Estimasi Biaya Arthroskopi

Arthroskopi

Berapa Biaya Artroskopi?

Biaya untuk melakukan artroskopi bervariasi, tergantung dari tindakan yang dilakukan (sekadar pemeriksaan atau ada tindakan lain selama artroskopi), sendi yang dilakukan tindakan, serta rumah sakit mana yang menyelenggarakannya. Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini bisa dimulai dari Rp. 7.500.000 hingga lebih dari Rp. 43.000.000. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Artroskopi?

Prosedur bedah keyhole atau pembedahan dengan membuat lubang sayatan sebesar lubang kunci untuk memasukkan alat artroskop.

Apa Itu Artroskop?

Artroskop merupakan alat seperti selang yang dilengkapi dengan pegangan dan memiliki ujung runcing, serta senter dan lensa mikro untuk menerangi dan memperbesar objek yang dilihat. Gambar yang ditangkap oleh artroskop akan terhubung langsung ke layar monitor.

Apa Tujuan Artroskopi?

Untuk memeriksa, mendiagnosis, dan menangani sejumlah gangguan sendi, seperti sendi bahu, siku, panggul, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lutut.

Kondisi Apa Saja yang Dianjurkan untuk Dilakukan Artroskopi?

Dokter akan mempertimbangkan prosedur ini jika Anda mengalami nyeri sendi yang tidak kunjung hilang, pembengkakan, atau kekakuan sendi yang belum diketahui pasti penyebabnya yang bisa terjadi akibat peradangan sendi, serta cedera pada tulang rawan, ligamen, atau tendon. Selain itu, artroskopi dapat dilakukan untuk tujuan mengangkat potongan-potongan tulang atau tulang rawan yang lepas; mengeringkan cairan berlebih di dalam sendi; serta untuk memandu pelaksanaan biopsi.

Kondisi Apa yang Perlu Berhati-hati sebelum Melakukan Artroskopi?

Sedang hamil atau menyusui, berusia 50 tahun ke atas, atau menderita gangguan pembekuan darah, gagal jantung, emfisema, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan sebelum Artroskopi?

Dokter akan memeriksa kondisi fisik Anda secara menyeluruh dan menjalankan tes lain, seperti tes darah. Anda juga disarankan untuk berpuasa selama 8 jam sebelum prosedur berlangsung.

Bagaimana Proses Artroskopi?

Artroskopi dimulai dengan memberikan obat bius, baik total, setengah badan, atau lokal sesuai dengan kondisi Anda. Saat obat bius bekerja, dokter akan membuat sayatan kecil sebagai tempat masuk artroskop. Gambaran sendi yang ditangkap oleh alat artroskop akan langsung tampak di layar monitor. Selagi memantau sendi pasien yang bermasalah, dokter juga dapat melakukan tindakan seperti mengangkat atau memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak di daerah sendi.

Berapa Lama Proses Artroskopi Berlangsung?

Umumnya berlangsung selama 30-120 menit.

Apa yang Harus dan Tidak Boleh Saya Lakukan setelah Artroskopi?

Dokter akan menyarankan Anda untuk menghindari beberapa aktivitas berat dan sejumlah latihan untuk pemulihan kondisi. Anda dianjurkan untuk kontrol rutin setelah tindakan dan melakukan tindakan penanganan mandiri dengan metode R.I.C.E (rest, ice, compress, and elevate) yang berarti mengistirahatkan sendi yang habis dilakukan tindakan, mengompres daerah sendi dengan air dingin, membalut sendi dengan sedikit penekanan, serta usahakan sendi tersebut diposisikan lebih tinggi dari posisi tubuh untuk menghilangkan nyeri dan bengkak.

Apa Saja Efek Samping Artroskopi?

Risiko yang ditimbulkan artroskopi dapat berupa infeksi, kerusakan jaringan, dan penggumpalan darah.