Estimasi Biaya Pemeriksaan Fisik pada Wasir ke Rumah

Pemeriksaan Fisik pada Wasir ke Rumah

Berapa Biaya Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Biaya pemeriksaan fisik pada wasir di rumah sakit swasta di Indonesia dimulai dari Rp. 150.000 sampai lebih dari Rp. 300.000. Namun, Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih bila ada kebutuhan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20–30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Pemeriksaan fisik pada wasir adalah prosedur pertama untuk mendiagnosis wasir. Prosedur ini dilakukan dengan cara inspeksi dan pemeriksaan colok dubur.

Hal Apa Saja yang Dianalisa dalam Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Prosedur ini bertujuan untuk memeriksa wasir di luar (eksternal) atau wasir di dalam (internal). Pemeriksaan fisik pada wasir juga dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker atau pembesaran pada prostat.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Harus Menjalani Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Anda dapat menjalani pemeriksaan fisik pada wasir jika mengalami keluhan berupa gatal atau iritasi di kulit sekitar anus, bengkak di sekitar anus, perdarahan di anus, atau BAB berdarah.

Apa Saja yang perlu Saya Lakukan sebelum Menjalani Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Anda tidak perlu berpuasa atau mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk dapat menjalani pemeriksaan fisik pada wasir. Namun, Anda bisa buang air kecil atau buang air besar terlebih dahulu sebelum menjalani pemeriksaan.

Bagaimana Langkah Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Anda akan diminta untuk membuka celana dan pakaian dalam. Bila diperlukan, Anda akan diminta menggunakan pakaian khusus dari rumah sakit.

Adapun langkah pemeriksaan fisik pada wasir yang dilakukan oleh dokter antara lain:

§ Meminta Anda untuk tidur miring ke samping dalam posisi meringkuk atau telentang dengan posisi kedua kaki menekuk di meja perawatan

§ Meminta Anda untuk rileks dan menarik napas sebelum memasukkan jari yang dilengkapi sarung tangan serta diberi pelumas ke anus

§ Melakukan pemeriksaan pada bagian akhir usus besar (rektum) selama beberapa menit

§ Menekan perut bagian bawah jika ditemukan ada gangguan pada organ dalam

Apa yang Dirasakan saat Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Pemeriksaan fisik pada wasir mungkin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda juga mungkin merasakan bagian anus terasa penuh.

Apa yang Terjadi setelah Pemeriksaan Fisik pada Wasir?

Dokter akan memberi tahu hasil pemeriksaan dan memberikan saran mengenai tindakan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Setelah itu, Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa setelah menjalani pemeriksaan fisik pada wasir.

Namun, bila Anda mengalami perdarahan pada rektum setelah menjalani prosedur pemeriksaan, segera periksakan diri ke dokter atau mendatangi layanan kesehatan terdekat.

Apa Saja Risiko Pemeriksaan Fisik pada Wasir

Pemeriksaan fisik pada wasir umumnya aman dilakukan. Namun, pemeriksaan ini dapat menimbulkan komplikasi, seperti infeksi bakteri di dalam darah, nyeri di sekitar area pemeriksaan, kulit perianal robek, dan wasir robek.