Estimasi Biaya Radioterapi

Radioterapi

Berapa Biaya Radioterapi?

Total keseluruhan biaya untuk radioterapi bervariasi pada tiap orang. Beberapa faktor yang mengakibatkan perbedaan biaya tersebut adalah jenis dan stadium kanker yang dialami, teknik radioterapi yang dilakukan, serta banyaknya sesi radioterapi yang diperlukan. Timbulnya efek samping dan penanganannya, seperti kebutuhan akan rawat inap, dapat menjadi biaya tak terduga yang perlu dipersiapkan. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang lengkap mengenai perkiraan biaya, sebelum Anda menjalani radioterapi.

Apa Itu Radioterapi?

Pengobatan kanker dengan menggunakan mesin yang memancarkan sinar berenergi tinggi, seperti sinar X atau proton, untuk membunuh sel kanker.

Apa Kegunaan Radioterapi?

Untuk mengobati kanker, memperkecil daerah operasi dengan mengecilkan tumor, menghentikan pertumbuhan sisa sel kanker yang tidak diangkat saat operasi, atau sebagai kombinasi dengan pengobatan lain (misalnya kemoterapi) untuk menghancurkan sel kanker. Radioterapi juga dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan yang timbul akibat kanker stadium lanjut.

Apa Saja Efek Samping yang Mungkin Terjadi Akibat Radioterapi?

Efek samping yang dapat timbul akibat radioterapi tergantung dari seberapa besar dosis yang diberikan dan bagian tubuh yang menerima radioterapi, antara lain adalah lemas, kerontokan rambut, iritasi kulit, mulut kering, sariawan, mual, sulit menelan, nyeri tenggorokan, kerusakan gigi, kelainan rasa pada indra pengecap, lemas, batuk, napas lebih pendek, muntah, diare, iritasi kandung kemih, disfungsi seksual, serta penurunan jumlah sel darah.

Hal Apa Saja yang Membuat Saya Tidak Boleh Melakukan Radioterapi?

Pastikan Anda tidak sedang hamil karena radioterapi dapat mencederai janin. Gunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan sampai beberapa bulan setelah radioterapi. Penggunaan alat kontrasepsi juga dianjurkan bagi pria yang sedang menjalani radioterapi.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum Radioterapi?

Anda akan menjalani konsultasi perencanaan dan simulasi dengan dokter sebelum dilakukan radioterapi. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan kondisi kesehatan Anda. Bila ada obat-obatan yang rutin dikonsumsi, jangan lupa tanyakan kepada dokter Anda, apakah akan mempengaruhi radioterapi. Simulasi dilakukan untuk menentukan posisi tubuh yang tepat saat terapi. Dalam simulasi juga akan dilakukan pemeriksaan CT scan untuk menentukan bagian tubuh yang akan menerima radiasi dan akan ditandai dari luar. Anda tidak perlu puasa selama radioterapi, sebaliknya, Anda diharuskan untuk makan makanan tinggi kalori dan tinggi protein untuk mencegah turunnya berat badan.

Bagaimana Proses Radioterapi?

Anda akan diminta berbaring dengan posisi seperti saat simulasi. Alat radioterapi akan bergerak untuk memancarkan sinar radiasi ke lokasi sasaran yang sudah ditandai sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan untuk setiap sesi radiasi adalah sekitar 10 hingga 30 menit dan seharusnya Anda tidak akan merasakan nyeri selama sesi tersebut. Anda dapat berkomunikasi dengan dokter dan timnya melalui interkom bila dibutuhkan. Tim terapis juga dapat meminta Anda untuk menarik napas panjang atau menahan napas selama terapi.

Berapa Kali Radioterapi Harus Dilakukan dan Berapa Lama Jaraknya?

Satu sesi radioterapi berlangsung sekitar 15 menit, dan hanya dilakukan satu kali dalam satu hari. Untuk banyaknya sesi dan jarak antar satu sesi ke sesi berikutnya, dokter yang akan menentukan. Namun, biasanya radioterapi dilakukan 5 sesi berturut-turut, Senin sampai dengan Jumat, serta istirahat pada hari Sabtu dan Minggu. Radioterapi dapat dilakukan selama 1-10 minggu.

Apakah Diperlukan Rawat Inap?

Perlu tidaknya rawat inap tergantung dari efek samping yang Anda alami dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, namun biasanya radioterapi dapat dilakukan tanpa rawat inap. Jangan lupa untuk mengajak pendamping setiap Anda melakukan sesi radioterapi.

Apa yang Harus Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan setelah Radioterapi?

Anda akan diminta melakukan beberapa pemeriksaan untuk memantau kondisi kesehatan dan efek samping yang mungkin terjadi, serta mengetahui respons tubuh terhadap pengobatan. Untuk perawatan terhadap kulit yang terkena radiasi, jangan mengenakan pakaian yang ketat, jangan digosok atau digaruk, dan jangan dikompres dingin maupun hangat.

Berapa Lama Baru Bisa Beraktivitas/Bekerja Lagi?

Radioterapi dapat mengakibatkan Anda merasa lemas dan lelah sampai dengan 3-4 minggu setelah terapi selesai. Namun rasa lemas ini bervariasi, dapat berlanjut hingga 3 bulan atau malah tidak timbul sama sekali. Dokter akan tetap menyarankan Anda untuk membatasi aktivitas atau pekerjaan selama proses radioterapi, sesuai kondisi fisik Anda.  

Apakah Itu Radioterapi Internal?

Radioterapi internal, disebut juga brachytherapy, adalah prosedur radiasi dengan memasang bahan radioaktif di dekat lokasi tumor atau menyuntikkan cairan radioaktif dalam tubuh, agar dapat digunakan dosis yang lebih besar dengan jangkauan area radiasi yang lebih spesifik.