Estimasi Biaya Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu ke Rumah

Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu ke Rumah

Berapa Biaya Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Biaya pemeriksaan gula darah sewaktu umumnya bervariasi, tetapi biasanya dimulai dari Rp 30.000. Namun, Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih sebesar 20–30% untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan yang tidak terduga.

Apa itu Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Pemeriksaan gula darah sewaktu adalah pemeriksaan gula darah yang dilakukan kapan saja tanpa perlu berpuasa terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mengambil darah dari ujung jari.

Apa Saja yang Dianalisa dalam Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Pemeriksaan gula darah bertujuan untuk memeriksa kadar gula darah. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memantau efektivitas pengobatan bagi pasien diabetes dan memantau gula darah bagi pasien yang pingsan atau koma.

Kondisi Apa Saja yang Membutuhkan Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Anda disarankan untuk menjalani pemeriksaan gula darah sewaktu jika menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, sedang hamil, terlalu sering buang air kecil, mengalami penurunan kemampuan penglihatan,serta mengalami penurunan kesadaran atau pingsan.

Apa yang Perlu Saya Persiapkan Sebelum Menjalani Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Pemeriksaan gula darah sewaktu dilakukan dengan cara menusuk ujung jari dengan jarum kecil steril. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, memiliki riwayat penyakit hemofilia atau gangguan pembekuan darah, serta mengalami takut atau fobia terhadap jarum.

Bagaimana Prosedur Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu Dilakukan?

Dokter akan terlebih dahulu menjelaskan terkait prosedur, tujuan, dan bagaimana langkah pelaksanaan pemeriksaan gula darah sewaktu. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

§ Mencuci tangan hingga bersih dan mengenakan sarung tangan medis

§ Memilih jari yang akan ditusuk kemudian membersihkan ujung jari dengan kapas alkohol dan membiarkannya hingga mengering

§ Memijat-mijat jari pasien agar darah terkumpul di ujung jari, lalu menusuk jari pasien dengan lancet pen

§ Meneteskan darah yang keluar dari jari ke strip yang terpasang pada alat bernama glukometer

§ Menekan jari yang ditusuk dengan kapas beralkohol, untuk menghentikan perdarahan

Hasil analisis glukosa keluar di alat glukometer dalam waktu beberapa detik.

Apa yang Dirasakan saat Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Anda mungkin akan merasakan sedikit nyeri di ujung jari saat pemeriksaan gula darah sewaktu berlangsung. Namun, rasa nyeri tersebut akan dengan cepat menghilang.

Apa yang Perlu Dilakukan setelah Menjalani Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Setelah pemeriksaan gula darah sewaktu selesai, dokter akan memberi tahu kepada pasien hasil pemeriksaan tersebut. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan gula darah Anda tidak dalam rentang normal, dokter akan menyarankan metode penanganan yang tepat untuk Anda.

Apa Efek Samping dari Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Pemeriksaan gula darah sewaktu umumnya tidak menimbulkan efek samping yang serius bagi pasien. Pasien mungkin akan merasakan sedikit nyeri di ujung jarinya, tetapi nyeri tersebut biasanya akan hilang dengan cepat.