannya. Selain itu, persiapkan hasil tes yang pernah dilakukan dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Jika Anda berencana menjalani tes gula darah, kolesterol, dan asam urat, dokter akan meminta Anda untuk berpuasa selama 8 jam sebelum waktu kunjungan.

Bagaimana Prosedur Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Dokter akan melakukan tanya jawab terkait keluhan yang dialami, kemudian melakukan pemeriksaan fisik dari kepala hingga kaki. Pemeriksaan bertujuan untuk mencari tahu tekanan darah, denyut nadi, kondisi mata, hidung, tenggorokan, dada, perut, hingga kaki.

Bila diperlukan, dokter dapat melakukan tes gula darah, asam urat, dan kolesterol. Tes ini dilakukan dengan mengambil darah melalui jari.

Apa yang Terjadi Setelah Kunjungan Dokter ke Rumah?

Dokter akan memberitahu hasil pemeriksaan dan tes darah kepada Anda dan keluarga yang merawat. Keluarga yang merawat Anda juga akan diberitahu apa saja yang boleh dilakukan dan bagaimana cara merawat Anda. Setelah itu, dokter akan menjadwalkan kunjungan berikutnya.

Apakah Perlu ke Rumah Sakit Setelah Pemeriksaan di Rumah?

Anda akan dirujuk ke rumah sakit jika diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis jika kondisi makin memburuk, atau bila terjadi penurunan kesadaran, demam tinggi, dan perdarahan pada jari setelah tes darah.

Apa Saja Efek Samping dari Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah?

Layanan kunjungan dokter ke rumah tidak menimbulkan komplikasi. Namun, tes darah bisa menimbulkan keluhan nyeri, perdarahan, memar, atau infeksi kulit.