Estimasi Biaya Debridement

Debridement

Berapa Biaya Debridement ?

Biaya debridement, tergantung pada kondisi pasien, area tubuh yang akan menjalani debridement dengan artroskopi, dan rumah sakit yang menyelenggarakannya. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Apa Itu Debridement?

Debridement dengan artroskopi adalah prosedur tindakan yang dilakukan untuk mengangkat jaringan sendi, tulang rawan, atau tulang tetap yang mengalami kerusakan atau terinfeksi.

Kondisi Apa Saja yang Menyebabkan Saya Harus Menjalani Debridement?

Tindakan debridement umumnya dilakukan jika Anda menderita osteoartritis. Namun, debridement juga dapat dilakukan jika Anda mengalami peradangan lapisan sendi, tulang rawan yang rusak atau robek, cedera pada ligamen dan bagian dalam persendian, serta fragmen tulang melebar.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Beritahukan kepada Dokter sebelum Debridement ?

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis obat anestesi, sedang mengalami demam atau infeksi di bagian tubuh tertentu, memiliki gangguan pembekuan darah atau penyakit jantung, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, telah berusia di atas 50 tahun, atau sedang dalam masa kehamilan atau menyusui.

Persiapan Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan sebelum Debridement ?

Anda akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik secara lengkap untuk memastikan tubuh Anda siap menjalani proses debridement. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Anda juga dianjurkan untuk berdiskusi dengan dokter fisioterapi sebelum menjalani debridement.

Hal Apa Saja yang Perlu Saya Lakukan sebelum Debridement?

Anda dianjurkan untuk berpuasa selama kurang lebih 8 jam, mengajak anggota keluarga atau rekan terdekat untuk menemani Anda selama di rumah sakit dan mengantarkan Anda pulang ke rumah, serta gunakan pakaian yang nyaman. Anda juga akan diminta untuk melepas seluruh benda atau perhiasan yang dipakai dan mengganti pakaian dengan baju khusus untuk operasi.

Bagaimana Prosedur Debridement ?

Anda akan dibaringkan di atas meja operasi dan dokter akan memberikan anestesi yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Kemudian, dokter akan membersihkan dan mensterilkan area kulit dengan cairan antiseptik. Selanjutnya, dokter akan membuat 1-3 sayatan dan memasukkan artroskop dan instrumen bedah lain melalui lubang sayatan tersebut. Kamera artroskop diarahkan menuju sendi, kemudian dokter akan menyuntikkan cairan steril untuk melebarkan area sendi, sehingga dokter dapat melihat area sendi dengan jelas. Selanjutnya, dokter akan melakukan proses debridement untuk mengangkat atau menghilangkan jaringan atau sisa tulang. Setelah debridement selesai dilakukan, dokter akan menutup luka sayatan dengan jahitan atau staples bedah, serta membebat area debridement.

Berapa Lama Prosedur Debridement dengan Artroskopi Berlangsung?

Sebagian besar prosedur debridement dengan artroskopi berlangsung selama 30-120 menit. Namun, lamanya prosedur akan tergantung pada kondisi Anda secara keseluruhan dan bagian tubuh yang menjalani debridement.

Apakah Saya Perlu Menjalani Rawat Inap setelah Debridement?

Anda tidak perlu menjalani rawat inap dan diperbolehkan pulang setelah dokter memastikan kondisi Anda stabil.

Apa yang Akan Saya Rasakan setelah Menjalani Debridement ?

Anda akan merasa sedikit nyeri dan tidak nyaman pada area sayatan dan sendi yang menjalani debridement dengan artroskopi, selama beberapa hari.

Kapan Saya dapat Menjalani Aktivitas Normal setelah Menjalani Debridement ?

Umumnya, sendi membutuhkan waktu beberapa minggu untuk pulih hingga Anda dapat menjalani aktivitas nomal. Anda mungkin dianjurkan untuk menjalani program rehabilitasi medik (fisioterapi) untuk mempercepat proses pemulihan.

Apa yang Perlu Saya Lakukan selama Menjalani Proses Pemulihan di Rumah?

Anda sebaiknya mengganti perban secara rutin serta menjaga perban tetap kering dan bersih, memberikan kompres es untuk mencegah pembengkakan, memberikan kompres hangat jika pembengkakan semakin mengecil, menghindari olahraga atau aktivitas berat, memposisikan bagian tubuh yang menjalani debridement lebih tinggi, dan menggerakkan jari kaki atau jari tangan secara rutin untuk membantu sirkulasi darah dan mencegah pembengkakan.

Apa Saja Risiko Debridement ?

Prosedur debridement merupakan prosedur yang aman untuk dilakukan. Namun sama seperti prosedur operasi lainnya, debridement dengan artroskopi juga memiliki beberapa risiko yang dapat Anda alami, meskipun jarang terjadi. Di antaranya adalah infeksi atau perdarahan di dalam persendian yang menjalani debridement, cedera pada saraf yang berdekatan dengan sendi, dan terbentuknya gumpalan darah pada salah satu organ atau deep vein thrombosis.