Estimasi Biaya Skrining Sifilis

Skrining Sifilis

Berapa Biaya Skrining Sifilis?

Besaran biaya skrining sifilis bervariasi, tergantung di rumah sakit mana Anda menjalani prosedur ini dan jenis skrining yang Anda jalani. Di beberapa rumah sakit swasta di Indonesia, biaya pemeriksaan ini bisa dimulai dari Rp. 95.000 hingga lebih dari Rp. 400.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Skrining Sifilis?

Skrining sifilis adalah metode pemeriksaan untuk mendeteksi keberadaan bakteri penyebab sifilis, dan dilakukan sebelum gejala sifilis nampak jelas pada seseorang.

Kenapa Harus Dilakukan Skrining Terhadap Penyakit Sifilis?

Jika tidak segera ditangani, sifilis bisa menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, kelumpuhan, kebutaan, hingga kematian. Pada ibu hamil, sifilis dapat ditularkan ke janin dan menyebabkan bayi lahir tidak normal, bahkan meninggal saat dilahirkan.

Apakah Saya Termasuk Seseorang yang Harus Menjalani Skrining Sifilis?

Apabila Anda seorang penderita HIV yang masih aktif melakukan hubungan seksual, lelaki seks lelaki, pekerja seks komersial, atau wanita hamil, sebaiknya menjalani pemeriksaan skrining sifilis.

Apakah Skrining Sifilis Perlu Dilakukan Rutin?

Pada kelompok berisiko, skrining sifilis paling tidak dilakukan setahun sekali. Bila sangat berisiko, dapat dilakukan lebih sering, yaitu 3-6 bulan sekali. Pada wanita hamil, disarankan untuk melakukan skrining sifilis, saat pertama kali kontrol ke dokter kandungan, serta diulang saat trimester 3 dan saat menjelang persalinan.

Kondisi Apa Saja yang Dapat Memengaruhi Hasil Skrining Sifilis?

Hasil skrining bisa terpengaruh bila Anda pengguna narkoba suntik, sedang hamil, atau menderita penyakit Lyme, malaria, tuberkulosis, pneumonia, atau lupus.

Apa Saja Jenis Pemeriksaan Sifilis?

Skrining sifilis ada dua, yaitu tes nontreponema dan tes treponema. Tes nontreponema adalah tes untuk melihat keberadaan antibodi yang tidak spesifik terkait dengan sifilis. Sedangkan tes treponema adalah tes yang mendeteksi antibodi yang secara spesifik terkait dengan sifilis. Pelaksanaan tes yang satu harus diikuti dengan tes yang lainnya, untuk menguatkan hasil pemeriksaan.

Apa Saja Persiapan Skrining Sifilis?

Skrining sifilis tidak memerlukan persiapan khusus.

Bagaimana Prosedur Skrining Sifilis?

Skrining sifilis dilakukan dengan mengambil sampel darah Anda melalui pembuluh darah vena. Kemudian sampel darah tersebut akan diperiksa di laboratorium.

Apa yang Dapat Diketahui setelah Skrining Sifilis?

Hasil skrining bisa diketahui dalam 3 atau 5 hari dan dapat menentukan apakah Anda sedang menderita sifilis aktif dan perlu diobati, pernah menderita sifilis namun sudah tidak aktif, atau tidak menderita sifilis.

Apa Efek Samping Skrining Sifilis?

Efek samping yang ditimbulkan adalah akibat prosedur pengambilan darah, namun jarang terjadi. Di antaranya adalah infeksi, pusing, perdarahan, atau hematoma.