Omni Hospital Alam Sutera

Tindakan Medis

Terdapat 72 tindakan medis dari 16 kategori

Prosedur medis yang memiliki sangat banyak kegunaan. Beberapa fungsinya antara lain untuk mengetahui kondisi kesehatan secara umum, memeriksa fungsi organ tubuh atau kemungkinan adanya infeksi

Upaya untuk memeriksa dan mendeteksi keberadaan penyakit hepatitis. Skrining ini sering dilakukan melalui tes anti HCV. Jika hasilnya positif maka orang tersebut terinfeksi hepatitis.

Tes untuk memeriksa kondisi seseorang berdasarkan jenis kotoran yang dikeluarkan oleh ginjal atau masalah kesehatan lainnya

Pemeriksaan kesehatan secara lengkap dan menyeluruh.

Prosedur bedah yang dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan.

Prosedur medis yang dilakukan dokter untuk melihat organ dalam tubuh tanpa melakukan operasi besar. Dengan metode ini, dokter bisa mengetahui lebih jelas mengenai masalah yang dialami pasien

Metode pemindaian atau Rontgen pada pembuluh darah dengan bantuan cairan kontras yang disuntikkan ke dalam aliran darah menggunakan kateter (semacam selang elastis).

Metode pemeriksaan jantung dengan menggunakan gelombang suara untuk mendapatkan gambaran jantung dan melihat adanya cairan yang terkumpul di dalam ruang-ruang jantung.

Perangkat medis yang digunakan untuk mengevaluasi dan merekam sinyal dari aktivitas otot. EMG mendeteksi kelainan di dalam sel-sel otot dengan elektroda yang ditempel di atas jaringan otot.

Metode pemeriksaan jantung untuk mendeteksi dan merekam aktivitas kelistrikan jantung, di mana gambaran tertentu pada hasil rekam EKG dapat menunjukkan adanya kelainan pada jantung.

Prosedur medis untuk mengatasi penyumbatan di pembuluh arteri, memperlancar aliran darah ke jantung, serta menghindari terjadinya serangan jantung atau stroke.

Prosedur medis yang dilakukan untuk mengganti bagian pembuluh darah jantung yang rusak atau mengalami sumbatan, untuk memperbaiki aliran darah dan oksigen ke jantung

Proses pembedahan pada jantung yang bermasalah. Biasanya metode ini dilakukan jika metode pengobatan yang lainnya tidak berjalan dengan baik.

Pemasangan alat berbentuk tabung di pembuluh darah yang tersumbat agar pembuluh arteri tetap dalam keadaan terbuka. Kondisi ini biasanya dilakukan pada pasien penyakit jantung koroner

Operasi yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada katup jantung. Katup jantung yang bermasalah bisa diganti dengan katup jantung milik orang lain atau dengan katup jantung buatan

Pembedahan karena kelainan pada pembuluh darah yang menghubungkan arteria pulmonalis dengan aorta distal dari arteria subklavia (duktus arteriosus). Biasanya terjadi pada bayi dan balita.

Dilakukan untuk mengatasi kelainan jantung bawaan di mana terdapat lubang di antara atrium jantung. Penanganan ASD pada anak dapat dilakukan dengan prosedur kateter maupun bedah.

Dilakukan dengan menutup lubang pada septum di dalam jantung, pembedahan jantung, atau prosedur gabungan keduanya. Dokter juga bisa meresepkan obat diuretik, vasodilator, dan digoxin.

Suatu teknik untuk menghilangkan trombus dan melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit dengan memakai kateter balon dan seringkali dilakukan pemasangan stent.

Salah satu bagian dari pemeriksaan jantung yang umumnya terdiri dari latihan treadmill dan EKG. Pemeriksaan ini dilakukan agar dokter bisa mengetahui respons yang ditunjukkan pasien ketika jantung bekerja keras

Pengobatan yang umum dilakukan untuk mengatasi kanker. Prosedur ini dilakukan dengan pemberian obat-obatan khusus, baik obat oles, oral, maupun suntik, untuk menghancurkan sel-sel kanker yang membahayakan bagi tubuh.

Salah satu jenis pemeriksaan dengan menggunakan bronkoskop (selang elastis dengan kamera dan lampu di ujungnya) yang dimasukkan ke dalam tenggorokan atau hidung untuk melihat kondisi saluran pernapasan. Dalam pemeriksaan ini, dapat juga dilakukan pengambilan sampel jaringan (biopsi).

Upaya pencegahan, diagnosis, dan perawatan gangguan pada sistem saraf keseluruhan, meliputi otak, tulang belakang, dan saraf tulang belakang.

Metode yang dilakukan untuk memonitor dan mengetahui struktur saraf pada bagian tubuh tertentu saat operasi sedang dilakukan. Metode ini bertujuan mengurangi risiko kerusakan sistem saraf.

Operasi untuk mengeluarkan lamina, yang merupakan bagian dari tulang belakang manusia. Metode ini juga dapat dilakukan untuk menghapus taji tulang pada tulang belakang.

Bedah pengangkatan herniasi atau degeneratif diskus yang menekan tulang belakang dan saraf di sekitarnya. Operasi ini dilakukan dengan minimal invasif untuk menimimalisir komplikasi yang terjadi.

Dilakukan dengan menggunakan sinar radiasi dosis tinggi yang difokuskan pada lokasi tempat tumbuhnya tumor (terutama otak) biasanya dipakai dalam pengobatan tumor otak kecil dan tumor pada saraf tulang belakang.

Salah satu cabang dari kandungan dan kebidanan (obstetri dan ginekologi) yang menangani masalah penyakit ibu hamil, perkembangan dan diagnosis gangguan janin di dalam kandungan, serta kasus kehamilan dengan risiko tinggi.

Prosedur pemeriksaan serviks, vagina, dan vulva untuk mengetahui kemunculan penyakit tertentu. Untuk melakukan pemeriksaan ini, dokter akan menggunakan alat bernama kolposkop

Alternatif metode pembedahan untuk melakukan operasi pada daerah panggul. Metode ini dilakukan dengan bantuan alat medis bernama laparoskop untuk melihat bagian dalam panggul pasien, tanpa harus membuka dinding perut

Tes untuk melihat keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi

Pemeriksaan kehamilan dengan bantuan gelombang suara untuk melihat kondisi bayi di dalam rahim

Pemindaian seperti rontgen yang dilakukan untuk melihat kepadatan tulang. Metode ini biasa digunakan untuk mendeteksi kemungkinan penyakit osteopenia atau osteoporosis.

Metode pemindaian dengan bantuan komputer dan sinar-X, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran utuh dari tulang maupun jaringan lunak di dalam tubuh dan membantu dokter dalam mendiagnosis sebuah penyakit.

Pemindaian menggunakan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar organ dalam tubuh. MRI dapat memberikan gambaran struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain.

Pemindaian dengan bantuan gelombang suara untuk melihat kondisi organ-organ di dalam perut, termasuk hati, ginjal, pankreas, dan lainnya. Pembuluh darah yang berhubungan dengan organ-organ itu juga bisa diperiksa.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu seseorang dalam menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, mulai dari porsinya sampai kandungan gizi di dalamnya

Perangkat medis canggih yang digunakan untuk membersihkan kotoran dan karang di gigi. Dokter akan membersihkan gigi dengan campuran air, udara, dan partikel serbuk halus

Operasi khusus yang dilakukan untuk mengobati penyakit, cedera, atau kelainan yang terjadi di bagian mulut. Operasi ini biasanya meliputi kegiatan membuang jaringan keras dan lunak yang bermasalah di sekitar mulut.

Pemasangan perangkat medis berupa kawat untuk merapikan bentuk dan susunan gigi. Selain karena alasan medis, seseorang memasang kawat gigi untuk mendukung penampilan.

Metode yang digunakan untuk membuat kebersihan dan kesehatan gigi tetap terjaga. Hal ini bisa membantu agar gusi, akar, dan rahang terhindar dari gangguan.

Peralatan medis yang didesain untuk operasi pada bagian mulut dan gigi. Alat ini menggunakan getaran ultrasonik untuk memotong jaringan-jaringan keras di dalam mulut tanpa merusak jaringan yang kecil.

Dari Rp 42.800.000

Prosedur operasi pada bagian sendi untuk memeriksa atau mengobati kerusakan dengan menggunakan arthroscope. Alat ini dimasukkan ke dalam sendi-sendi yang bermasalah

* Harga adalah biaya tindakan dan belum termasuk biaya konsultasi dokter, obat-obatan, laboratorium, rawat inap dan lain-lain.

Pengobatan dengan menggunakan suhu panas dan energi elektromagnetik yang dihasilkan oleh arus bolak-balik berfrekuensi 2450 MHz dengan panjang gelombang 12,25 cm.

Teknik fisioterapi yang menggunakan suhu panas untuk mencapai target organ dalam, seperti otot dengan kedalaman tertentu atau jaringan yang dilingkupi oleh jaringan lunak yang padat seperti pada daerah panggul.

Metode pengobatan non infasif yang menggunakan tekanan gelombang untuk menangani sejumlah penyakit musculoskeletal atau kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, dan saraf.

Salah satu upaya untuk mengobati nyeri atau kekauan sendi lutut akibat osteoarthritis dan beberapa penyakit lainnya. Sendi yang rusak digantikan oleh sendi palsu yang terbuat dari plastik atau metal.

Prosedur medis untuk mengangkat sendi pinggul yang bermasalah dan menggantinya dengan sendi buatan. Sendi buatan ini bisa membantu mengembalikan fungsi pinggul yang terganggu.

Prosedur medis untuk mengatasi masalah yang terjadi di bagian tulang belakang. Prosedur ini merupakan salah satu jenis terapi tulang belakang, yang umumnya dilakukan untuk menstabilkan tulang belakang.

Alat fisioterapi yang digunakan untuk melatih otot quadricep dan hamstring pasien yang mengalami kelemahan. Banyak fungsi yang bisa digunakan dengan alat ini, tergantung kreativitas terapis.

Radiasi elektromagnetik yang dapat digunakan pada berbagai macam kondisi penyakit. Radiasi ini berfungsi meningkatkan metabolisme, mencegah kerusakan sel, serta meringankan peradangan.

Salah satu alat fisioterapi yang digunakan untuk melatih otot-otot bahu dan memperlancar gerak sendi bahu. Alat ini digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami gangguan pada sendi bahu.

Terapi dengan berbagai macam jenis frekuensi aliran listrik, yang dialirkan melalui kulit dengan elektroda sebagai penghantar. Terapi ini sering digunakan untuk merehabilitasi muskuloskeletal.

Peralatan medis yang menggunakan energi listrik sebagai perangsang sistem saraf melalui permukaan kulit yang telah terbukti efektif untuk menghilangkan nyeri.

Metode pengobatan yang menggunakan teknologi ultrasound atau gelombang suara untuk merangsang jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. terapi ini sering digunakan dalam pengobatan musculoskeletal.

Tes diagnostik dasar yang bertujuan untuk mengetahui penyebab dari tekanan darah rendah postural, atau yang lebih dikenal sebagai pingsan, terutama dalam kasus di mana pasien diduga tidak memiliki penyakit jantung.

Plaster lebar yang ditempelkan pada kulit dan dilapisi perban yang elastis untuk meredakan kejang atau gangguan lain pada otot. Traksi terdiri dari beberapa jenis, misalnya traksi ekstensi, traksi Dunlop, traksi gallow, dan traksi Hamilton russel.

Perangkat medis yang digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang berhubungan dengan mata, atau mengukur lengkungan permukaan kornea. Alat ini juga berguna untuk mengukur ukuran bola mata.

Prosedur medis dengan menggunakan laser untuk menghancurkan sel-sel pembawa penyakit dengan cara dipanaskan. Umumnya untuk mengobati beberapa penyakit yang menyerang kulit dan mata

Prosedur operasi untuk mengangkat organ atau jaringan di sistem saluran kemih yang bermasalah. Umumnya, masalah-masalah dalam saluran kemih itu disebabkan oleh tumor atau kanker.

Pengobatan dengan menggunakan gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal. Batu ginjal yang sudah hancur kemudian dapat masuk ke saluran kemih dan dikeluarkan dari dalam tubuh

Pemeriksaan sistem kemih dengan menggunakan sinar-x, cairan kontras, dan kateter. Metode ini dilakukan untuk mendiagnosisi suatu kondisi yang menyebabkan saluran kemih terhambat

Teknik pemeriksaan untuk menentukan kondisi uretra dan kandung kemih. Tindakan ini dilakukan dengan sistoskop, yaitu tabung lentur atau kaku dengan kamera dan sumber cahaya, yang dimasukkan ke dalam kandung kemih.

Prosedur untuk mengobati gangguan saluran kemih karena pembesaran prostat. Dilakukan dengan memasukkan cystoscope melalui penis untuk memperlancar urine.

Pemindaian untuk melihat ukuran, bentuk, posisi ginjal, dan sistem saluran kemih. Pemindaian ini juga bertujuan untuk mengetahui aliran darah ke ginjal

Dilakukan dengan pemberian beberapa jenis obat, di antaranya aspirin (untuk mengatasi peradangan), immunoglobulin (menurunkan demam), atau kortikosteroid (meredakan gejala pembengkakan).

Perangkat elektronik modern yang digunakan di dunia kesehatan untuk melakukan perawatan kulit, wajah, dan gigi. Perangkat medis ini hanya bisa ditemukan di rumah sakit tertentu.

Teknologi medis yang sering digunakan oleh para praktisi kecantikan untuk mempercantik penampilan seseorang atau untuk mengatasi berbagai macam jenis gangguan kulit seperti jerawat atau gangguan pada mata.

Prosedur medis dengan menggunakan cairan kristal yang disemprotkan ke kulit agar kulit terkelupas. Prosedur ini sering digunakan untuk mengangkan kulit mati dan menyamarkan penuaan

Metode medis untuk mengobati luka bakar dengan memberikan obat-obatan tertentu, atau antibiotik serta menutupi luka dengan perban untuk menghindari infeksi

Metode medis untuk mengobati luka bakar dengan memberikan obat-obatan tertentu, atau antibiotik serta menutupi luka dengan perban untuk menghindari infeksi

Satu jenis perawatan untuk memperbaiki penampilan kulit agar tampak lebih muda. Metode ini terbukti cukup ampuh dalam menghilangkan keriput, meratakan permukaan kulit, atau mengencangkan kulit.