Estimasi Biaya Perawatan pada Luka ke Rumah

Perawatan pada Luka ke Rumah

Berapa Biaya Perawatan Luka?

Biaya untuk perawatan luka bervariasi tergantung pada jenis luka yang ditangani dan rumah sakit yang menyediakan layanan ini. Biaya perawatan luka di rumah sakit swasta Indonesia sendiri berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp 500.000.

Meski demikian, Anda dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih, yaitu sekitar 20–30% dari biaya yang diperkirakan, guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga.

Apa Itu Perawatan Luka?

Perawatan luka umumnya meliputi pertolongan pertama sesaat setelah terjadi luka dan perawatan untuk luka berat di rumah sakit. Jenis perawatan yang diberikan bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan luka. Namun, perawatan luka umumnya bertujuan untuk membantu proses pemulihan, dengan cara:

§ Membersihkan luka dari nanah dan sel-sel kulit mati

§ Mencegah luka dari infeksi

§ Mengganti perban atau balutan

§ Meminimalkan bekas luka atau terbentuknya keloid

Apa Saja Kondisi yang Memerlukan Perawatan Luka

Perawatan luka umumnya dilakukan untuk menangani luka pada kulit akibat sayatan benda tajam, cedera, atau komplikasi penyakit. Perawatan luka juga dapat dilakukan untuk mengobati luka bakar, luka karena terlalu lama berbaring (luka dekubitus), dan luka operasi.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Perawatan Luka?

Sebelum melakukan perawatan luka, hindari beberapa hal yang dapat menghambat perawatan. Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi aspirin dan menggunakan larutan antiseptik atau alkohol pada luka.

Anda juga dianjurkan untuk memberi tahu dokter bila memiliki alergi terhadap obat povidone iodine, antibiotik tertentu, serta bahan kasa atau perban. Beri tahu juga kepada dokter jika memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes.

Bagaimana Proses Perawatan Luka?

Sebelum menangani luka, dokter akan terlebih dahulu mengenakan sarung tangan steril dan meminta Anda membuka pakaian bila luka ada di dada, punggung, atau selangkangan.

Selanjutnya, dokter akan memeriksa dan membersihkan luka. Setelah itu, luka akan diolesi dengan salep atau krim khusus sesuai jenis luka.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah Perawatan Luka?

Setelah menjalani prosedur perawatan luka, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses pemulihan luka, yaitu:

§ Mengonsumsi makanan bergizi, termasuk sayuran dan buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C

§ Mencukupi waktu istirahat

§ Minum air putih dalam jumlah yang cukup

§ Tidak menggaruk atau mengelupas luka yang baru kering

§ Menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter jika memiliki riwayat penyakit seperti diabetes

Apa Risiko Perawatan Luka?

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah perawatan luka adalah nyeri, rasa tidak nyaman, dan munculnya bekas luka. Luka yang lama sembuh juga bisa menimbulkan komplikasi, seperti infeksi sekunder, selulitis, sepsis, dan penyebaran infeksi ke organ lain.