Estimasi Biaya Mammografi

Mammografi

Berapa Biaya Mammografi?

Biaya mammografi bervariasi tergantung dari rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, harga tindakan dimulai dari Rp. 350.000 hingga lebih dari Rp. 900.000. Dianjurkan untuk menyiapkan dana lebih 20-30% dari perkiraan biaya untuk biaya lain yang tak terduga.

Apa Itu Mammografi?

Mammografi adalah prosedur pemindaian untuk mengambil gambar jaringan payudara menggunakan teknologi foto rontgen.

Apa Kegunaan Mammografi?

Mammografi berguna untuk mendeteksi kelainan pada payudara, seperti kanker, tumor, kista, dan penumpukan kalsium, yang dapat menimbulkan keluhan pada payudara, seperti nyeri, benjolan, perubahan warna kulit, puting menebal, atau keluarnya cairan dari puting. Mammografi juga dilakukan secara rutin bagi wanita usia 40 tahun ke atas untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.         

Apakah Mammografi Aman jika Saya sedang Hamil atau Menyusui?

Mammografi menggunakan pancaran radiasi ringan, namun tetap berpotensi memengaruhi pertumbuhan janin dan kesehatan bayi. Konsultasikan lebih dahulu kepada dokter mengenai manfaat dan risiko mammografi jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan sebelum Melakukan Mammografi?

Jika Anda wanita berusia 40 tahun ke bawah, masih tebalnya kelenjar payudara dan jaringan di sekitarnya dapat mempengaruhi hasil mammografi. Selain itu, hindari pemeriksaan mammografi saat menstruasi hingga seminggu setelah menstruasi selesai. Beritahu dokter jika Anda menggunakan implan payudara atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mungkin mengganggu jalannya pemeriksaan.    

Apa Saja yang Perlu Saya Persiapkan sebelum Menjalani Mammografi?

Anda tidak perlu berpuasa sebelum tes, namun hindari konsumsi kafein 2 minggu sebelum pemeriksaan. Pada saat pemeriksaan, Anda sebaiknya menghindari penggunaan produk kosmetik, seperti deodoran, losion, krim, bedak, atau parfum di sekitar payudara, serta perhiasan atau benda logam dari pinggang ke atas. Anda akan diberikan pakaian khusus oleh pihak rumah sakit.

Bagaimana Proses Mammografi?

Pada saat mammografi, Anda akan diminta untuk duduk atau berdiri, kemudian payudara akan ditempatkan ke dalam alat Rontgen dengan kompresor untuk menekan dan mendatarkan jaringan payudara. Anda akan diminta untuk menahan napas saat payudara ditekan dan mungkin akan terasa tidak nyaman atau nyeri selama beberapa saat. Prosedur akan diulang jika ditemukan kelainan atau gambar yang tidak jelas. Keseluruhan pemeriksaan mammografi memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Apa yang Dapat Saya Lakukan dan Tidak Dapat Saya Lakukan setelah Mammografi?

Dokter akan memperbolehkan Anda pulang dan beraktivitas seperti biasa setelah mammografi. Jika Anda diberikan obat penenang selama pemeriksaan, minta keluarga atau kerabat untuk mengantar Anda pulang. Hindari berkendara, mengoperasikan alat berat, atau mengonsumsi alkohol selama 24 jam setelah pemeriksaan.  

Kapan Hasil Mammografi Dapat Diterima?

Hasil mammografi akan diberikan kepada dokter yang merujuk beberapa hari setelah pemeriksaan. Tindakan selanjutnya akan diberi tahu sesuai dengan hasil mammografi.

Apa Saja Komplikasi akibat Mammografi?

Mammografi jarang menimbulkan komplikasi, selain rasa nyeri dan tidak nyaman saat penekanan. Namun bagi Anda yang menggunakan implan payudara, tindakan mammografi berpotensi merusak implan tersebut.