Estimasi Biaya Medical Check Up

Medical Check Up

Berapa Biaya Medical Check Up?

Biaya medical check up bervariasi, tergantung dari jenis pemeriksaan dan di rumah sakit mana medical check dilakukan. Biaya medical check up untuk rumah sakit di Indonesia dimulai dari Rp 300.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000. Harga medical check up di Kuala Lumpur dimulai dari Rp 320.000, sedangkan di Singapura mulai dari Rp 2.000.000, dan Bangkok Rp 4.000.000.

Apa Itu Medical Check Up?

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi penyakit atau gangguan kesehatan sejak dini.

Apa Kegunaan Medical Check Up?

Mengetahui kondisi kesehatan terkini dan mempersiapkan penanganan lebih awal jika ditemukan penyakit atau gangguan kesehatan. Kegunaan lain medical check up adalah untuk mendorong pasien mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dan untuk mengetahui risiko penyakit yang bisa muncul di kemudian hari.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Medical Check Up?

Informasikan kepada dokter jika Anda sedang menjalani pola makan atau diet tertentu, obat-obatan yang sedang dikonsumsi (termasuk suplemen dan herba), serta keluhan yang sedang Anda alami.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum Medical Check Up?

Tanyakan kepada dokter atau petugas medis mengenai perlu atau tidaknya puasa sebelum menjalani pemeriksaan. Anda dianjurkan untuk membawa data medis hasil pemeriksaan sebelumnya. Sebelum pemeriksaan dimulai, Anda akan diminta menuliskan obat-obatan yang rutin dikonsumsi, serta mengisi kuesioner mengenai kondisi kesehatan terkini dan riwayat kesehatan terdahulu. Minta keluarga atau kerabat lain untuk mendampingi Anda saat pemeriksaan.

Bagaimana Medical Check Up Dilakukan?

Bentuk-bentuk tes medical check up sangat bervariasi. Tes akan disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan pasien. Rangkaian medical check up meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan dan gaya hidup, pemeriksaan fisik yang meliputi pemeriksaan tanda vital, berat badan, tinggi badan, serta pemeriksaan menyeluruh dari kepala hingga kaki. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan penunjang sesuai kebutuhan, seperti tes darah, urine, tinja, pemeriksaan Rontgen, USG, atau pemeriksaan rekam jantung. Untuk wanita, dapat juga dilakukan pemeriksaan paps smear.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Medical Check Up?

Evaluasi kesehatan lanjutan bila ditemukan kelainan dari hasil medical check up. Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti memperbanyak makan sayur dan buah, kurangi makanan berlemak, rutin berolahraga, dan berhenti merokok.

Kapan Saya Harus Menjalani Medical Check Up Kembali?

Medical check up sebaiknya dilakukan lima tahun sekali untuk usia 18-40 tahun, dan 1-3 tahun sekali untuk usia di atas 40 tahun.

Risiko Medical Check Up?

Medical check up disarankan setelah mempertimbangkan manfaat dan risikonya. Secara umum, medical check up merupakan prosedur yang aman.