Estimasi Biaya USG Mammae

USG Mammae

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk USG Mamae?

USG mammae memiliki biaya yang bervariasi, dimulai dari Rp. 250.000 hingga lebih dari Rp. 750.000 tergantung dari rumah sakit.

Apa Itu USG Mammae?

Prosedur pencitraan dengan menggunakan teknologi gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memproduksi gambar payudara bagian dalam dengan menggunakan alat sensor (probe) dan ditampilkan melalui monitor.

Apa Kegunaan USG Mammae?

Untuk mendeteksi ukuran, lokasi, dan jenis benjolan pada payudara, serta sebagai alat pemandu saat melakukan pengambilan sampel benjolan pada jaringan payudara (biopsi).       

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan USG Mammae?

Memiliki riwayat alergi terhadap gel yang akan dioleskan sebelum pemeriksaan.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum USG Mammae?

Hindari pemakaian kosmetik, seperti bedak atau losion pada payudara sebelum USG mammae, karena dapat mempengaruhi hasil akhir.

Dokter juga akan meminta Anda melepaskan pakaian termasuk pakaian dalam serta akan memberikan pakaian khusus sebelum memasuki ruangan pemeriksaan.         

Bagaimana Proses USG Mammae?

Anda akan direbahkan di atas tempat tidur dan payudara Anda akan diolesi gel pelumas lateks dingin untuk melancarkan pergerakan probe. Dokter akan menggerakan probe di atas kulit yang sudah dilumasi gel, dan melihat kondisi organ atau benjolan melalui monitor secara langsung. Dalam titik tertentu, Anda mungkin akan merasa nyeri, khususnya jika probe ditekan pada bagian yang bermasalah. Setelah rekaman selesai, gel akan dibersihkan sebelum Anda keluar ruangan.

Kapan Anda Bisa Menerima Hasil USG Mammae?

Hasil USG dapat diterima secara langsung. Jika diperlukan analisis lebih lanjut, hasil akan diberikan ke dokter yang merujuk dalam hitungan hari.

Apa Saja Efek Samping dan Komplikasi akibat USG Mammae?

USG mamae merupakan prosedur yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Efek samping yang mungkin muncul adalah reaksi alergi terhadap gel yang digunakan, namun jarang terjadi.