Estimasi Biaya Peeling

Peeling

Berapa Biaya Peeling?

Biaya peeling umumnya bervariasi, tergantung pada rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur perawatan ini dimulai dari Rp 160.000 hingga lebih dari Rp 600.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Peeling?

Peeling adalah prosedur perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan lapisan kulit baru.

Apa Tujuan Peeling?

Untuk meningkatkan penampilan, keindahan, dan kebersihan area kulit wajah, leher, atau lengan Anda.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Harus Menjalani Peeling?

Kerutan yang disebabkan oleh penuaan (keriput) dan sinar matahari, garis halus di bawah mata dan di sekitar mulut, beberapa jenis jerawat dan bekas jerawat, hiperpigmentasi, warna kulit tidak merata, kerusakan kulit akibat sinar matahari, bekas luka ringan pada wajah, pori-pori melebar, keratosis seboroik, kutil, dan milia.

Apa Saja Jenis Peeling?

Peeling terdiri atas tiga jenis yang dibedakan berdasarkan kedalamannya, yaitu peeling dangkal (superficial chemical peeling), peeling sedang (medium chemical peeling), dan peeling dalam (deep chemical peeling).

Apa Itu Peeling Dangkal?

Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan terluar kulit (epidermis). Jenis peeling ini biasanya digunakan jika Anda memiliki warna kulit tidak merata, kulit kering, jerawat, dan garis halus.

Apa Itu Peeling Sedang?

Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati dari lapisan epidermis dan bagian atas dari lapisan demis. Jenis peeling ini biasanya digunakan jika Anda memiliki bekas jerawat, kerutan wajah, dan warna kulit tidak merata.

Apa Itu Peeling Dalam?

Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan epidermis dan bagian tengah hingga bawah lapisan dermis. Jenis peeling ini biasanya dilakukan jika Anda memiliki kerutan wajah yang lebih dalam, mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari, bekas luka, atau pertumbuhan pra-kanker.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Menjalani Peeling?

Anda sebaiknya memberi tahu dokter jika memiliki riwayat menderita herpes atau sedang mengalami infeksi lainnya, memiliki luka terbuka, memiliki riwayat peradangan kulit, memiliki riwayat terbentuk jaringan parut abnormal dan keloid, memiliki penyakit jantung, ginjal, atau hati, sedang menderita kanker kulit, atau jika sedang mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kulit Anda sensitif.

Proses Pemeriksaan Apa Saja yang Perlu Saya Lalui sebelum Menjalani Peeling?

Sebelum peeling, Anda akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik. Anda juga akan melalui tahap diskusi. Pada tahap ini, dokter akan menjelaskan tentang prosedur dan risiko yang mungkin terjadi pada Anda. Pastikan Anda telah memahami seluruh aspek dari prosedur yang akan Anda jalani.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan sebelum Menjalani Peeling?

Anda sebaiknya menggunakan tabir surya secara rutin dan obat pencerah kulit. Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi obat antivirus jika memiliki riwayat herpes. Selain itu, Anda sebaiknya tidak menjalani prosedur perawatan, seperti pijat, lulur wajah, atau waxing, serta mengajak anggota keluarga untuk mengantarkan Anda pulang setelah menjalani peeling sedang atau dalam.

Bagaimana Prosedur Peeling Dilakukan?

Peeling diawali dengan dokter membersihkan wajah Anda terlebih dahulu, kemudian dokter akan mengoleskan larutan kimia pada area kulit Anda. Dokter akan mendiamkan selama beberapa menit hingga kulit berubah warna. Selanjutnya, dokter akan membersihkan area kulit dengan cairan yang menetralisir atau kompres dingin. Jika Anda menjalani peeling dalam, dokter mungkin akan memberi Anda obat penenang dan anestesi lokal sebelum dokter mengoleskan larutan kimia. Selanjutnya, dokter mungkin akan mengoleskan obat salep untuk mencegah kulit Anda kering.

Apa Saja yang Mungkin Saya Rasakan setelah Menjalani Peeling?

Anda akan merasa nyeri, menyengat, dan sensasi terbakar serta kulit menjadi kemerahan, kering, iritasi ringan, hingga pembengkakan setelah menjalani peeling.

Berapa Lama Proses Penyembuhan Prosedur Peeling?

Lamanya proses penyembuhan tergantung jenis peeling yang Anda jalani. Untuk peeling dangkal, proses penyembuhan biasanya berlangsung 1-7 hari. Untuk peeling sedang, proses penyembuhan umumnya berlangsung sekitar 7-14 hari. Sementara itu, peeling dalam membutuhkan waktu 2 minggu atau lebih.

Apa Saja Risiko Peeling yang Mungkin Saya Alami?

Anda dapat mengalami perubahan warna kulit. Selain itu, peeling juga berisiko meninggalkan bekas lukas, menyebabkan infeksi, serta menyebabkan gangguan jantung, ginjal, atau hati.