Estimasi Biaya Small Incision Lenticule Extraction (SMILE)

Small Incision Lenticule Extraction (SMILE)

Berapa Kisaran Biaya SMILE?

Biaya operasi SMILE tergantung pada rumah sakit yang Anda pilih dan fasilitas yang akan didapatkan. Di salah rumah sakit khusus mata di Indonesia, prosedur SMILE dilakukan seharga Rp 17.000.000 untuk 1 mata atau Rp. 32.000.000 untuk 2 mata.

Apa Itu SMILE?

Small Incision Lenticule Extraction (SMILE) adalah metode operasi mata yang dilakukan dengan menggunakan laser. SMILE dilakukan untuk memperbaiki kondisi mata pada penderita rabun jauh dan mengurangi penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Apakah Saya Kandidat yang Tepat untuk SMILE?

Anda dapat menjalani prosedur SMILE jika telah berusia 22 tahun ke atas, dan mengalami rabun jauh antara -1 hingga -8 dengan kondisi silinder seminimal mungkin yang tidak berubah selama 1 tahun terakhir.

Apa Bedanya dengan Operasi LASIK?

SMILE membutuhkan sayatan yang lebih kecil dari operasi LASIK, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat untuk menghindari lepasnya sayatan kornea dari bola mata.

Kondisi Apa Saja yang Perlu Diwaspadai sebelum Menjalani Prosedur SMILE?

Jika Anda berusia kurang dari 18 tahun, sedang hamil atau menyusui, memiliki riwayat penyakit mata atau pernah menjalani operasi mata, kornea mata Anda tidak cukup tebal, serta jika Anda menderita glaukoma, katarak, atau diabetes yang tidak terkontrol.

Apa yang Harus Saya Lakukan sebelum Operasi SMILE?

Anda akan menjalani pemeriksaan fungsi penglihatan, ukuran pupil, pengukuran ketebalan kornea, serta pemeriksaan mata secara keseluruhan. Anda juga akan melakukan konsultasi dengan dokter mengenai manfaat dan risiko yang timbul pasca operasi.

Bagaimana Rangkaian Prosedur SMILE yang Akan Saya Jalani?

  • Laser diprogram pada ukuran yang tepat, sesuai dengan ukuran kornea Anda.
  • Bius akan diteteskan agar mata Anda mati rasa.
  • Setelah bius bekerja, dokter akan memasang alat penyangga untuk mencegah Anda berkedip.
  • Cincin pengisap dipasang di mata untuk mengangkat kornea dan mencegah mata Anda bergerak.
  • Laser, yang telah diprogram sesuai dengan ukuran ketebalan kornea, akan membuat bentuk piringan (lenticule) di bawah permukaan kornea, kemudian sayatan kecil akan dibuat pada kornea.
  • Dokter akan mengangkat lenticule melalui sayatan yang telah dibuat. Tahap ini sekaligus membentuk ulang permukaan kornea mata Anda.

Prosedur dengan penggunaan laser hanya akan berlangsung selama 30 detik.

Apa yang Harus Saya Lakukan setelah SMILE?

Dokter akan menyarankan Anda mengajak seseorang untuk mengantarkan Anda pulang setelah operasi, karena kondisi mata yang baru saja dioperasi tidak memungkinkan untuk langsung mengendarai kendaraan. Beristirahatlah hingga satu hari pasca operasi. Jangan lupa untuk rutin menggunakan obat tetes mata yang diresepkan dokter untuk membantu proses pemulihan. Pandangan Anda akan kabur setelah operasi, namun akan berangsur membaik. Anda bisa kembali beraktivitas 1-2 hari setelah operasi, namun usahakan agar mata tidak terkena air selama beberapa hari.

Apa Saja Efek Samping SMILE yang Mungkin Saya Alami?

Walaupun jarang, ada beberapa efek samping SMILE yang harus Anda waspadai, antara lain infeksi, radang pada area bekas operasi, dan penglihatan silau ketika berada di tempat yang terlalu terang. Hasil operasi terhadap penglihatan Anda juga mungkin tidak sesuai harapan atau masih sedikit kabur setelah operasi. Meskipun demikian, kondisi tersebut bisa diatasi dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, atau menjalani bedah laser tambahan.