Estimasi Biaya Vaksin Difteri

Vaksin Difteri

Berapa Biaya Vaksinasi Difteri?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk vaksinasi difteri bervariasi, tergantung dari jenis vaksinasi yang digunakan dan rumah sakit yang menyelenggarakan. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya vaksinasi difteri dapat dimulai dari Rp.70.000 hingga lebih dari Rp. 500.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Vaksinasi Difteri?

Vaksinasi yang diberikan untuk menekan risiko tertular penyakit difteri.

Kenapa Vaksinasi Difteri Perlu Dilakukan?

Karena difteri merupakan infeksi serius yang dapat menyebabkan kematian, namun dapat dicegah.

Ada Berapa Jenis Vaksinasi Difteri yang Tersedia?

Ada 5 jenis. DTP, DTaP, DT, Tdap, dan Td.

Kapan Waktu yang Disarankan untuk Melakukan Vaksinasi Difteri?

  • Pemberian vaksinasi difteri pertama, baik DTP ataupun DTaP diberikan pada usia 2 bulan atau paling cepat pada usia 6 minggu. Selanjutnya untuk vaksin DTP diberikan pada usia 3 bulan dan 4 bulan. Sedangkan yang mendapat vaksin DTaP, untuk vaksin kedua dan ketiga diberkan pada usia 4 bulan dan 6 bulan. 
  • Selanjutnya booster untuk vaksinasi difteri dapat diberikan pada usia 18 bulan dan usia 5 tahun.
  • Anak-anak yang sudah memasuki usia 7 tahun ke atas akan diberikan booster vaksinasi difteri dengan vaksin Tdap atau Td pada usia 10-12 tahun.
  • Booster selanjutnya diberikan pada usia 18 tahun dengan vaksin Td, dan vaksin Td ini dapat diulang setiap 10 tahun sekali.  

Apa yang Perlu Diperhatikan sebelum Menerima Vaksinasi Difteri?

Jika Anda atau anak Anda memiliki alergi terhadap komponen vaksin ini, sedang sakit, atau menderita sindrom Guillain-Barre, kejang, maupun gangguan saraf lainnya.

Apa yang Perlu Dipersiapkan sebelum Vaksinasi Difteri?

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum vaksinasi difteri.

Bagaimana Vaksinasi Difteri Dilakukan?

Vaksinasi difteri dilakukan melalui suntikan pada otot, dapat di paha atau lengan atas.

Apa yang Terjadi setelah Vaksinasi Difteri?

Setelah vaksinasi difteri, dapat terjadi efek samping, namun biasanya ringan dan akan mereda dalam hitungan hari. Efek samping yang bisa terjadi yaitu demam, lemas, nafsu makan menurun, dan anak-anak menjadi rewel.

Apa Benar Ada Vaksinasi Difteri yang Tidak Membuat Demam?

Bukan tidak membuat demam, namun vaksinasi difteri jenis DTaP lebih sedikit menimbulkan efek samping, bila dibandingkan dengan jenis DTP.

Saya atau Anak Saya Telat Vaksinasi, Bagaimana Solusinya?

Bila imunisasi DPT terlambat diberikan dari jadwal yang seharusnya, tidak perlu mengulanginya dari awal, tetapi dilanjutkan sesuai jadwal, atau sesuai ajuran dari dokter.