Estimasi Biaya Medical Check Up Visa

Medical Check Up Visa

Berapa Biaya Medical Check Up Visa?

Biaya medical check up visa bervariasi, tergantung pada jenis pemeriksaan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak imigrasi masing-masing negara, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Medical Check Up Visa?

Medical check up visa adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai bagian dari persyaratan pengajuan visa suatu negara.

Apa Tujuan Medical Check Up Visa?

Medical check up visa bertujuan untuk mencegah risiko penyebaran penyakit menular dari suatu negara ke negara tujuan.

Apa yang Dimaksud dengan Visa?

Visa adalah izin resmi yang diberikan suatu negara terhadap penduduk negara lain yang akan berkunjung atau menetap untuk jangka waktu tertentu.

Siapa Saja yang Diharuskan Menjalani Medical Check Up Visa?

Tergantung ketentuan setiap negara. Berikut ini adalah beberapa kondisi umum yang mengharuskan Anda melakukan medical check up untuk mendapatkan visa:

  • Memiliki rencana untuk tinggal atau menetap di negara tujuan.
  • Menempuh pendidikan atau mengikuti program pertukaran pelajar.
  • Melakukan pekerjaan musiman.
  • Berasal dari negara berisiko tinggi tuberkulosis atau HIV.
  • Pernah menderita penyakit infeksi serius, mendapatkan transfusi darah, atau menggunakan NAPZA.
  • Wanita hamil yang berencana melahirkan di negara tujuan.

Hal Apa yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Menjalani Medical Check Up Visa?

Anda sebaiknya memberi tahu dokter tentang obat yang sedang Anda konsumsi dan gangguan medis yang Anda derita. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi alkohol karena dapat memengaruhi hasil pemeriksaan. Jika Anda wanita, Anda tidak dianjurkan untuk menjalani medical check up visa ketika sedang menstruasi. Jika Anda sedang hamil, hindari jenis pemeriksaan dengan menggunakan sinar Rontgen.

Hal Apa yang Perlu Saya Persiapkan sebelum Menjalani Medical Check Up Visa?

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan dan bawa sebelum menjalani medical check up visa, antara lain paspor asli, KTP atau akta kelahiran, pas foto, surat pengantar dari kedutaan, hasil pemeriksaan yang pernah dilakukan, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, serta kacamata jika Anda menggunakannya. Untuk pelamar visa di bawah usia 17 tahun, diharuskan untuk mengajak orang tua atau wali saat pemeriksaan.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Jenis Pemeriksaan Medical Check Up Visa?

  • Jenis visa yang diajukan.
  • Lama waktu menetap di negara tujuan.
  • Kegiatan yang dilakukan selama di negara tujuan.
  • Usia pemohon.
  • Riwayat atau risiko penyakit menular di negara asal.
  • Kondisi medis tertentu yang sedang Anda derita.

Bagaimana Prosedur Medical Check Up Visa?

Ada beberapa rangkaian prosedur pemeriksaan yang akan Anda lalui dalam medical check up visa, yaitu pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik (tanda vital, kepala dan leher, jantung, paru, perut, dan sistem saraf), serta pemeriksaan penunjang meliputi pemeriksaan darah, urine, dan foto Rontgen, untuk mendeteksi beberapa penyakit infeksi, seperti, hepatitis, HIV, tuberkulosis, atau sifilis.

Apa yang Terjadi setelah Saya Menjalani Pemeriksaan Tersebut?

Dokter yang memeriksa Anda akan menilai dan mengirimkan kesimpulan hasil pemeriksaan kepada pihak imigrasi. Pihak imigrasi akan menjadikan hasil pemeriksaan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima atau menolak ijin visa, sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditentukan oleh negara tujuan pelamar.

Berapa Lama Masa Berlaku Hasil Medical Check Up Visa?

Hasil medical check up visa berlaku selama 12 bulan.